Mercedes-Benz EQS, Sedan EV yang ‘Tahan Lama’!

0
(Money Inc)

RiderTua.com – Mungkin sudah banyak yang tahu soal Mercedes-Benz EQS. Mobil sedan bertenaga listrik ini cukup dikenal dengan desainnya yang futuristik, walau masih mempertahankan bahasa desain ala Mercy. Mercedes-Benz EQS akan dibekali dengan sejumlah fitur canggih, seperti MBUX Hyperscreen. Bahkan daya tempuh mobil ini disebut sudah melebihi ekspetasi dari produsen asal Jerman tersebut.

Baca juga: Kia Siapkan MPV Baru, Dirilis Tahun Ini?

Mercedes-Benz EQS Dibekali Dengan Fitur Canggih

EQS menjadi satu dari dua model EQ series yang dikembangkan oleh Mercedes-Benz setelah EQC. Sama-sama berjenis sedan, hanya saja EQS memiliki desain yang lebih futuristik dari mobil Mercy kebanyakan yang masih memakai grille biasa. Apalagi lampu LED berwarna biru sebagai pengganti dari grille juga menambah kesan modern pada EQS.

Selain memiliki fitur MBUX Hyperscreen yang canggih, EQS juga dilengkapi dengan sistem EV yang sangat muktahir. Setelah melalui WTLP test cycle di Eropa, mobil ini mampu melaju sejauh 769 km, lebih jauh dari perkiraan yang mencapai 700 km! Tentu hasil tersebut cukup mengejutkan, apalagi bagi Mercy, karena mereka tak menyangka hasilnya bisa lebih baik dari yang diduga.

(Mercedes-Benz Indonesia)

Mobil Masa Depan

Pengisian daya EQS juga lumayan cepat, dengan pengisian selama 15 menit saja mobil sudah bisa melaju sejauh 299 km. Itupun jika ditunjang high speed charger yang sayangnya akan dijual terpisah dari unit mobilnya. Tentu daya tempuh EQS lebih jauh ketimbang Tesla Model S Long Range+ yang mencapai 652 km.

Daya tempuh EQS yang bisa sejauh itu tak hanya mengandalkan drivetrain dan kapasitas baterai yang unggul, tetapi juga coefficient drag (Cd) sebesar 0,20. Soal drivetrain-nya, Mercy akan menyematkan dua motor listrik dengan penggerak AWD (all wheel drive). Sehingga semua tenaganya akan tersalurkan ke semua rodanya, tapi tetap menawarkan performa optimal untuk ukuran model sedan.

EQS dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 15 April mendatang dan mulai dijual bulan Agustus nanti. Sepertinya Mercedes-Benz saat ini tengah sibuk mempersiapkan peluncuran mobil listriknya tersebut. Apalagi mereka diketahui menyiapkan model EQ series lainnya.

Leave a Reply