‘Plan C’ MotoGP Ternyata 6 Balapan di Satu Sirkuit!

Dalam kondisi sulit seperti ini MotoGP masih mampu menggelar 13 balapan.

Carmelo Ezpeleta

RiderTua.com – Di MotoGP 2020 dalam menghadapi kondisi sulit saat ini, Tim krisis Dorna menyetujui tiga rencana: Plan A, B dan C. Setelah berkonsultasi dengan pemegang saham Dorna, maka rencana A dengan 13 balapan di 8 sirkuit di Eropa masih layak digelar. Rencana B dan C ternyata lebih ekstrem lagi…Plan B adalah 10 balapan di tiga sirkuit. Sementara itu, Plan C MotoGP adalah 6 balapan di satu sirkuit yang sama..

Plan C MotoGP adalah 6 balapan di satu sirkuit yang sama

Memang dalam menghadapi puncak krisis, tim krisis Dorna mengembangkan tiga rencana darurat tadi. Dalam kasus terburuk ( Plan-C), hanya enam balapan akan di gelar di musim gugur (September sampai akhir bulan November) dengan trek yang sama…

MotoGP rider

Tahun ini adalah masa dimana penghasilan dari acara balap paling rendah. Namun kontrak antara MotoGP dengan FIM berlangsung hingga tahun 2041. Sehingga masih banyak periode kedepan yang lebih baik dan menguntungkan melihat kondisi juga lebih kondusif…

Bos Dorna, Ezpeleta mengatakan bahwa pada bulan April lalu mereka juga harus memperhitungkan skenario suram bahwa mungkin harus menggelar semua balapan di satu sirkuit. Karena pada saat itu semua perbatasan ditutup, Spanyol dan Italia kondisinya buruk.

“Tetapi setelah beberapa minggu ada perbaikan situasi saat itu. Kami semua sangat senang dengan kalender balap saat ini. Di MotoE kami memiliki jumlah balapan yang sama seperti yang direncanakan sebelumnya. Dan untuk seri pemula ( Red Bull MotoGP Rookies Cup), yang sangat penting bagi kami, kami juga berhasil menggelar 12 balapan. Kami (Dorna) sama senangnya dengan Red Bull,” kata CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta..

Jadwal- Kalender MotoGP 2020 Terbaru

Mendapat Pujian

Dalam kondisi sulit seperti ini MotoGP masih mampu menggelar 13 balapan. Karena itu tidak mengherankan bahwa hampir semua pemilik tim, anggota tim, pabrikan, pembalap, pemasok dan sponsor memuji Dorna, yang mampu mengatasi krisis sejak awal dengan banyak ketenangan dan kejelasan.

Dalam fase krisis pertama yang membingungkan dan sibuk, Dorna juga harus belajar dari beberapa pelajaran karena tidak ada yang mampu bersiap menghadapi krisis semacam itu. Pada bulan Maret setiap balapan yang dibatalkan diganti dengan tanggal baru. Gerakan cepat dilakukan, misalnya, memberi GP Valencia dengan tiga tanggal berbeda dalam waktu 48 jam: 15, 22 dan 29 November. Kemudian yang terakhir Valencia direvisi untuk menggelar race pada tanggal 8 dan 15 November.

Be the first to comment

Leave a Reply