Yamaha NMAX Jadi Motor Listrik, Mungkinkah ?

Yamaha Nmax 2018 Matte Black
Yamaha Nmax 2018 Matte Black

Yamaha NMAX Jadi Motor Listrik – Kendaraan ramah lingkungan atau rendah emisi beberapa tahun terakhir ini mengalami peningkatan yang tajam. Populasi kendaraan ber-BBM semakin hari semakin banyak. Dan hal ini dikhawatirkan akan memperburuk tingkat polusi udara dan suara. Bagaimana dengan Yamaha NMAX akankah ada rencana dibuat versi motor listriknya ?

Baca juga: Tampilan Jok Yamaha Nmax Diubah Semakin Kece

Kompetitor Start Duluan

Sebut saja Viar yang mengeluarkan motor listrik Q1. Meskipun regulasi tentang kendaraan listrik di Indonesia belum final, mereka sudah berhasil menjual ratusan unit sejak pertama kali diluncurkan bulan Juni 2017 lalu. Viar Q1 dibanderol Rp 16,2 juta (OTR Jabodetabek).

Kemudian ada Honda yang menurut bocoran bakal menjual Honda PCX terbaru 2018 versi hybrid untuk pasar di ASEAN termasuk Indonesia. Untuk harga PCX hybrid ini belum keluar (karena emang belum lauching kan ?). Tapi perkiraan sih sekitar Rp 30 juta-an atau malah dibawahnya.

Tanggapan Yamaha

Melihat sang rival abadi (Honda PCX) sudah menjual versi hybrid, ada kemungkinankah Yamaha akan membuat NMAX versi listrik atau hybrid ?

Eddy Ang selaku Deputy GM Marketing PT. Yamaha Indonesia Motors Manufacturing mengatakan

“Teknologi semakin berkembang, tapi kalau ke depannya kita tidak bisa bicarakan sekarang. Tapi anyway Honda punya PCX Hybrid mungkin harga merupakan faktor utamanya, syukur-syukur harganya bisa rendah”

Pak Eddy menambahkan bahwa ada yang harus diperhatikan dan dipelajari sebelum melangkah membuat motor listrik. Masalah regulasi pemerintah  yang belum rampung hingga pengadaan infrastruktur kendaraan listrik yang belum memadai di Indonesia.

Kemarin sempat menguji coba motor listrik Yamaha E-Fino, tapi hasi rekapannya masih dievaluasi. Masih panjang jalan menuju realisasi motor listrik ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*