Apakah Adil Cal Crutchlow Menjadi Pemenang Tim Independen MotoGP Qatar ?




RiderTua MotoGP – Seusai race MotoGP Qatar kemarin semua motor pemenang di pajang di area Parc fermé dimana itu adalah tempat tertutup khusus bagi para rider motogp yang menang berikut motornya untuk diwawancara. Podium GP Qatar 2018 kemarin diisi oleh pembalap Ducati Andrea Dovizioso, Marc Marquez Repsol Honda dan Valentino Rossi dari tim Movistar Yamaha. Namun disebelah barisan motor juara itu dipajang juga motor pemenang kategori Independent team dialah Cal Crutchlow dengan mesin Honda. Apakah adil Cal Crutchlow menjadi pemenang Tim Independen MotoGP Qatar ?

Apa itu Tim Independen

Jika mengacu pada kalimatnya idependent sendiri bermakna ‘bebas’ atau berdiri sendiri. Dimana kita mengenal yang namanya tim satelit. Ada pula yang mendefinisikan Tim Independen adalah semua tim yang tidak didanai langsung oleh pabrik. Lalu apa masalahnya dengan pemenang kategori tim independen kemarin di Qatar ?

Rasa Adil

Terkait dengan siapa yang menang yaitu Cal Crutchlow mungkin jika ini benar bahwa Cal adalah “milik” HRC. Dia adalah pembalap di lintasan yang memakai motor setara dengan pembalap resmi yaitu Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Demikian juga hal yang sama terjadi pada Danillo Petrucci dia memakai spek yang plek ketiplek dengan Dovi dan Lorenzo. Terlepas dari masalah penyelesaian di trek akan beda untuk tiap rider. Secara kualitas materi ( motor) sebenarnya tidak apple to apple jika Cal dan Petrucci di adu dengan pembalap satelit bukan? Dalam hal ini Johann Zarco.

Alat ukurnya adalah Performa

Karena hakekatnya yang juara adalah pembalap dengan performa motor dan rider yang paling ciamik. Tanpa motor yang bagus pembalap tidak akan bisa apa-apa. Untuk menang butuh keserasian dua paket (pembalap dan motor). Jika Cal dan Petrucci ibarat tim resmi maka Zarco adalah tim satelit murni.  Dan melihat urutan rider “Satelit Murni” atau Pure Independent Team maka Johann Zarco seharusnya kemarin yang juara tim satelit.

Tentunya pihak penyelenggara lebih pandai dalam merumuskan konsep pemenang tim non pabrikan ini. Akan tetapi berangkat dari spek motor maka seharusnya Crutchlow dan Petrucci tidak diikutkan dalam kelompok tim independen. Karena ibarat mereka adalah tim pabrikan dengan seragam berbeda saja .. IMHO..

 



10 Comments

  1. menurutku Dorna merumuskan bahwa tim independen itu tim diluar pabrikan tidak melihat spek motor ataupun perikatan dengan pembalap hanya pada bendera yang menaunginya dan ini sama dengan konsep Open class dulu dimana honda pake RCV1000 sedangkan yamaha pake M! spek pabrikan cuma beda di ECU saja.
    intinya sih suka-suka Dorna dia yang punya hajat kalo gak suka ya jangan nonton lah

  2. dasar blogger goblok! penyembah garpu karat dan penjilat silit situa rosilit,
    all fby dan seluruh kroni gobloknya tdk akan pernah ikhlas jika HONDA selalu lebih unggul drpd garpukarat, selamanya yamaho akan jadi pecundang , termasuk elu si RT fumiyem dongo, ekekekek
    ciao … njing

    • Jangan kabar begitu Bila anda Muslim yakin ada malaikat yang mulia selalu mencatat kata-kata dan perbuatan kita apalagi hanya untuk membela brand sangat tidak setimpal dengan balasan di akhirat…

  3. Yaaa intinya sihh sama kaya nastro azuro honda..
    Bajunya satelit tapi package nya pabrikan, gak cuma motornya termasuk tim crew nya tapi kalo cal sama danilo package nya pabrikan cuma tim crew mayoritas masih dari LCR sama pramac sendiri
    Tali apapun alasannya secara tim tetep satelit beda di status rider aja yg dapet kontrak pabrikan

  4. Wahahaha….kalo kita mau mendebat kata “adil” di dunia sport entertaiment..jadi terlalu jauh pak……..begitu tim satelit yamaha di berikan spek motor factory tapi masih tetap kalah,,nanti bapak bilang lagi tidak adil karna hal2 yang lain nya…..

    Sy pikir sih yang seharus nya jadi pertanyaan…kenapa yamaha tidak mau memberikan motor spek factory ke satelite nya…untuk mengejar ketertinggalan dari satelite honda dan ducati (crutc & petrux)….bukan malah meributkan pabrikan yang berani kasi spek mesin factory ke satelite nya…

    ;D

  5. Yang komentarnya pedas mungkin baru kenal sama blognya pak RT, saya yang sudah jadi silent reader kurang lebih 5 tahunan mah adem ayem bacanya. Dari jaman pak RT aktif nulis, terus fakum lama karena sakit, lalu sekarang aktif nulis lagi. Sehat terus pak RT.

  6. Supportnya Pak RT yang factory, tp kelir team nya kan tetap satelit, dan seandainya yg finish ke~4 itu adalah Pedrosa, ke~5 adalah vinales, Zarco ke~6, dan Cal ke~7 maka yg wjb hdr di ferme adalh zarco.

Leave a Reply