Categories: Otomotif

Ini Yang Harus Dilakukan Setelah Mobil Terendam Banjir

Ini Yang Harus Dilakukan Setelah Mobil Terendam Banjir. Musim hujan datang musim banjir pun ikutan datang. Dan karena banjirnya lumayan tinggi tak jarang sampai membuat kendaraan anda terendam.

Baca juga : Tips Berkendara Diwaktu hujan…

Tips Jika Mobil Habis Terendam Banjir

Jika kena banjir hanya ‘cetek-cetek’ saja atau hanya sebatas setengah dari ban sih ya gak masalah. Lah kalo mobil terendam hingga hanya terlihat kaca mobilnya atau terendam seluruhnya gimana donk ? Berikut sedikit tips untuk anda :

  1. Segera lepaskan kabel aki pada mobil anda untuk mencegah korsleting. Jika terjadi konslet maka bisa membahayakan komponen penting pada mobil.
  2. Jika harus memindahkan mobil maka harus didorong. Trus langsung non aktifkan rem tangan dan ganjal ban mobil menggunakan batu atau apapun.
  3. Masukkan perseneling ke gigi 1. Rem mobil kan biasanya masih rem tromol tuh. Nah, hal ini bisa mencegah kanvas rem tangan tidak menempel karena habis terendam air cukup lama.
  4. Cek semua oli baik oli mesin maupun oli transmisi. Ada baiknya anda menguras oli tersebut. Karena ada kemungkinan oli tercampur dengan air. Jangan sayang jika gak mau mobil anda rusak.
  5. Kemudian kuras tangki bensin untuk menghindari karat karena bensin tercampur dengan air. Keringkan busi, saringan udara (air filter), karburator, koil, alternator, delco (distributor), kabel-kabel dan semua sistem kelistrikan secara menyeluruh. Pastikan semua komponen diatas benar-benar kering.
  6. Cek bagian audio seperti head unit. Namun speakernya sudah pasti rusak karena bagian depan terbuat dari bahan yang gak boleh terkena air.
  7. Lalu copot semua jok, doortrim, karpet dan semua bagian interior yang basah. Cuci bersih dan pastikan benar-benar kering juga. Ini bisa mencegah timbulnya bau, jamur dan karat.
  8. Jika yang terendam mobil yang sudah menggunakan komponen ECU (engine control unit) maka mau tidak mau anda harus membawa ke bengkel resmi. Karena ECU ini sangat sensitif dan inilah ‘otak’nya mobil jaman now. Kemungkinan besar komponen ini rusak karena terendam air. Belum lagi power stering-nya, ABS-nya, sistem lain yang serba canggih itu.
  9. Setelah semua kering dan dipasang kembali. Coba nyalakan mesin dengarkan apakah ada yang suara aneh yang enggak beres gitu. Ada baiknya anda sedikit menginjak pedal gas agar pengeringan sistem rem bisa dipercepat.
  10. Tips terakhir (kalo dana sudah mencukupi) bawa mobil anda ke bengkel untuk diperiksa oleh sang ahlinya. Dan satu lagi dibawa ke salon mobil juga OK tuh, biar mobil tampil kinclong kembali dan wangi.

Dan jika rumah anda menjadi langganan banjir maka ada baiknya ungsikan mobil anda. Atau anda mau membungkus mobil kayak foto di bawah ini ?


mobil-dibungkus-plastik-agar-tak-basah-dan-kotor-terkena-banjir

 

This post was last modified on 2 Desember 2017 21:21

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

MG Motor Kembali Tampilkan Maxus 9 Walau Belum Dijual

RiderTua.com - MG Motor telah menghadirkan tiga mobil ramah lingkungan di Indonesia, terdiri dari dua model BEV dan satu model…

3 Mei 2024

Wuling Cloud EV Jadi Lawan Baru Bagi BYD Dolphin

RiderTua.com - Wuling baru saja mengumumkan pemesanan Cloud EV, termasuk estimasi harga dan pengiriman unitnya ke konsumen. Mobil listrik ini…

3 Mei 2024

Seres E1 Masih Bisa Terjual Ratusan Unit Tiap Bulannya

RiderTua.com - Seres E1 baru dijual selama lebih dari setahun di Indonesia, dan menjadi mobil ramah lingkungan pertama dari DFSK.…

3 Mei 2024

Valentino Rossi : Jika Terlihat Lemah di Depan Marc Marquez, Dia Cenderung ‘Melahap’ Kita!

RiderTua.com - Valentino Rossi yang hadir di paddock melihat dengan mata kepala sendiri ketika Marc Marquez vs Pecco Bagnaia duel…

3 Mei 2024

Skutik Baru Yamaha Fluo 125 Buatan Indonesia ini Harganya Bikin Kaget

RiderTua.com - Memang ini merupakan Yamaha FreeGo yang lama, tapi skutik buatan Indonesia ini diekspor ke Brasil dengan nama Yamaha…

3 Mei 2024

Peugeot Hentikan Penjualan Mobilnya di Indonesia?

RiderTua.com - Peugeot telah hadir di Indonesia selama lebih dari tiga tahun, walau mereka baru menjual tiga model. Ketiganya terdiri…

3 Mei 2024