Tahun Depan Tidak Ada Perebutan Gelar ‘Rookie of The Year’?

Hanya di musim depan (MotoGP 2021), tidak ada pembalap Moto2 yang akan berebut kategori ini.

Iker-Lecuona-Brad-Binder-Alex-Marquez

RiderTua.com – Pada musim MotoGP 2020 ini ada Alex Marquez, Brad Binder dan Iker Lecuona yang akan bertarung untuk penghargaan ‘Rookie of the Year’. Tahun depan di MotoGP 2021 tidak ada perebutan gelar ‘Rookie of The Year’?

Tahun Depan Tidak Ada Perebutan Gelar ‘Rookie of The Year’?

Dalam tiga tahun terakhir selalu ada pendatang baru dari kelas menengah Moto2 yang naik ke kategori MotoGP. Bulan Oktober lalu, tim pabrikan Red Bull-KTM percayakan setangnya pada Brad Binder sebagai rookie MotoGP untuk tahun 2020. Kemudian Alex Marquez bergabung dengan Repsol-Honda dan Iker Lecuona di tim satelit Red Bull KTM Tech3.

Hanya di musim depan (MotoGP 2021), tidak ada pembalap Moto2 yang akan berebut kategori ini. Jorge Martin? Jika memang dia berada di tim Pramac maka tentunya tidak ada yang akan melawannya..

rookie

Sebagai pengingat bahwa pada tahun 2017 ada pendatang baru Johann Zarco, Jonas Folger (Tech3 – Yamaha) dan Sam Lowes (Aprilia) dan Alex Rins (Suzuki). Pada tahun 2018, empat pendatang baru memasuki MotoGP dengan Hafizh Syahrin, Franco Morbidelli, Xavier Simeon dan Tom Lüthi.

Pada tahun 2019, 4 pemula juga bersaing dengan Fabio, Pecco Bagnaia, Joan Mir dan Miguel Oliveira, dengan Joan Mir berada di peringkat kedua belas Dunia di tim Suzuki Ecstar.

Itu berarti: Untuk pertama kalinya setelah 3 tahun, pada tahun 2021, penghargaan “Rookie of the Year” tidak diperebutkan lagi.

Berikut Daftar Rookir MotoGP mulai 2010

(*) Cetak Tebal= Rookie of The Year

  1. 2010 : Ben Spies (Yamaha), Marco Simoncelli (Honda), Hector Barbera, Alvaro Bautista (Suzuki), Aleix Espargaro (Ducati), Hiroshi Aoyama (Honda)
  2. 2011 : Cal Crutchlow (Yamaha), Karel Abraham (Ducati)
  3. 2012: Stefan Bradl (Honda), Michele Pirro (FTR), Yonny Hernandez (BQR-FTR), Danilo Petrucci (Ioda), Mattia Pasini (ART), Iván Silva (BQR-FTR)
  4. 2013 : Marc Marquez ( Honda), Bradley Smith (Yamaha), Andrea Iannone (Ducati), Claudio Corti (FTR-Kawasaki), Michael Laverty (PBM – ART), Bryan Staring (FTR-Honda), Lukáš Pešek (Ioda).
  5. 2014: Pol Espargaró (Yamaha), Scott Redding (Honda), Broc Parkes (PBM), Mike Di Meglio (Avintia)
  6. 2015: Maverick Viñales (Suzuki), Loris Baz (Foward-Yamaha), Jack Miller (Honda), Eugene Laverty (Honda),
  7. 2016: Esteve ‘Tito’ Rabat (Honda)
  8. 2017: Johann Zarco, Jonas Folger ( Yamaha), Álex Rins (Suzuki), Sam Lowes (Aprilia)
  9. 2018: Franco Morbidelli (Honda), Hafizh Syahrin (Yamaha), Takaaki Nakagami (Honda), Xavier Siméon (Ducati), Thomas Lüthi (Honda)..
  10. 2019: Fabio Quartararo (Yamaha), Joan Mir (Suzuki), Pecco Bagnaia (Ducati), dan Miguel Oliveira(KTM)
  11. 2020: Alex Marquez (Honda), Brad Binder (KTM) dan Iker Lecuona ( KTM).

Itu artinya jika Jorge Martin menjadi satu-satunya rookie di 2021, maka dia akan menjadi rookie of the year 2021 tanpa ‘keluar keringat’ …

Be the first to comment

Leave a Reply