Penampakan RC213V 2022, Mesin Baru, Desain Mirip Yamaha M1..?

1

RiderTua.com – Sebagai tim dengan kemampuan finansial kuat membangun motor baru adalah langkah kedua setelah mampu membeli pembalap termahal di dunia (meskipun dua tahun ini tidak efektif karena cedera). Honda menggelontor suku cadang baru yang diuji pasukan HRC di Tes Jerez.. Asupan udara baru (air intake mirip Yamaha M1 jika dibandingkan versi sebelumnya yang melebar ke samping), ada sasis baru, knalpot baru, 5 varian berbeda aero body diuji coba dan kemungkinan besar mesin baru terlihat digeber pembalap HRC dengan meluncurkan RC213V 2022 yang terlihat banyak perubahan. Sekali lagi sangat disayangkan Marquez tidak bisa terlibat 100% dalam pengembangan prototipe baru ini, padahal trek Jerez sangat ideal untuk uji coba motor. Marc Marquez menyerah dan meninggalkan tes MotoGP di Jerez setelah hanya melahap 7 lap, kemudian tubuhnya tidak tahan.

Penampakan RC213V 2022, Mesin Baru, Desain Mirip Yamaha M1

Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig tidak berbohong ketika dia mengatakan suku cadang baru sedang dalam perjalanan pada hari Selasa, karena Honda memamerkan banyak suku cadang baru dan terlihat menarik di Tes Resmi di Jerez kemarin. Honda serba hitam yang digunakan Pol Espargaro pada tahap penutupan sesi Senin menarik perhatian para ahli karena sejumlah alasan, sebagian besar karena tampaknya prototipe RC213V yang banyak berubah sedang dipersiapkan untuk tahun depan MotoGP 2022.

Pertama-tama yang terlihat jelas bagian paket aerodinamis baru. Tak tanggung-tanggung ada lima paket berbeda terlihat di trek pada tes siang hari, karena pabrikan mencari beberapa perbaikan segera agar motor bisa melaju cepat ditangan semua pembalap Honda. Mereka saat di Jerez sedang menguji paket aero yang pertama kali diperkenalkan di Qatar Test awal tahun ini, dua variasi pada aero ‘kumis’, yaitu pertama kali diluncurkan di Tes Misano tahun lalu, dan juga, cukup luar biasa, Alex Marquez (LCR Honda Castrol) terlihat menjalankan paket aero yang digunakan Honda pada tahun 2018.

Honda RC213V terbaru juga terlihat di Jerez. Pertama terlihat dari desain asupan udara baru. Masuk akal jika Honda menguji spesifikasi mesin baru (2022) karena ketika tim mengembangkan mesin baru, mereka sering mengubah sedikit asupan atau mendesain ulang sepenuhnya, seperti yang kita lihat pada motor Honda. Perubahan tersebut hampir mencerminkan apa yang kita lihat dari asupan udara pada Yamaha M1 ketika mereka beralih dari mesin 2019 ke 2020 dengan model cenderung vertikal.

Sasis Honda baru

Berikutnya, adalah sasis yang sangat berbeda. Hal pertama yang membuat sasis ini baru adalah berkurangnya part karbon pada sasis utama. Sasis Honda saat ini memiliki ikatan karbon pada frame utama di satu lokasi atau lainnya. Sasis 2021 memiliki ikatan karbon ke balok utama di sekitar area lutut pembalap, di mana sasis 2020 memiliki ikatan karbon di atasnya, di sekitar area headstock. Jika melihat di bagian atas frame utama, tepat di bawah logo Honda di penutup tangki, kita akan melihat ada dua sambungan las. Pengelasan yang mengarah ke kiri secara diagonal adalah hal baru, sesuatu yang belum pernah kita lihat dari HRC sebelumnya.

Kelebihan lain dari RC213V baru ini adalah lokasi baut dudukan engine, yang berada di atas dan di bawah poros swingarm. Yang di atas poros swingarm berada di tengah penampang frame tetapi yang di bawah, tepat di bagian bawah frame, sedikit menonjol ke depan dan sangat dekat dengan rumah kopling. Lokasi baut dudukan emesin juga berbeda dibandingkan dengan sasis 2021 dan sasis 2020. Semua ini menandakan bahwa Honda sedang menguji mesin baru di Jerez, sama seperti Suzuki. Dengan motor baru ini memiliki titik dudukan mesin baru, tidak diragukan lagi hal itu akan mengubah keseimbangan motor, jadi bisakah itu menyelesaikan semua masalah mereka? Nah, hanya Honda yang akan memiliki jawaban untuk itu saat mereka mulai mengumpulkan data dan membuat keputusan apakah itu jalan ke depan untuk motor baru.

Knalpot dan Aerodinamika Baru

Terakhir, motor serba hitam yang dipamerkan di Jerez memiliki ujung knalpot yang lebih besar daripada yang kita lihat pada versi RC213V saat ini. Ini sangat menarik karena Honda beralih dari ujung knalpot besar ini ke yang berdiameter kecil di pertengahan musim 2020, jadi mereka kembali ke knalpot berdiameter lebih besar ini menunjukkan mereka kembali ke apa yang mereka miliki sebelumnya.

Dalam hal peningkatan aero, Honda diperbolehkan melakukan satu upgrade selama tahun ini karena mereka saat ini menjalankan apa yang mereka miliki pada tahun 2020. Aturannya menyatakan bahwa perubahan ini adalah untuk pembalap daripada tim, jadi secara teori keempat pembalap Honda menggunakan paket aero yang berbeda di beberapa tahap sepanjang tahun. Ada paket aero baru lainnya pada RC213V terbaru. Semua tim bisa memakai mesin baru mereka mulai GP Qatar 2022 paling cepat. Kita lihat saja mesin siapa yang paling kuat… Atau balik ke 800cc seperti yang diusulkan Alex Rins? hehe…

1 COMMENT

Leave a Reply