Honda Ingin Meniru Sayap Ducati di Argentina Tetapi Ditolak !

RiderTua MotoGP – Situasi di Kejuaraan Dunia MotoGP meningkat setelah penolakan protes oleh Honda, Suzuki, KTM dan Aprilia terhadap sayap belakang kontroversial Ducati GP19 setelah GP Qatar. Di Las Termas de Río Hondo sirkuit Argentina Repsol-Honda akan membawa spoiler di lengan ayun belakang agar bisa dipakai juga disana. Honda ingin meniru sayap Ducati di Argentina tetapi ditolak !

Honda Ingin Meniru Sayap Ducati di Argentina Tetapi Ditolak !

Tim Honda tidak diizinkan untuk memasang salinan ‘sayap’ spoiler Ducati yang kontroversial itu ke swingarm di Argentina. Dan Gigi Dall’Igna menekankan bahwa sayap akan menurunkan suhu ban sebesar 7 derajat.

Namun Honda melalui Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig dan Takeo Yokoyama, Direktur Teknis HRC, bersikukuh bahwa tujuan spoiler itu adalah menciptakan downforce. Menurut sebuah studi Honda mengungkap bahwa roda belakang ditekan dengan kecepatan tinggi dengan tekanan 4 hingga 6 kg di tanah ( downforce) dengan pengunaan sayap Ducati.

Gigi Dall’Igna, General Manager Ducati Corse berpendapat bahwa mereka telah menemukan bahwa sayap di swingarm menurunkan suhu ban belakang rata-rata 7 derajat. Itulah sebabnya mereka menggunakannya.

Dall’Igna berharap bahwa dalam balapan semua akan memakai spoiler belakang. Karena akan mendinginkan ban belakang. Ducati juga terinspirasi oleh sayap yang digunakan Yamaha di Valencia sebagai ‘deflektor air’ di tengah hujan. Namun, Ducati tidak pernah mencobanya di terowongan angin dengan sistem mereka karena tujuan Ducati bukanlah untuk mencapai efek aerodinamis. Ducati hanya ingin mencapai efek termal pada ban belakang. Mereka menguji ‘perangkat itu’ pada tes Qatar di lintasan. Tim Italia itu melakukan simulasi untuk mengetahui berapa banyak udara segar yang dapat mereka tempatkan di roda belakang.

Be the first to comment

Leave a Reply