Bangkitnya Vespa Legendaris Balap Skuter SEI GIORNI !!

Arti SEI GIORNI

SEI GIORNI atau lengkapnya Sei Giorni Internazionale, adalah bahasa Italia artinya Six Days atau Enam Hari. Mengacu pada ajang adu ketahanan sepeda motor (Six Day International of Enduro). Adalah balapan paling prestisius yang pernah diikuti Vespa yang digelar pada tahun 1952 di Varese- Italia  Utara. (Gambar dibawah). Jadi Sei Giorni = Six Days = Enam Hari …
Saat ini pabrikan itu berusaha bernostalgia dan varian baru ini menandai bangkitnya Vespa legendaris balap skuter SEI GIORNI ..!!

Six Day International of Enduro ke -26
Six Day International of Enduro ke -26

Sei Giorni adalah Scooter racing

Sei Giorni memang diciptakan khusus buat kompetisi dan ini merupakan cikal bakal motor performa di kelasnya (saat itu). Model desain luarnya memang standart seperti skuter vespa biasa pada umumnya. Yang membedakan adalah dimensi tangki bahan bakar berukuran besar, bagian deck sayap skuter atau ebek-ebeknya lebih ramping, dan bagian penutup mesin samping berukuran besar tujuannya untuk menutupi bagian karburator.

1952 Vespa Sei Giorni
1952 Vespa Sei Giorni

Hanya diproduksi 300 di Dunia

Sei Giorni adalah salah satu varian yang paling legendaris dalam sejarah Vespa. Dilahirkan untuk berpartisipasi dalam setiap ajang reli (rata-rata). Karena spesial maka di dunia ini hanya sekitar 300 yang diproduksi, dan sekarang merupakan salah satu Vespa paling berharga yang dicari para kolektor. Material Vespa balap ini tentunya memakai banyak perhitungan selain kokoh part yang dipakai pastinya pilihan.

Vespa Sei Giorni
Vespa Sei Giorni

Legenda Sei Giorni lahir kembali

Era modern tentunya reborn sebuah varian akan beradaptasi dengan kemajuan jaman. Terutama menyangkut regulasi lingkungan tentang emisi dan tingkat kebisingan. Varian New Sei Giorni dilengkapi dengan mesin yang powerful dengan basis Vespa GTS.

Vespa Sei Giorni dashboard
Vespa Sei Giorni dashboard

Spesifikasi New Sei Giorni

  • Perpendingin air( radiator)
  • 4 stroke
  • 4 valve – Satu Silinder SOHC
  • Electronically controlled injection(EFI)
  • Kubikasi : 278 cc
  • Power : 21HP @7,750 rpm
  • Torsi : 22,3 Nm @ 5,000 rpm
  • Berat : 160 kg

Yang menjadi ciri khas New Sei Giorni ini adalah lampu utama depan ada di fender depan bagian bawah.. tidak dijumpai pada merek lain. Dan beratnya 160 kg …!!
Harga di luar negeri sekitar 95 jutaan ( kalau sudah diimport pastinya mencapai dua kali lipatnya)

Vespa Sei Giorni belakang
Vespa Sei Giorni belakang
Vespa Sei Giorni 2018
Vespa Sei Giorni 2018

 

1 Comment

Leave a Reply