Categories: MotoGP

Brembo Mendominasi MotoGP Selama 25 Tahun

RiderTua.com – Brembo mendominasi MotoGP selama 25 tahun… Saat pembalap MotoGP melaju dengan kecepatan lebih dari 300 km/jam, sistem pengereman yang andal sangatlah penting. Meski tidak diperlukan rem standar, namun semua pembalap mengandalkan material yang sama.

Brembo Mendominasi MotoGP Selama 25 Tahun

Karena perkembangan teknis yang semakin maju, motor MotoGP menjadi lebih bertenaga dan lebih cepat. Pada 2019, Andrea Dovizioso mencetak rekor kecepatan dengan mesin 290 HP Ducati tercatat di GP Italia di Mugello dengan kecepatan mencapai 356,7 km/jam.

Namun untuk dapat mengontrol hal tersebut, diperlukan gaya pengereman yang kuat. Agar pembalap dapat melambatkan kecepatan motor pada titik pengereman hingga kecepatan menikung yang diinginkan, dalam waktu 0,1 detik.

Brembo Mendominasi MotoGP Selama 25 Tahun

Menurut regulasi MotoGP, tidak ada kewajiban menggunakan sistem pengereman yang seragam. Namun pada tahun 2020, 22 tim balap motor semua menggunakan sistem pengereman Brembo. Ini adalah tahun ke-5 berturut-turut pabrikan asal Italia itu, melengkapi semua tim MotoGP dengan teknologi pengeremannya. Selain kaliper rem dan bantalan, ini juga termasuk cakram karbon, pompa rem dan kopling.

Pada tahun 2020, perusahaan yang didirikan di Bergamo pada tahun 1961 itu, mengumpulkan 42 gelar kejuaraan dunia dalam berbagai kategori olahraga motor. Brembo telah memenangkan lebih dari 500 gelar dunia sejak tahun 1970-an.

Hal ini menjadikannya sebagai produsen teknologi rem cakram terkemuka di dunia, dan tidak hanya di bidang balapan. Selain 56 gelar Formula 1 dan 62 gelar Kejuaraan Dunia Superbike, ini juga mencakup banyak kemenangan di Formula E, Moto2, Moto3 dan MotoE serta di balap mobil (GT, NASCAR, WRC).

Rem Brembo Mendominasi

Dominasi pabrikan rem asal Italia itu dimulai lebih awal. Dari 1978 hingga 2001, 185 balapan kelas 500cc diraih dengan rem Brembo, tetapi kesuksesan besar datang dari 1995. Tahun di mana Mick Doohan merayakan gelar kedua 500cc, menandai awal dari serangkaian kemenangan yang mengesankan. Karena sejak saat itu, Brembo selalu memenangkan setiap perlombaan.

Pengenalan kelas MotoGP pada tahun 2002 tidak mengubah dominasi ini. Sekitar 329 balapan dimenangkan oleh motor yang dilengkapi rem Brembo. Secara total, perusahaan rem Italia itu terlibat dalam 32 gelar juara pembalap dan 33 gelar konstruktor.

Sekedar informasi, perusahaan ini sekarang aktif di 14 negara di 3 benua. Itu juga termasuk merek Brembo, Breco, AP, Bybre, Marchesini dan AP Racing. Marchesini telah menjadi bagian dari Grup Brembo sejak tahun 2000.

Pemimpin pasar dalam produksi velg ringan untuk balap dan motor jalanan juga melengkapi 7 dari 11 tim MotoGP. Dan lebih dari 50 persen dari pembalap Moto2, Moto3 dan Superbike World Championship musim ini. Yang menunjukkan bahwa grup tersebut juga ada dalam event ini, bisnis mereka beroperasi dengan sukses.

This post was last modified on 27 Desember 2020 14:18

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Kembali ke Honda?

RiderTua.com - Sejak pindah ke Ducati, Marc Marquez memang sejak awal sudah menunjukkan kecepatan dibarisan depan, namun hal seperti ini membuat…

27 April 2024

Dani Pedrosa : Saya Terkejut dengan Performa Acosta dan Masalah yang Dihadapi Miller dan Binder

RiderTua.com - Dani Pedrosa akan tampil di GP Jerez sebagai entry wildcard dan akan menunggangi KTM RC 16 pabrikan ketiga akhir…

27 April 2024

Luca Marini Berharap Mendapatkan Efek Positif dari Tes Jerez

RiderTua.com - Setelah menjadi pembalap pabrikan Honda, pamor Luca Marini semakin memudar. Dia mengharapkan pembalikan tren yang sangat dibutuhkan pada…

27 April 2024

Maverick Vinales : Mungkin Massimo Rivola Ingin Saya Segera Menandatangani Perpanjangan Kontrak

RiderTua.com - Maverick Vinales tampil luar biasa di COTA Austin. Dengan kemenangannya di balapan utama, kini dia berhasil mencetak rekor sebagai…

27 April 2024

Hasil Latihan MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - 10 pembalap yang lolos ke Q2.. Latihan MotoGP di Sirkuit Jerez berlangsung hari ini,…

26 April 2024

Hasil Latihan 1 Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Joe Roberts menjadi pembalap tercepat pada Latihan 1 Moto2 Spanyol setelah menguasai sesi ini…

26 April 2024