Tips Berkendara Diwaktu hujan…

Bro rider sekalian sekarang musim hujan kan… walaupun kadang hujan gak bisa kita perkirakan kapan pastinya, tapi bagi sebagian dari kita terutama yang sering bepergian/touring… ( touringrider 🙂 ) tentunya bukan hal yang menjadikan halangan untuk tetap memacu,membelah lebatnya hujan dengan motor kita…kalau ditunggu mah bisa2 nggak nyampe rumah dong… tapi walaupun sebagian dari brother sekalian sudah tau tentang  bagaimana cara berkendara yang aman di waktu hujan..  mungkin ini sebagian akan melengkapi pengetahuan kita bersama….

Nah berikut yang perlu kita perhatikan kalau hujan :

lumpur jalan
jalan licin bro hati-hati….

Pada saat hujan pertama kali atau hujan rintik2 itulah saat yang paling berbahaya karena lintasan/jalan masih kotor sehingga kemungkinan slip lebih besar… menepilah barang 5~10 menit sehingga jalan sudah bersih oleh lumpur,kalaupun bro nekat minimal kurangilah kecepatan ( semakin cepat resiko jatuh semakin besar..)

kubangan

Sebisa mungkin menghindari genangan air karena kita tidak tahu seberapa dalam genangan air itu.. kalau terpaksa harus melewati berkendaralah dengan pelan… atau bisa dengan cara melihat kendaraan lain yang melintasinya mobil misalnya sehingga kita jadi tahu daerah mana yang aman untuk dilewati.

lintasan KA
Lintasan KA licin diwaktu hujan

Nah ini juga tak kalah bahayanya bila hujan apalagi rintik2 bahkan di tempatku ada yang tidak tegak lurus dengan jalan perlintasanya…banyak makan korban dah,kalau hujan…

marka jalan
Marka jalan… jangan sepelekan.. !

Kalau ini juga jangan disepelekan bro… kalau hujan mending jangan dilewatilah karena permukaan jalan yang dicat & kena kotoran/lumpur sama licinnya….be careful juga.

Mungkin Bro sekalian punya pengalaman lain….?  Safety Riding bro…

road safety

Comments Via Facebook

comments

Avanza vs xpander

Hasil Akhir Penjualan LMPV November 2017, Xpander Mulai Buntuti Avanza

Hasil Akhir Penjualan LMPV November 2017 Xpander Mulai Buntuti Avanza – Hasil penjualan LMPV di bulan November sudah dirilis oleh Gaikindo. Ternyata Mitsubishi dengan Xpander-nya sudah mulai menunjukkan ‘taji’nya pada saingannya. Seperti apa? Share this:TweetLike [ Baca Lagi...]

23 Comments

  1. wah bagus juga infonya gan …

    sayah pernah jatoh waktu ujan, tapi bukan naek motor, waktu jalan kaki kepleset …

  2. pernah kepleset di kubangan air pas malem hari hujan deres, pandangan didepan gak jelas n gak tau medan berlubang padahal dah pelan, mudah2an gak terulang lagi

  3. ane pernah jatuh pas gerimis2…..jatuh terparah itu..sampai meninggalkan bekas luka juga….jadi sekarang kalo gerimis mending pelan aja..kalo ujan ngk masalah..selain ban udah beradaptasi dengan suhu jalan….lintasan juga ngk selicin pas grimis :mrgreen:

  4. salam kenal masbro…
    nambahin aja pak..perlu diwaspadai marka jalan, terutama yang masih baru alias tebal..
    biarpun gak ujan, kalo kelindas ban, kerasa geal-geol, karena permukaan cat marka tidak menyerap air, alias licin.
    kalo terpaksa melindas marka (tapi jangan sering2 ya), hindari mengerem pas posisi motor melinda marka…alamat liar handlingnya..gubrak deh…
    emang marka jalan tidak didesain untuk dilindas kok, tapi sebagai tanda… :mrgreen:

  5. kalo gw sih lbh sering liatnya mobil yg kecelakaan pas ujan.. yah meski motor berpotensi banget juga. Kalo ujan gini, wajib sering servis dah..

  6. touring pada musim hujan dilakukan siang hari maupun malam hari kurangi kecepatan dan hindari genangan air di jalan kemungkinan terdapat lubang atau jalan yang rusak.
    pada saat saya tulis komentar ini saya baru saja pulang solo touring Bali-jogjakarta dengan kondisi cuaca musim hujan…alhamdulillah sampai rumah dengan selamat kalau kita hati2 dan waspada,jangan terlalu dekat dengan kendaraan lain dan bila merasa kedinginan lebih baik berhenti untuk istirahat…sambil nunggu hujan reda….bila benar2 lelah cari penginapan atau kalau terpaksa tidur di masjid/mushola jangan lupa minta ijin sama takmirnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*