Kenapa Aprilia di MotoGP Memilih Mesin V-4, Bukan Inline-4 ?

Untuk MotoGP 2020 Aprilia mengikuti konsep mesin kompetisi seperti Honda dan Ducati ( mesin 90 ° V4).

M1-gsx-rr-rc213v-gp-rc16-rsgp

RiderTua.com – Di MotoGP 2020, Aprilia tetap mengandalkan mesin V4. Menurut Romano Albesiano, beralih ke mesin inline-4 tidak pernah ada dalam rencana mereka.. Aprilia membangun motor MotoGP yang benar-benar baru di musim ini. Mesin Aprilia RS-GP 2020 adalah salah satu perubahan terbesar dibandingkan tahun sebelumnya. Pada akhir 2019, Aprilia adalah satu-satunya pabrikan yang menggunakan mesin V4 dengan sudut sempit (di bawah 90 °). Lalu kenapa Aprilia di MotoGP memilih mesin V-4, bukan inline-4, seperti Yamaha dan Suzuki ?

Kenapa Aprilia di MotoGP Memilih Mesin V-4, Bukan Inline-4 ?

Untuk MotoGP 2020 Aprilia mengikuti konsep mesin kompetisi seperti Honda dan Ducati ( mesin 90 ° V4). Tetapi mengapa Aprilia tidak berpikir untuk beralih ke mesin inline-4 seperti yang digunakan oleh Yamaha dan Suzuki?

Memang dalam hal penanganan dan manajemen ruang, mesin inline-4 lebih unggul daripada mesin V-4. “Mesin empat silinder segaris (inline) memiliki beberapa keunggulan yang jelas. Dalam sejarah MotoGP, ada kalanya dikatakan bahwa konsep empat silinder inline telah berakhir.”

“Kemudian beberapa tahun kemudian dikatakan bahwa mesin V4 bukanlah pilihan yang tepat. Saya tidak berpikir benar atau salah dalam pertanyaan ini,” kata Albesiano.

Romano Albesiano Aprilia
Romano Albesiano

Superbike dan Off-Road Aprilia Bermesin V

“Aprilia memiliki sejarah dalam hal mesin-V. Kita bicara tentang superbike RSV Mille dan bahkan meotor off-road kami memiliki mesin-V. Kami berkomitmen untuk tetap dengan konsep ini. Kami tidak pernah berpikir untuk melakukan hal lain,” komentar kepala bidang teknologi Aprilia, Romano Albesiano di ‘MotoGP RoundTable’.

Mesin-V4-Aprilia-RS-GP-MOTOGP-2017

“Ini adalah tentang mengoptimalkan konfigurasi yang dipilih. Kami sepenuhnya yakin bahwa kita bisa menang dengan mesin V4. Dan pada kenyataannya itu dimenangkan (oleh Honda dan Ducati).. Kami saat ini tidak tertarik dengan konfigurasi mesin lain untuk proyek MotoGP,” pungkas Romano Albesiano…

Be the first to comment

Leave a Reply