GSX-R750 1985 Hyper Endurace, Mesin Paling Bandel dan Tangguh

Ini adalah generasi pertama GSX-R 750, awal dari sepeda motor sport dengan kubikasi besar dengan mesin berpendingin minyak (oil-cooled engine) yang diaplikasikan pertama kali pada  GSX-R 750. Dan hingga pada eranya saat itu dialah model dengan penjualan tertinggi dari kelas super sport yang mengadopsi Frame aluminium yang hanya khusus digunakan buat  pembalap setelah RG 250 Γ(Gamma), GSX-R (400).

Suzuki GS 1000 R di tahun 1983 memenangi lomba ketahanan(endurance) dunia dan meraih gelar paling bergengsi dengan dua penampilan dan menjadi berita utama pada saat itu, mulai saat itu regulasi menjadi lebih ringan dimana fairing pun tidak diperbolehkan sebelumnya,  oil cooler juga dianggap kurang bagus.

Dengan kata lain, berkat deregulasi penggunaan full fairing dan mesin dengan oil-cooled juga lebih leluasa, namun yang menakjubkan bukan hanya tampilan yang terlihat seperti motor balap, namun juga mesin dengan oil-cooler & aluminum double cradle frame yang lebih ringkas menjadi trnd menarik. Bobotnya hanya 179 kg… dan power 107 Hp( Versi Jepang hanya 77 Hp) membuat varian ini menjadi spesial.
Tentu kecepatannya tidak sebanding dengan saingannya, GSX-R 750 mendapat tiga kali kemenangan berturut-turut di All Japan Road Race Championship (1985-1987) dengan rider Satoshi Tsujimoto dan Yukiya Ohshima… dan tidak terbatas pada domestik Jepang saja namun juga di luar negeri, tidak ada kata GSX-R 750 tidak bisa menang.
Pada tahun 1986, mengalami perubahan/penambahan pada bagian undercarriage dan GSX-R 750 R dirilis sebagai model balap yang bersejarah dan mencatatkan banyak kemenangan.

Berikut cuplikan kelebihan dari GSX-R750 ( Katalog)

 

Comments Via Facebook

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*