Ford F-150 Kini Disetrum Listrik, Tetap Tampil Gahar!

1
(WSJ.com)

RiderTua.com – Kalau mendengar nama Ford, yang terbayang pertama kali yaitu mobil pikap F-150. Model ini cukup terkenal di kampung halamannya selama bertahun-tahun karena desainnya yang ikonik. Baru-baru ini Ford menghadirkan varian listrik yang dikenal sebagai F-150 Lightning. Walau semakin ramah lingkungan, tapi penampilannya tetap gahar seperti model konvensionalnya.

Baca juga: Ford ‘Pinjam’ Platform Volkswagen, Siap Garap Mobil Baru?

Ford Menghadirkan Pikap F-150 Lightning

F-150 sudah lama dikenal sebagai salah satu mobil Ford yang cukup laris terjual di Negeri Paman Sam. Walaupun merek mobil ini juga menyediakan varian lainnya seperti F-250 dan F-650, tapi F-150 yang paling populer disana. Kepopuleran pikap tersebut membuat Ford menghadirkan versi listrik murni atau EV.

Jika biasanya F-150 menggendong mesin V8 yang agresif, pada varian Lightning suara tersebut ‘menghilang’. Desain fascia-nya dibuat lebih modern dengan LED DRL yang memanjang di bagian atas grille yang nampak baru. Meski dibuat lebih modern, F-150 Lightning tetap terlihat keren dengan desain terbarunya ini.

(Motor1)

Tahan Lama

Karena berjenis EV, otomatis F-150 tak lagi menggendong mesin V8 yang menjadi unggulannya. Mesin konvensional ini diganti dengan dua motor listrik dan sebuah baterai berukuran besar yang ditempatkan di bawah mobil. Terbagi menjadi dua varian, yaitu SR (standard range) dan ER (Extended Range), masing-masing mampu menghasilkan tenaga hingga 426 hp dan 563 hp.

Selain berbeda tenaga, daya tempuh masing-masing varian tersebut juga berbeda. Dimana tipe SR hanya mampu melaju sejauh 370 km, sedangkan tipe ER bisa tembus 480 km, itupun dalam keadaan baterai penuh. Mungkin kedengarannya seperti varian mobilnya Tesla, meski Ford dan Tesla sama-sama berasal dari Amerika Serikat.

Walau berupa varian listrik, F-150 Lightning masih kuat untuk towing kendaraan atau dijadikan ‘genset berjalan’. Bahkan sistem infotainment pada mobil bisa di-update lewat wifi seperti smartphone maupun mobil Tesla. Ford masih belum menjualnya untuk sekarang, tapi sepertinya mereka akan menjual F-150 Lightning dalam waktu dekat.

1 COMMENT

Leave a Reply