Categories: MotoGP

Insiden Pasca Bentrokan T-10 Qatar Versi Joan Mir: Disengaja..!

RideTua.com – Menanggapi insiden bentrokan antara Jack Miller dan Joan Mir,  pembalap Suzuki itu berujar: Jack Miller ‘super berbahaya’, dan ‘disengaja’. Pembalap Spanyol itu merasa Jack Miller sengaja melakukan kontak selama bentrokan menakutkan yang mereka alami di MotoGP Doha hari Minggu…  “Dia menggerakkan kepalanya seperti dia melihat saya, kemudian begitu saja melintang dan kami hampir jatuh di trek lurus. Itu sangat berbahaya,” kata Mir.. Pembalap berusia 23 tahun itu terlibat duel sengit di GP Qatar, termasuk menyentuh Jack Miller 10 lap sebelum akhir Tikungan 10. Parahnya, di tikungan keluar di tikungan terakhir keduanya bersenggolan lagi. Akibatnya juara bertahan itu terdorong ke tepi trek. Menurutnya Miller pantas mendapat penalti.

Pembalap Suzuki itu meminta maaf saat dia melewatinya, tapi saat dia keluar dari tikungan terakhir di garis yang lebih lebar, Miller geber motornya dengan kecepatan superiornya di trek lurus.

Pembalap Australia itu melirik ke seberang saat dia terlihat ke luar trek, sebelum menyentuh bahu Mir saat mereka saling melibas ujung kerbing. Meski keduanya tetap bisa mengontrol sebelum akhirnya menggerakkan tangan dengan marah satu sama lain di trek lurus. Akhirnya mereka rugi dengan menjadi lambat,dengan finis di tempat ketujuh (Mir) dan kesembilan (Miller).

Saat pembalap asal Spanyol itu ditanya mengenai komentarnya tentang insiden dengan Miller, dia menjawab, “Tikungan 10 adalah satu-satunya tempat di mana saya bisa menyalip. Saya mendapatkan diri saya di posisi yang tepat dan kemudian dia memutuskan untuk tetap di pinggir lintasan. Kami bersentuhan sedikit dan saya langsung meluruskan motornya. Saya mengerti itu adalah manuver yang berisiko, tetapi itu tidak melebihi batas, masih baik-baik saja.”

Joan Mir lalu menambahkan, “Lalu aku menjulurkan kakiku untuk menunjukkan kata ‘Maaf’. Karena ketika hal seperti ini terjadi di balapan, saya biasanya minta maaf karena tidak bisa mencegahnya. Di lap yang sama, saya berada jauh di tikungan terakhir. Ketika saya kembali ke trek, saya melihat Jack menggerakkan kepalanya ke arah saya, jadi dia melihat saya. Saya pergi ke tepi trek, di luar garis sebanyak yang saya bisa. Tapi dia mendatangi saya dan kami bersentuhan lagi. Kami hampir jatuh di trek lurus. Saya pikir manuver itu sangat berisiko dan sangat berbahaya.”

Disengaja….

Tetapi apakah juara dunia dua kali itu juga percaya, bahwa Miller sengaja menyentuhnya untuk membalas insiden pertama? Tanpa ragu Mir mengatakan, “Ya, saya pikir itu sengaja.”

Race Direction mengumumkan selama balapan bahwa tidak ada tindakan lebih lanjut yang akan diambil, tetapi Mir merasa itu bukan insiden balapan biasa.

“Menurut saya memang disengaja… Tim saya akan menilai jika mereka harus mengajukan banding. Yang pasti itu harus diselidiki. Manuver ini sudah melebihi batas. Jika memang disengaja seperti yang saya katakan, dia pantas mendapat penalti. Jika tidak, tidak. Tapi saya pikir dia menggerakkan kepala untuk melihat saya.

“Saya pikir Jack tidak menunjukkan rasa hormat dalam kasus ini. Itu adalah manuver yang sama tetapi dengan pembalap yang berbeda. Anda dapat menilai. Untuk tim saya, manuver Jack bukanlah yang terbaik. Mereka akan memutuskan. Suzuki setelah meninjau video insiden tersebut, mereka telah memutuskan untuk tidak mengajukan banding.

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller : Nyaman Hingga Lap 7 Setelah Itu Tiba-tiba Muncul Masalah Tak Terduga

RiderTua.com - Setelah start yang kuat, Jack Miller kembali dari lap pertama di posisi ke-3 di COTA. Kemudian untuk sementara,…

17 April 2024

Marco Bezzecchi : Finis ke-8 Bukan Hasil yang Luar Biasa, Tapi Ini Kemajuan Kecil yang Bagus

RiderTua.com - Setelah finis di posisi ke-6 di GP Portugal, Marco Bezzecchi semakin meningkatkan daya saingnya di GP Amerika. Di COTA,…

17 April 2024

Fabio Di Giannantonio : Senang Bisa Finis ke-6 Dalam Balapan Seperti Ini

RiderTua.com - Setelah melakoni latihan dengan sangat baik di hari Jumat, kedua rider dari tim Pertamina Enduro VR46 yakni Fabio Di…

17 April 2024

Para Pemudik Ramaikan Bale Santai Honda Jatim di Lebaran 2024

RiderTua.com - MPM Honda Jatim (PT. Mitra Pinasthika Mulia) selaku distributor motor Honda wilayah Jatim dan NTT, di masa mudik…

16 April 2024

Aleix Espargaro : Jika Tidak Ada Kontak di Lap Pertama Saya Bisa Finis di 5 Besar

RiderTua.com - Sementara rekan setimnya Maverick Vinales mendominasi GP Amerika, Aleix Espargaro finis ke-7 setelah terjadi kontak di awal balapan.…

16 April 2024

Toyota Dkk Tidak Naikkan Harga Small SUV Bulan Ini

RiderTua.com - Toyota memang memiliki berbagai macam model SUV yang dijualnya di Indonesia. Seperti small SUV Raize yang dijual bersama…

16 April 2024