Apa yang akan Dilakukan Jurgen Klopp untuk Menghadapi Musim Depan?

Klopp Bantah Bangunkan Ferguson Tengah Malam
Klopp Bantah Bangunkan Ferguson Tengah Malam

RiderTua.com – Bola – Manajer Liverpool Jurgen Klopp telah berkali-kali menyatakan bahwa juara Liga Premier itu tidak berencana membeli pemain top musim panas ini. Opsi lain yang bisa dipertimbangkan Klopp adalah memperpanjang kontrak pemain yang sudah ada dalam skuat. Dari dua pilihan itu, mana yang harus dilakukan Klopp untuk menghadapi pertempuran musim depan?

Apa yang akan Dilakukan Jurgen Klopp untuk Menghadapi Musim Depan?

Dilansir dari BBC Sport, Klopp telah diperingkatkan klub untuk tidak membuat pengeluaran besar pada bursa transfer musim panas ini. Hal ini karena krisis keuangan yang dialami klub.

Jika tujuan Klopp adalah hanya untuk menyerang dan tidak untuk mempertahankan gelar, apakah Klopp masih perlu untuk membeli pemain baru di musim panas ini? Dan 3 mantan pemain Liverpool yakni bek Gary Gillespie, pemain sayap John Barnes dan striker Emile Heskey, mencoba memberikan pandangan mereka kepada BBC Sport.

Lini Pertahanan

Trent Alexander-Arnold, bek tengah Virgil van Dijk dan Joe Gomez, ditambah bek kiri Andy Robertson mengakhiri musim sebagai benteng pertahanan yang mumpuni. Kehadiran Joel Matip penutup pertahanan utama bersama Dejan Lovren. Meskipun Lovren kini telah bergabung dengan Zenit St Petersburg  dengan harga 10,9 juta poundsterling.

Klopp juga memiliki Nathaniel Phillips yang masih berusia 23 tahun. Phillips telah membantu Stuttgart mendapatkan promosi untuk kembali ke Bundesliga musim lalu. Sepp van den Berg dan Ki-Jana Hoever yang berusia 18 tahun sebagai opsi untuk bek tengah.

Neco Williams yang berusia 19 tahun, telah menunjukkan kemampuannya sebagai pemain pengganti Alexander-Arnold. Sementara bek kiri Yasser Larouci yang berusia 19 tahun akan meninggalkan klub. Dia akan meninggalkan gelandang James Milner (34 tahun), sebagai pemain yang mendukung kinerja Robertson.

Gillespie, yang telah memenangkan 3 gelar bersama Liverpool antara tahun 1983 dan 1991, berkata “Dengan perginya Lovren, Liverpool mungkin membutuhkan bek tengah.”

“Bukan rahasia lagi, Klopp akan menginginkan bek sayap kiri untuk melindungi Andy Robertson. Robertson adalah pemain yang mungkin tidak mendapatkan jumlah istirahat yang cukup seperti pemain lain.”

“Bagaimana cara Jurgen ingin bermain, adalah kunci dari keberhasilan.”

Kreativitas Ok = Mahal

Gelandang Bayern Munich Thiago Alcantara terus-menerus dikaitkan dengan Liverpool. Tetapi pemenang gelar dua kali Barnes itu ragu apakah langkah untuk merekrut Alcantara diperlukan?

Dia menambahkan, “Dengan lini tengah yang sangat mahir, Liverpool mendapat banyak poin lebih baik daripada tim lain. Mereka telah memiliki dua bek sayap menyerang secara bersamaan sekaligus tiga striker top. Mereka juga memiliki tiga gelandang yang bekerja keras untuk melindungi saat situasi sulit.”

“Jika Anda mendapatkan gelandang kreatif lain dan Anda ingin full-back, dan tiga pemain depan Anda untuk menyerang, maka mungkin Anda akan kebobolan lebih banyak gol.”

Pemain Muda Melimpah

Liverpool telah kehilangan Adam Lallana tetapi mereka masih memiliki Alex Oxlade-Chamberlain, Naby Keita dan Xherdan Shaqiri yang maju di lini tengah. Meskipun pemain asal Swiss itu bisa saja pergi musim panas ini.

Curtis Jones bisa menjadi pemain reguler meski setidaknya hanya berada di bangku cadangan. Mereka juga masih memiliki gelandang Harvey Elliott. Meskipun masih berusia 17 tahun, dia pemain yang berbakat dan salah satu pemain potensial untuk masa depan Liverpool. Marko Grujic dan Harry Wilson juga akan kembali ke klub setelah dipinjamkan.

Melihat situasi ini, Barner berkata, “Berapa banyak pemain kreatif yang telah didapatkan Manchester City di lini tengah? Tetapi Liverpool selesai 20-poin di atas mereka. Mungkin Man City harus mengatakan, ‘Mari kita mendapatkan lebih banyak pemain yang bekerja keras di lini tengah sehingga kita dapat mengalahkan Liverpool.’ “

Apakah 3 Pemain Depan akan Diubah?

Trio bomber Firmansah, yakni Roberto Firmino, Sadio Mane dan Mohamed Salah jelas merupakan pemain depan handal milik Liverpool. Sejauh ini mereka bertiga telah mencetak lebih dari 250 gol di bawah kepelatihan Klopp.

Heskey yang telah bermain 223 kali untuk The Reds antara tahun 2000- 2004, khawatir jika ada striker baru, akan terlalu banyak perubahan. Dia berkata, “Apakah kau akan mengacaukan front three? Liverpool mendapatkan sebagian besar gol mereka dari sayap dan Firmino adalah yang membuat semuanya bergerak cepat.”

“Apakah kamu akan mengacaukannya dengan membawanya keluar dari sana. Dan kemudian memasukkan seseorang yang mungkin membuatmu berguna tetapi mungkin malah mengganggu keseimbangan, apa yang membuat tiga hal itu bekerja?”

TimTerkuat

Liverpool hanya mengontrak pemain belakang muda Van den Berg dan pemain depan Jepang Takumi Minamino dalam dua jendela transfer terakhir. Mereka melepas Adrian dan Andy Lonergan, yang telah meninggalkan musim panas ini.

Gillespie, Barnes dan Heskey tidak berharap terlalu banyak dalam hal perekrutan besar selama liburan musim panas ini. Mereka berkata.

Heskey berkata, “Liverpool ingin memperkuat dalam beberapa kapasitas jika mereka bisa. Bisa dibilang, Manchester City mungkin memiliki skuad terkuat dan Liverpool mungkin memiliki tim terkuat.”

Barnes menambahkan: “Saya bahkan tidak berpikir itu karena wabah. Saya tidak perlu berpikir mereka perlu membeli pemain-pemain top. Jurgen Klopp menyukai harmoni skuad. Mungkin dia harus mendapatkan lebih banyak penandatanganan skuad, tetapi tidak ada pemain top yang menandatangani kontrak di Starting XI pertama.”

Be the first to comment

Leave a Reply