Marquez Gunakan Setingan Motor Casey Stoner, Kenapa Jorge Lorenzo Tidak ?


RiderTua MotoGP – Marc Marquez tak terbantahkan menjadi pembalap yang harus dikalahkan di MotoGP. Pembalap Spanyol dengan Honda-nya telah mendominasi selama beberapa tahun hingga sekarang dan tampaknya sulit untuk digeser. Hanya DesmoDovi yang sedikit memberikan perlawanan berarti dua tahun terakhir… Marquez gunakan setingan motor Casey Stoner, kenapa Jorge Lorenzo tidak ?

Marquez Gunakan Setingan Motor Casey Stoner

Namun perjalanan Marc tidak mudah, walau debutnya di MotoGP langsung juara dunia (2013). Namun kemudian tahun 2015 adalah musim terburuknya .. Marc menyatakan bahwa tidak seperti Lorenzo, dia beradaptasi dengan cepat..

“Bagi saya tahun terburuk adalah 2015, ( Honda RC213V saat itu) adalah motor yang sangat sulit dan saya tidak tahu bagaimana mengatur beberapa setingan. Tidak seperti Jorge Lorenzo, saya beradaptasi dengan cepat. Saya menggunakan pengaturan Stoner, tetapi kemudian menyesuaikannya sesuai dengan gaya saya. Di sini, di Barcelona mesin itu penting. Dari sudut pandang ini kami telah mengambil langkah maju, tetapi masalah lain selalu ada. Tujuannya adalah selalu berusaha untuk menang “. kenang Marc…

Kenapa Jorge Lorenzo Tidak memakai data Marquez ?

Dari perkataan Marc artinya Lorenzo dalam menghadapi masalah adaptasi dengan Honda gunakan setingan terbaik yang ada, dan memodifikasinya. Saat itu memang motor Honda juara dunia di tangan Stoner (2011) artinya itu adalah setingan terbaik, motor terbaik !. Jika mengikuti lagi kata-kata Marquez maka Lorenzo harusnya memodifikasi hal yang dengan mudah dilakukan. Lorenzo memakai motor yang ada dan menyesuaikan dengan cepat ( salah satu cara tercepat adalah ‘edit’ pengaturan motor Marquez yang ada sekarang)… Lorenzo minggu lalu harus terbang ke Jepang untuk merubah ergonomi motor. Dengan merubah bentuk motor perlu waktu lama dan proses panjang ( menurut Lorenzo memang lama).

Namun yang menjadi masalah apapun data yang ada di Honda ( Dani-Stoner-Marquez) tetap tidak sama dengan gaya balap Lorenzo. Bahkan jika dia memakai data terkini dari Marquez. Gaya balap mereka bertolak belakang. Marquez sangat-sangat agresif..!. Dan tidak salah jika Marc memakai data Stoner akan baik-baik saja, karena gaya balap mereka sama, beda dengan Lorenzo…

1 Comment

Leave a Reply