Cedera Marc Marquez Merusak Rencana Honda di MotoGP

Faktanya tiga rival terbesar Marc Marquez selesai di podium MotoGP Jerez dan meletakkan dasar untuk perebutan gelar MotoGP 2020. Fabio Quartararo- Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso

Alberto Puig HRC

RiderTua.com – Cedera Marc Marquez merusak rencana Honda di MotoGP. Alberto Puig dan para bos Jepang terlalu lama berfokus pada satu pembalap. Pelajaran nyata yang memang seharusnya sudah disadari, namun belum tergerak. Jika Marc terluka, siapa yang akan menjaga mahkota juara Honda dari incaran lawan yang semakin kuat?.. Alih-alih mencari pembalap kuat, kenapa justru Alex yang diboyong ke Repsol?.. Untungnya mereka koreksi dengan mendatangkan Espargaro, namun masih tahun depan, dan terlambat karena Marc terlanjur cedera. Bukti nyata ancaman lawan di depan mata adalah, 3 rival terkuat Marc Marquez menapaki podium Jerez: Fabio, Vinales dan Dovi. Kini Honda tidak bisa tidur nyenyak lagi..

Marc Marquez jatuh

Cedera Marc Marquez Merusak Rencana Honda di MotoGP

Di Honda mereka tidak akan tenang setelah cedera Marc Marquez. Tnapa poin di Jerez, Minggu depan diperkirakan akan absen di balapan ke-2, hampir pasti seri Brno juga akan absen dimana akan digelar dalam tiga minggu lagi. Siang ini dr. Xavier Mir dan timnya akan memutuskan bagaimana penanganan cedera Marc. Mereka harus menyusun ulang fraktur humerus.

Ada dua cara yang mungkin akan dilakukan: dengan memasang skrup (waktu pemulihan lebih cepat) atau plat (waktu pemulihan lebih lama). Dalam kalender balap yang tidak biasa dari 13 balapan, dan kehilangan 3 seri ( perkiraan paling optimis turun balap di seri ke-4). Akan menyulitkan Honda dan Marc dalam memperebutkan gelar juara dunia.

crash-Jerez 2020-cal cruthclow

Pembalap Honda yang Lain Kemana?

HRC menghadapi tahun bencana kali ini. Marc Marquez adalah satu-satunya pembalap yang bisa membidik kemenangan di MotoGP dengan RC213V. Cal Crutchlow, yang cedera saat pemanasan dan djuga akan menjalani operasi besok. Agar bisa segera kembali ke lintasan pada hari Jumat. Mungkin juga Cal tidak dalam performa terbaik, tetapi perlu dilihat bahwa Yamaha dan Ducati akan memberikan ancaman serius..

Takaaki Nakagami?.. pembalap Honda ‘terbaik’ di balapan pertama Jerez ini hanya finish ke-10 dengan selisih +21.553 dari Quartararo. Alex Marquez? dia belum mamapu mencapai posisi 10 besar. Dia menyelesaikan balapan pertamanya di posisi ke-12 dengan gap +27.350..

Podium MotoGP-Jerez-2020-fabio quartararo- Maverick Vinales- andrea Dovizioso

Kesempatan Para Lawan

Sementara itu Ducati dan Yamaha memeiliki sederetan pembalap yang berpotensi menang… lebih dari satu!. HRC kini harus membayar harga karena hanya mengnadalkan satu wakilnya untuk bertarung.. Faktanya tiga rival terbesar Marc Marquez selesai di podium MotoGP Jerez dan meletakkan dasar untuk perebutan gelar MotoGP 2020.

  1. Fabio Quartararo sudah menang dan akan mulai lagi sebagai favorit untuk seri selanjutnya.
  2. Maverick Vinales telah mengambil langkah lebih jauh ke depan dengan M1, menyusun kekuatan dengan diam-diam pada 2019.
  3. Andrea Dovizioso telah menaklukkan podium-3 di sirkuit yang secara historis sulit baginya dan motor Ducati.

Bisa dipahami Alberto Puig ketar-ketir, dia tahu bahwa rencana benteng pertahanan yang terlihat kokoh tiba-tiba runtuh. Marc Marquez kemungkinan akan tetap berusaha tampil dengan segala risikonya. Satu-satunya harapan adalah Pol Espargaro yang finis ke-6 dengan KTM. Perekrutan HRC tidak akan sia-sia. Dia yang akan mengatasi situasi kedepan jika kondisinya seperti ini.. Jika Marquez terluka akan ada pembalap kuat lainnya.. Tidak mengandalkan satu pembalap saja..

1 Comment

Leave a Reply