Crosswind dan Salah Racing Line, Yamaha M1 Quartararo Bergoyang Hebat di Trek Lurus Assen!

0


RiderTua MotoGP – Rookie MotoGP Petronas Yamaha Quartararo mengklaim podium ‘back-to-back’ atau berurutan ( Catalunya P-2 dan Assen P3).  Melanjutkan performa apiknya di Catalunya Fabio bertempur di grup terdepan dengan Maverick Vinales dan Marc Marquez hingga lap terakhir.. Disaat bertarung didepan, Quartararo terlihat mengalami guncangan hebat (wobbles) pada kecepatan tinggi yang menakutkan. Kejadian ini dia alami saat melaju dengan kecepatan penuh diatas Yamaha-nya di trek lurus berulang kali. Crosswind dan Salah Racing Line, Yamaha M1 Quartararo Bergoyang Hebat di Trek Lurus Assen! Sementara Vinales dan Marquez tidak mengalami hal serupa..

Kombinasi Crosswind dan Salah Racing Line

Kombinasi Crosswind dan Salah Racing Line

Kombinasi Crosswind dan salah Racing Line. Setelah balapan saat ditanya tentang guncangan hebat itu, Quartararo mengatakan akibat Crosswind trek Assen dan racing line (jalur balap) yang lebih dekat ke bagian dalam trek saat dia keluar dari tikungan T-5. Crosswind adalah angin yang berhembus dari samping.

“Saya mengendarai dengan baik, terlepas dari kesalahan setelah keluar dari T-5, sepanjang akhir pekan kami cepat dan kami memeriksa data dengan Maverick dan pembalap Yamaha lainnya, saya pikir sepanjang akhir pekan kami mengambil banyak pengalaman dan melihat bagaimana cara mereka mengambil (racing line) di tikungan 5 saat keluar. Saya berkata pada diri saya sendiri bahwa saya bodoh dan motor itu goyang di beberapa putaran. Pada akhirnya ketika saya mengambil racing line agak luar, jauh lebih baik. Itu balapan yang bagus untuk kami.” kata Quartararo.

Fabio menambahkan bahwa semua memang kesalahannya, namun dia mendapat pelajaran baru. Ketika dia berada di belakang Maverick dan Marc dia mencoba untuk mengambil jalur lebih dalam, tetapi motornya semakin bergerak. Akhirnya ketika dia melihat Maverick dan Marc yang racing line-nya lebih ke luar mereka jauh lebih baik, akhirnya Quartararo ikuti jalur itu.

Sekali lagi Quartararo menegaskan goyangan hebat pada motornya akibat kombinasi dari angin samping (Crosswind ). Dan kesalahan jalur balap yang dia ambil (Kombinasi Crosswind dan Salah Racing Line). Namun dia cepat belajar, melihat bagaimana Vina dan Marc mengambil jalur balap mereka ( lebih ke luar ) dan di akhir lap motornya Yamaha M1-nya jauh lebih stabil. Bagi Quartararo itu adalah pengalaman berharga melihat bagaimana Vina dan Marc membawa motornya.

Leave a Reply