‘Black Box’ di CVT Skutik Honda Isinya Wheel Speed Sensor untuk Apa ?

RiderTua.com – Bagi pemilik motor skutik Honda BeAT, Scoopy, PCX,  Vario dan Genio pasti akan sering melihat penampakan kotak hitam di bagian belakang mesin dekat roda. Tentunya berikut ini juga sebagai pengalaman apa sih fungsi bagian-bagian pada motor Honda. Bagaimana kalau bagian ini kena benturan keras hingga pecah atau rusak. Kotak hitam di bagian CVT itu letaknya sangat dekat dengan ban belakang ( lihat gambar diatas). ‘Black Box’ di CVT Skutik Honda Isinya Wheel Speed Sensor untuk Apa ?

Seperti dilansir otomotifnet.gridoto.com ( 19/09/19) mereka dapat penjelasan langsung dari PT Astra Honda Motor (AHM). Dalam hal ini Endro Sutarno, selaku technical service division AHM. Begini penjelasannya :

“Di dalam kotak hitam itu terdapat wheel speed sensor atau umumnya dikenal sebagai sensor kecepatan. Bagaimana cara kerja speed sensor atau sensor kecepatan bekerja?… Jadi speed sensor akan menangkap putaran gardan yang memutar roda belakang, informasi kecepatan itu diteruskan ke speedometer,” kata Endro Sutarno.

Dan fungsi kotak hitam ( black box) sendiri sih jelas sebagai cover atau pelindung tentunya, bukan sekedar hiasan… ” Itu untuk melindungi speed sensor dari kotoran atau percikan air.. ” kata sumber teknis media itu.

Apa itu Wheel Speed Sensor ?

Wheel Speed Sensor sejatinya sudah ada sejak motor Honda Kharisma, fungsinya adalah sebagai output kecepatan ke ECU ( speedometer digital). Fungsi lainnya ? juga digunakan sebagai input ECU untuk sistim ISS ( Idling Stop System).. Jadi bila ada kerusakan ( dimakan tikus atau putus) dengan kabel sensor ini akan bermasalah pada sistim pembacaan speedo, km dan sistim ISS…

Sumber : otomotifnet.gridoto.com ( 19/09/19), foto : mazped.com dan coretan85

Be the first to comment

Leave a Reply