Categories: MotoGP

Janji Setia! KTM Tawari Tech3 Kontrak Hingga Akhir 2026

RiderTua.com – KTM tawari Tech3 kontrak hingga akhir 2026… Seolah ucap janji setia dengan merek Austria, KTM, bos tim satelit itu berujar.. “Saya ingin mengakhiri karir profesional saya dengan KTM,” ungkap Herve Poncharal dalam sebuah wawancara. Bos KTM Stefan Pierer akan menawarinya kontrak baru selama 5 tahun untuk tim Tech3. Tim satelit sangat penting bagi pabrikan mengingat di masa depan akan digelar maksimal 22 seri balapan, bukan 20 balapan per musim..

Janji Setia! KTM Tawari Tech3 Kontrak Hingga Akhir 2026

Dorna Sports SL memiliki kontrak 5 tahun dengan 6 tim satelit di Kejuaraan Dunia MotoGP, yang akan berakhir pada akhir 2021. Kesepakatan baru telah dinegosiasikan selama lebih dari setahun. Sebagai pemilik tim resmi, kemarin Fausto Gresini mengonfirmasi kontrak baru hingga 5 tahun, dari 2022 hingga akhir 2026.

Dalam wawancara eksklusif, pemilik tim Tech3-KTM Herve Poncharal juga mengonfirmasi, bahwa pihaknya telah menandatangani kesepakatan baru untuk kelanjutan tim balap MotoGP hingga akhir 2026.

Pria Prancis berusia 63 tahun itu bersama Tim Yamaha 500cc (Shinya Nakano, Olivier Jacque) memasuki kelas utama tahun 2001. Setelah 18 tahun bersama, Tim asal Jepang itu lalu memutuskan untuk beralih ke KTM pada tahun 2019.

Dengan pabrikan asal Austria itu, Tech3 meraih 2 kemenangan pertama mereka di MotoGP musim ini. Yakni ketika pembalap Portugal Miguel Oliveira menang di Spielberg-2 dan balapan final Kejuaraan Dunia di Portimao.

Janji Setia! KTM Tawari Tech3 Kontrak Hingga Akhir 2026

Di Masa Depan Akan Digelar Hingga 22 Seri Balapan

Herve Poncharal telah menjadi presiden asosiasi tim IRTA selama lebih dari 15 tahun. Dengan jabatannya ini, dia selalu terlibat dalam perundingan seperti masalah keuangan dan masalah lainnya (di masa depan akan digelar maksimal 22 seri balapan, bukan 20 balapan per musim) seperti negosiasi kontrak baru.

“Carmelo Ezpeleta, Carlos Ezpeleta, CEO IRTA Mike Trimby dan saya, berusaha keras untuk menawarkan proposal yang sangat menarik ke tim satelit MotoGP, untuk 5 tahun ke depan,” kata Poncharal.

Sedangkan Gresini belum tahu akan berlaga dengan motor mana pada 2022. Karena tim pabrikan Aprilia akan mendapatkan dua tempat masing-masing. Gresini mengharapkan kontrak dengan Suzuki, sebagai tim satelit MotoGP pertama pabrikan asal Jepang itu.

LCR, Pramac dan Petronas SRT kembali melakukan kesepakatan dengan Dorna. Masih dipertanyakan apakah Raul Romero dapat terus menjalankan tim Esponsorama Avintia (pada 2021 bersama Bastianini dan Martin)?

Enam pabrikan yakni Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, KTM dan Aprilia secara lisan, sudah menerima proposal Dorna. Artinya, kontrak pabrikan untuk 6 tim pabrikan akan diperpanjang.

Poncharal mengatakan, “Tech3 akan bersaing di Kejuaraan Dunia MotoGP setidaknya hingga akhir musim 2026. Seperti Gresini, kami juga sudah menandatangani. Saya sangat bangga, kami mencapai kesepakatan ini. Dan saya sangat-sangat berterima kasih kepada Carmelo Ezpeleta.”

Tech3 Masih dengan KTM

Herve Poncharal akan tetap ‘bersekutu’ dengan KTM selama 5 tahun kedepan, dimulai tahun 2021. “Pada akhirnya KTM saya anggap sebagai keluarga. Jelas tidak ada yang mau meninggalkan keluarga mereka, ketika mereka merasa bahagia jika bersama anggota keluarga”

“Dan itulah yang terjadi pada saya. Bos KTM Stefan Pierer berada setengah meter di belakang saya di pit di Portimao, ketika Miguel Oliveira melewati garis finis sebagai pemenang. Dia memeluk saya dan meneteskan air mata.”

Kontrak ini adalah keinginan Stefan Pierer, Hubert Trunkenpolz, Pit Beirer dan semua orang yang terlibat. Kontrak 5 tahun akan sangat bagus untuk Tech3. “Karena saya ingin mengakhiri karir profesional saya dengan KTM. Sepanjang hidupku, saya sudah mencari pasangan seperti itu. Itu sebabnya saya tidak ingin melewatkan kesempatan ini,” pngkas pemilik tim satelit yang populer itu.

This post was last modified on 16 Desember 2020 08:48

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024