Luis Suarez Salah Satu Striker Terbaik Barcelona

Luis Suarez salah satu striker terbaik Barcelona
Luis Suarez salah satu striker terbaik Barcelona

RiderTua.com – Luis Suarez salah satu striker terbaik Barcelona… Pemain 33 tahun itu adalah nama besar terbaru yang meninggalkan Barca, sebagai bagian dari perombakan skuad Ronald Koeman. Dia secara resmi sudah bergabung dengan Atletico Madrid. Kepergiaannya ini menyusul Ivan Rakitic dan Arturo Vidal yang keluar terlebih dulu.

Luis Suarez Salah Satu Striker Terbaik Barcelona

Dilansir dari Marca, Luis Suarez mengakhiri karir legendarisnya di Blaugrana. Dia menghabiskan 6 tahun di level tertinggi di klub Catalonia itu. Pemain asal Uruguay itu pertama kali tiba di Barcelona setelah insiden menggigit Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014 di Brasil, dan masih menjalani skorsing 4 bulan ketika dia bergabung dari Liverpool.

Dia melakukan debutnya dalam kekalahan 3-1 dari Real Madrid di Estadio Santiago Bernabeu. Tetapi permainannya segera berubah menjadi lebih baik. Ledakan trio MSN yang termasyur, dengan Lionel Messi dan Neymar sudah berpadu dengan baik di Barcelona.

Kedatangan Suarez membawa lini depan tampil semakin juos. Tiga penyerang asal Amerika Selatan itu membawa tim Luis Enrique meraih treble pada 2014/15. Mereka sukses memenangkan Liga Champions, Copa del Rey dan LaLiga Santander. Suarez mencetak 25 gol, termasuk satu di Champions League final melawan Juventus. Dan dia memberikan 24 assist selama musim itu. Empat trofi dan Sepatu Emas berhasil digondolnya di musim berikutnya.

Dan pada 2015/16, Suarez menghasilkan beberapa angka luar biasa untuk mengakhiri musim sebagai pencetak gol terbanyak di Eropa. Dengan torehan 59 gol dan 22 assist, dia membantu Barcelona memenangkan empat trofi. Yakni Supercopa de Espana, Piala Dunia Antarklub, Copa del Rey dan LaLiga Santander.

Meskipun Real Madrid telah mengamankan gelar dua kali lipat banyaknya, setelah memenangkan LaLiga Santander dan Liga Champions, Barcelona memiliki beberapa momen kejayaan di 2016/17.

Suarez memainkan perannya dalam kebangkitan luar biasa saat melawan Paris Saint-Germain di Liga Champions. Sementara Luis Enrique juga membimbing timnya ke Copa del Rey dan Supercopa de Espana. Selama musim itu, Suarez mencetak 42 gol lagi dan menyumbangkan 16 assist.

Luis Suarez salah satu striker terbaik Barcelona

Trio MSN yang Mematikan

Akhir dari masa kejayaan Trio MSN dan Liga Champions terjadi pada musim panas 2017. Ketika Neymar menandatangani kontrak dengan PSG, untuk meninggalkan Messi dan Suarez tanpa anggota ketiga pengganti dari trisula menyerang mereka.

Di bawah manajer Ernesto Valverde, Barcelona mengalami penghinaan beruntun di Liga Champions saat melawan Roma dan Liverpool. Meski demikian, Suarez masih bisa menyumbangkan 36 gol pada musim 2017/18 dan 33 gol pada 2018/19. Termasuk mencetak hat-trick saat melawan Real Madrid di Camp Nou.

Penampilan terakhir pemain asal Uruguay itu untuk Barcelona, terjadi saat kekalahan memalukan 8-2 dari Bayern Munich di perempat final Liga Champions. Musim terakhirnya di klub Catalan, Suarez mencetak 21 gol dan memberikan 11 assist.

Sehingga secara statistik, Suarez meninggalkan Barcelona sebagai striker terbaik dalam sejarah klub. Mantan penyerang Liverpool ini menjadi pencetak gol terbanyak ke-3, dalam sejarah Barcelona. ​​Hanya di belakang Messi dan Cesar Rodriguez.

Luis Suarez salah satu striker terbaik Barcelona

Sahabat Messi

Dia juga satu-satunya pemain Blaugrana, selain Messi yang memenangkan Sepatu Emas Eropa. Sementara itu dia juga pencetak gol asing tertinggi ke-7 di LaLiga Santander, dan pencetak gol terbanyak pemain Uruguay di LaLiga Santander.

Mitra terbaik Messi yang juga dekat di luar lapangan, Suarez dan Messi memiliki hubungan kerja yang sangat baik. Messi telah memberi assist bagi Suarez 39 kali selama mereka bersama di Barcelona, lebih banyak dari pemain lainnya.

Neymar, yang tertinggi berikutnya dengan 20 assist yang diterima dari Messi, hanya membuat lebih dari separuh penghitungan Suarez. Sementara Pedro Rodriguez (17 kali), David Villa (12) dan Samuel Eto’o (12) datang sebagai pemain berikutnya.

Adapun assist dari Suarez kepada Messi, pemain asal Uruguay itu menyumbang total 47 kali, sama dengan rekor Andres Iniesta . Neymar (42 assist untuk Messi), Dani Alves (41) dan Xavi Hernandez (32).

Hanya ada dua striker yang mencetak lebih banyak gol untuk Barcelona daripada Suarez (198 gol). Yakni Paulino Alcantara yang mencetak paling banyak gol yakni 369 gol, dan Cesar Rodriguez 222 gol. Ini berarti Suarez mengungguli catatan dari pemain terkenal seperti Samuel Eto’o (130 gol), Patrick Kluivert (122 gol), Thierry Henry (49 gol), Villa (48 go;) dan Ronaldo Nazario (47 gol).

Be the first to comment

Leave a Reply