MotoGP : Akibat Boyong Jorge Lorenzo, Ducati Gagal Punya Tim Moto3..



RiderTua.Com— Impian sebuah tim pabrikan di balapan kelas para Dewa tentunya punya pasukan lengkap disemua kelas dari kelas Moto3, Moto2 dan pastinya MotoGP, hanya beberapa tim saja yang punya laskar disetiap kelas..seperti yang masih hangat adalah tim baru pabrikan  KTM..
Bahkan keyakinan itu terungkap dari Boss balap Ducati….

“Saya yakin jika Ducati  memiliki motor di kelas Moto3 akan lebih baik , tapi kita harus melakukannya selangkah demi selangkah” Kata  Gigi Dall’Igna.

Namun rencana Ducati untuk terjun di Kejuaraan Dunia Moto3  akhirnya harus ditunda dulu karena tim harus menyambut  dan mempersiapkan dukungan penuh kepada bintang rider baru dan juara dunia tiga kali di kelas premier  Jorge Lorenzo, sehingga dengan masuknya Lorenzo maka segala daya uupaya berikut dana akan tersedot untuk dia, fokus buat Jorge Lorenzo…atau mungkin gajinya yang kelewat tinggi kali ya…

Walau sangat tertarik dengan rencana itu namun terpaksa harus keluar dari planing mereka.. hal ini diungkapkan oleh CEO DUCATI, Claudio Domenicali saat launching tim MotoGP mereka bulan yang lalu dimana sejatinya mereka sangat berminat punya tim di kelas Moto3 ( kelas 250cc) namun akhirnya yang terjadi adalah keluar dari rencana semula…

“Kelas Moto3 adalah kategori yang sangat menarik, namun saat ini sudah diluar dari rencana kami,  rencana itu baru dibicarakan dalam tingkat departemen balap saja dan tidak dengan seluruh perusahaan…. Jadi belum masuk dalam rencana perusahaan sejauh ini…Saya juga tidak menampik bahwasanya turun di kelas moto3 itu akan sangat menarik dari sisi sport, karena dengan itu akan dapat menjadi tempat tumbuhnya rider-rider muda dan tim bisa membimbing mereka dan membawa mereka ke kategori puncak ,bahkan jika perlu dibuat kelas Moto2 sebagai kelas antara.. ” Kata Claudio Domenicali

Saat jalani tes Sepang,  General manager Ducati Corse Gigi Dall’Igna merasa sangat yakin Moto3 akan menjadi sebuah langkah yang baik.

“Saya yakin Ducati akan lebih baik jika memiliki motor di Moto3, tapi kita harus melakukan secara bertahap…..Sebelum Moto3  kita harus menyelesaikan proyek di kelas MotoGP dulu…ketika kita cukup oke di sana, kita bisa membuat dasar untuk kelas Moto3.”

Secara teknis, Dall’Igna yakin membuat mesin berkapasitas kecil tidak akan menjadi masalah bagi Ducati, yang terkenal dengan mesin besar V-Twins, dan mesin Moto3 akan aplikasikan sistem katup desmodromic-nya yang terkenal itu..



1 Comment

Leave a Reply