[MotoGP Tech] Knalpot ‘Slash Cut’ Model Baru Rossi di GP Catalunya, Power Naik ?

RiderTua MotoGP – Awal musim ini Yamaha fokus pada bagaimana membuat ban awet dengan merubah geometri motor dan elektronik. Namun setelah melewati seri Mugello akhirnya mereka sadar performa mesin yang mereka racik terlalu banyak di korbankan. Seperti dilansir todocircuito.com (10/11/18) Yamaha bekerja pada geometri untuk mengurangi ketegangan (tensi) pada ban belakang. Yamaha berubah dari motor yang tidak terlalu powerfull tapi menjadi motor yang sesuai dengan ban di setiap kondisi trek. Namun celakanya jika kondisi cuaca di trek berubah performa drop..  Untuk seri Catalunya tampaknya ada indikasi membenahi sektor performa mesin. Karena mesin disegel yang bisa dilakukan adalah mencoba ” korek” bagian luar. Untuk putaran ke-7 ini kita melihat knalpot ‘Slash Cut’ model baru Rossi di GP Catalunya…

Knalpot ‘Slash Cut’ Model Baru Rossi di GP Catalunya

Slash Cut muffler atau potong miring tujuannya adalah agar ujung knalpot sejajar dengan body motor dan motor terlihat ringkas dan bagus secara tampilan. Dilihat dari penampakan knalpot Slash Cut ( potongan miring) ini beda dengan yang sebelumnya adapun perbedaan secara visual adalah:

1. Diameter Muffler kecil

Diameter pipa knapot yang kecil, berpotensi membuat gas buang yang telah keluar dari mesin menghasilkan back pressure ( tendangan balik). Ketika terjadi tekanan balik. Sementara jika lubangya lebih besar, maka gas buang berpotensi keluar lebih bebas.

2. Arah gas buang kesamping atau menekuk

Ujung silencer model menekuk, cocok untuk putaran atas. Top speed lebih keluar, karena adanya gas buang yang tertahan agar tidak keluar langsung. Adanya back pressure ( tendangan balik) dengan model baru ini. Karena gas buang yang tertahan akan menciptakan tendangan balik.

Knalpot yang bagus desainnya akan memberikan tekanan balik yang tepat agar dapat menghasilkan power mesin yang optimal… Power naik.. Namun di Catalunya knalpot model baru itu tidak langsung dipakai ( uji coba). Karena Rossi juga masih memakai muffler model lama di beberapa kesempatan..

Be the first to comment

Leave a Reply