Serbuan ‘Tim Langit’ Milik Valentino Rossi di MotoGP 2020

Serbuan 'Tim Langit' Milik Valentino Rossi di MotoGP 2020
Serbuan 'Tim Langit' Milik Valentino Rossi di MotoGP 2020

RiderTua.com – Serbuan ‘Tim Langit’ milik Valentino Rossi di MotoGP 2020 apakah berlanjut di 2022. Tim Langit atau Sky team milik Valentino Rossi berbeda dengan tim kebanyakan yang ada di grid saat ini. Untuk saat ini serangan pasukannya berjalan sesuai rencana untuk para pembalap VR46 Academy: Adik Rossi, Luca Marini, adalah pemimpin klasemen Moto2 dan Marco Bezzecchi di urutan ketiga. Celestino Vietti telah meraih tiga podium di Moto3. Marini bisa menjadi pembalap kedua setelah Bagnaia (2018) yang memenangkan Kejuaraan Dunia Moto2 untuk Tim Langit atau Sky team VR46.

Serbuan ‘Tim Langit’ Milik Valentino Rossi di MotoGP 2020

Namun apakah benar Valentino Rossi akan muncul dengan tim balap MotoGP miliknya. Sebenarnya tidak ada rencana nyata, bahkan untuk musim 2022, namun segala sesuatu bisa saja terjadi dan menjadi kejutan..

Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi akan bertahan di kelas utama setidaknya selama satu tahun dan membalap untuk tim satelit Petronas Yamaha SRT pada 2021. Tapi apa yang terjadi setelah itu?.. Bisakah Rossi, pemilik tim Sky (tim langit) VR46 di kelas Moto2 dan Moto3, membuat tim MotoGP?… Menurut banyak perkiraan yang beredar kemungkinannya adalah tahun 2022, karena setelah musim yang akan datang, kontrak lima tahun antara MotoGP ( Dorna), pabrikan, dan tim satelit akan berakhir.

Rossi mengatakan: “Untuk membentuk tim MotoGP masih terlalu dini, tapi pada akhir 2021 MotoGP akan berubah dan mungkin kami bisa mengambil kesempatan untuk membentuk tim VR46 di MotoGP, tapi ini masih terlalu dini.”

Serbuan 'Tim Langit' Milik Valentino Rossi di MotoGP 2020
Serbuan ‘Tim Langit’ Milik Valentino Rossi di MotoGP 2020

Bicara dengan Lin Jarvis

Pembalap Yamaha asal Italia itu menyebutkan bahwa dia sudah berbicara dengan bos tim Yamah, Lin Jarvis tentang masalah ini. Rossi menjelaskan: “Mengapa kita tidak melakukannya ( membuat tim satelit) dengan Yamaha?.. Tapi kami harus memutuskan sebelumnya apakah kami ingin membangun tim di MotoGP atau masih tetap dengan tim Moto3 dan Moto2.”

Namun bagaimana dengan Petronas. “Kami akan membahas masa depan dengan tim Petronas di musim semi,” kata Jarvis.. Kontrak saat ini antara Yamaha dan tim Petronas berjalan selama tiga tahun dan berakhir setelah musim 2021. Apa pun selain perpanjangan kontrak dari kesepakatan itu akan menjadi kejutan yang menarik.

Biaya Tinggi

Masalah yang dialami Rossi adalah mencari Sponsor. Di mana untuk membentuk tim satelit MotoGP butuh anggaran 12 hingga 15 juta euro setiap tahun. Sementara sponsor VR46, Sky, telah memotong anggaran untuk tahun 2020, penyiar TV juga telah menarik diri menjadi sponor balap sepeda profesional, yang menghabiskan dana 40 juta euro per tahun.

sky professional cycling team

Rossi bisa saja ‘menyelipkan’ muridnya dari VR46 Academy ke Petronas di masa depan, seperti yang sudah terjadi pada Franco Morbidelli. Atau ditawarkan di Ducati, KTM (tim Moto3 Rossi mengendarai KTM) atau Suzuki.

Be the first to comment

Leave a Reply