“Tipuan” Kapasitas Tangki Motor bagi Orang Awam….!!!

Bukan penipuan dalam arti sebenarnya hal ini RT cermati saat berbincang dengan orang yang membandingkan boros tidaknya motor hanya dari seringnya ke POM bensin… terlihat memang masuk akal namun setelah RT amati wong kapasitas tangkinya saja beda…

Rata-rata yang dikeluhkan konsumen adalah… baru ngisi 3 hari yang lalu kok meter bensin sudah setengah yah… ??? nah konsumen menggunakan patokan konsumsi berdasarkan level meter indikator= kapasitas tangki… yang lebih salah kaprahnya dibandingkan dengan merk lain dengan kapasitas tangki yang jelas beda… apa mungkin konsumen kebanyakan akan kepikiran sampai ke “Mileage” per kilometernya…??? rata-rata gak kepikiran sampai kesana … pokoknya sering ke POM ya boros…!!!
Masukan nih buat pabrikan kalau mau bikin motor “irit” pakai tangki galon air 18 liter saja…biar gak sering ke POM bensin..dan konsumen ‘awam’ akan bilang uuuiirittt rekkk .. 😀

VarianTangki
beat3,5 liter
Xeon4,1 liter
Soul GT4,8 liter
mio J4,8 liter
Spacy5,5 liter
Vario 1255,5 liter
Supra x3,7 liter
MX4,0 liter
Spx Helm-in5,6 liter

Comments Via Facebook

comments

57 Comments

  1. Jangan gede2 juga pak RT,, kalo d tempat saya tangki besar sering disalahgunakan buat dijual lagi k pihak tertentu (mungkin industri atw ap saya nga tau jelasnya),,, dulu sebelum pembelian bensin dengan dirgen dilarang, hal ini jarang terjadi, tapi setelah dilarang, tangki2 montor/mobil banyak yg dirombak, jadi kalo antri d pom bensin lama banget.. (mudah2an ini cuma terjadi d daerah saya aj, nga d tempat kebanyakan..)

    • ditempat ane ada yg beli pake jerigen,, buat dijual lagi..
      soalnya pom bensin sangat jarang.. kan repot kalo bensin abis tapi pom bensin masih jauh..

  2. Kalau aku ngitungnya bulanan, ukuran tangki nggak pengaruh. Hanya terasa sering apa nggak thok. Cuma mau ngisi 20rb di supra helm-in injeksi kok susah ya. Lama habisnya, terus sampai dibawah yg merah saja masih belum muat.

  3. tangki besar tp cc besar ya sama saja boros cpt habis bensinnya, apache dan xroad kapasitas tangkinya sampe 17 liter aj sering mampir ke pom bensin…skrg lg tren jd pelansir BBM krn tangkinya lbh besar dr punya thunder 125

  4. gak juga om… kalo yg saya amati jarang orang isi bensin motor full-tank.. paling isi 10 rebu-an atau 2-3 liter aja.. jadi ya logis aja kalo makin sering ke pom dianggep boros (tergantung jarak harian juga sih…)..

  5. tapi pak asumsi awam ada benernya juga dikit, karena umumnya atau rata-ratanya orang beli bensin untuk motor kelas bebek atau metik itu klo nggk 10ribu sampai 15ribu patokannya, jarang ada yang pakai patokan kapasitas tangki.

  6. gak usah ributlah klo orang pakai motor pasti mau irit dibanding harus naik mobil pribadi dan angkutan umum. gitu aja repot. yang punya warung super lebay. titik. pemilik warung koplo banget

    • yahh ada komentator cerdas nih.. sampek-sampek mulut tangkinya soak.. ngapain low ngatain pak de koplo. lo tuh yang koplo… pak de kan cuma ngasih wawasan apa yang sering terjadi di lapangan tuh seperti itu plo koplo..

      • gak usah panas lo bosok memang bigitu adanya kok pakai dibahas segala beog lo. sama koplonya seperti pemilik warungnya.

      • lo yang koplo begitu sih gak usah pakai wawasan dari pemilik warung orang bodoh seperti lo dll juga semua tau bocah super koplo

  7. gak gitu ah pak RT.. nih permisalan ane..
    ane biasa beli bensin 20rebu pake bebek a.. pemakaian normal kekantor… abis setiap seminggu,,
    lalu ane ganti skutik b isi bensin juga sama 20 rebu,, pemakaian sama,, tapi abis setiam 5 hari sekali..
    nah ini indikator boros2an.,, bukan kapasitas tangki bensin,, orang awam juga gak ada yg ketipu..

  8. Mau boros ke yg penting gw suka ma motor yg gw beli, dan gw ga pake premium gw pake shell…..kalo mau irit pake SEPEDA

  9. supra 125 th. 2006. beli premium 10rb cuman untuk 100km (speedometer) termasuk irit gak?
    gak pakai ecoriding. gas poll selama jalan didepan kosong… kalau rame ya ngerem 😀

  10. kebiasaan orang tempat ane beda mabah, ngukurnya dengan hari contohnya sekali ngisi 10 ribu, itu cukup untuk berapa hari. klo cukup untuk seminggu berarti motornya irit….:) klo cuma dua hari berarti boros ngga perduli jarak tempuhnya yah diibaratkan kerja harian hehe….

  11. yup bener mas…dl FU dibilang boros…padahal tu karna tanki cm 4,9ltr mesin 150cc…pertamax bisa 40+kpl
    nah kalo salah satu motor irit kasusnya cuma nipu di tanda bintang kan…orang dah taw…yar kata tankinya cm 3,5..tapi 1liter dapet berapa?hayo

  12. inget beda motor beda mesin,rider,kapasitas,dll. bensin boros dari mesin tergantung kompresinya, tahan panasnya, olinya dll. ridernya gimana mainin gasnya, beratnya, dll. kapasitas pasti dah tau. solusinya banyak tuh diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*