Secara Dimensi & Populasi Siapa Yang Berpotensi Biang Kemacetan…!! Motor atau Mobil..??

Kendaraan semakin lama semakin tak terkendali saja..tiap hari ratusan unit kendaraan baru memenuhi jalanan bak air bah… tak lain hal ini karena kemudahan dalam mendapatkannya serta didukung oleh kurang memadahinya prasarana transportasi umum.. dan lebih memilih kendaraan pribadi…

Namun secara dimensi dan kuantitas penjualan.. siapa yang semakin cepat memadati jalanan..???

Dimensi mobil sejuta umat :  (luas= 6,7 m² )—>MPV
– Panjang : 4120 mm
– Lebar : 1630 mm
– Tinggi : 1685 mm

Dimensi motor sejuta umat :  (luas= 1,3 m²)—> bebek
– Panjang : 1889 mm
– Lebar : 702 mm
– Tinggi : 1094 mm

Perbandingan luas mobil : motor = 1 : 5

Tahun 2011 motor yang berhasil dijual sekitar 8 juta unit,sedangkan mobil 800ribu unit… melihat luas mobil yang 5 kali lipatnya … artinya dimensi motor-motor baru ( 8jt : 5 =  1,6jt unit) masih memadati 2 kali lipatnya di jalanan dibanding mobil baru(0,8jt unit)…!!! CMIIW

Comments Via Facebook

comments

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP dengan Ram Air, Tembus 200 PS !!

Kawasaki ZZR 1400 Mesin MotoGP ? Kawasaki ZZR 1400 pertama kali secara resmi muncul di Tokyo Motor Show 2005. Kemudian tahun 2006 mulai mengaspal. Merupakan varian flagship dari Kawasaki ZX-12R. Namun tidak semua performa bisa [ Baca Lagi...]

35 Comments

  1. Siiip secarah dimensi… Emang lebih kecil motor pak RT…
    Tapi coba di hitung dengan variabel… Kenyamanan dan daya angkut…
    Motor pasti kalah dengan R4…

    Tapi dari segi lajur jalan dengan luas sama akan di isi motor dengan kemampuan… Yg di tak sebanding… Dengan R4…
    Jadi kenapa trasportasi masal… Menjadi pilihan mutlak…

    Tapi kita rasional…
    Transportasi massal realitanya…
    Opsi terbaik adalah motor… Tapi jika transportasi massal bagus… Motor bukan pilihan… Mutlak…

  2. siapa yg salah.. bukan mobil atau motor nya.. tp sopan santun berlalu lintas si DRIVER nya… gan… 😯

    maaf agak OOT… nyesel BBM premium gak jadi turun.. akhirnya PERTAMAX naik.. yg ada si kaya dan si miskin (beneran ntah jadi2an) saling berebut premium.. dan adanya sj alasan untuk membenarkan perilakunya… kalo begini.. biar rakyat sj yg menentukan siapa yg berhak.. skali lg.. bukan masalah HAK.. tp siapa yg lebih BERHAK.. 😯

  3. Hm… bicara kemacetan tidak afdhal jika tidak memasukkan unsur manusia sebagai pengguna kendaraan.. 😀

    So, bagaimana jika dengan analisis seperti ini pak?

    Dimensi
    motor:mobil = 5:1
    daya angkut —> 5(2):1(7) = 10:7. Artinya 10 orang dijalanan bisa diangkut oleh 5 motor yang dimensinya sama dengan 1 mobil, tetapi mobil cuma bisa angkut 7 orang.
    Kenyataannya =
    1. Banyak mobil diisi oleh 1-3 orang saja
    2. Banyak motor diisi oleh lebih dari 2 orang

    jadi, setelah melihat kenyataan diatas =
    5 motor = 10 orang, 1 mobil = 3 orang —–> motor:mobil = 10:3. artinya Pada dimensi yang sama, motor membawa 10 orang dijalanan, sedangkan mobil cuma 3 orang.

    kesimpulan:
    Pada kenyataannya, pada dimensi yang sama, motor mengangkut penumpang lebih banyak daripada mobil.. lebih banyak penumpang yang diangkut brarti lebih sedikit ruas jalan yang digunakan oleh pengguna motor dibandingkan oleh pengguna mobil.

    So, siapakah biang kemacetan sebenarnya?
    MOBIL!!!!

    • gak bisa gitu jua bro… motor dinaekin lebih dr 2 orang Itu Udah salah… sedangkan mobil dinaekin 1 orang memang pemborosan… tapi jika nanti sampeyan mampu beli mobil masa mau tetep ngangkut 3 orang pake motor? yakin keluarga sampeyan dipertaruhkan hanya untuk mengejar ongkos murah ketimbang bawa mobil?

      • Hehehe.. analisa doank bro, terlepas salah ato nggak penggunaannya.. Ane jg kadang pake mobil kok. temen ane jg banyak pake mobil, ya berdasarkan hal itulah ane bisa bilang klo dihubungkan dengan jumlah orang yang biasa dibawa, ya Mobil adalah biang kemacetan.

        Syukur aja ane disini g kenal yang namanya macet luar biasa kayak kota besar.

      • terlepas dari punya dan tidak punya mobil lho bro… hehehee… Lha saya jua rider sekaligus driver… tapi lebih suka naek motornya kalo cuma sndiri atau ber 2… jika belum ada mobil biasanya pandangannya jadi berbeda… seng penting tekan. .. safety nomor 10….

    • SETUJUU….kadang mobil isinya cuma Sopir sama joknya doang,,,,
      blum lagi faktor pejalan kaki jg, angkot naik/turunin penumpang seenak dewek, penyebrang jalan, tukang gerobak, pedagang asong, tukang parkir, tukang sayur di pasar”pinggir jalan….

  4. dah lah.. yang mampu pilih mobil aja… gak usah menargetkan moge pak…. moge bagi saya sudah jadi mimpi aja yang gak bakal saya wujudkan… er6n? fz 16 saja deh… Lha hari minggu kemaren abis kecelakaan pake tuh motor… kaki sobek dan harus dijahit… dan divonis tidak boleh naek motor laki lagi selama 1 bulan… kecepatan 70kpj menabrak xenia yang berhenti mendadak gara 2 orang tolol yang menyebrang jalan ala superman… keadaan motor? saya pikir abyar dah motornya… minim baret eh Lha ternyata engga papa… cuma kopling patah,nopol depan tergores ama handgrip yang tergerus aspal (sepertinya design stang yang lebar, bentuk kopling yang aneh, dan footstep yang ada besi nya memungkinkan body motor termasuk spion dan riting aman)…. 3 orang saya suruh cek motor ternyata Gpp.. sampe saya sendiri engga percaya dan lihat sendiri motornya(yaa memang engga papa… baretpun tidak) yah itung 2 jadi engga mikir motor… tinggal mikirin kaki yang harus dijahit… ama biayanya… untung safety riding

  5. Itu tergantung kondisi jalan yang di lalui baik pengguna mobil maupun motor.jadi asumsi saya sama2 bikin macet.

  6. TIDAK MEMPERTIMBANGKAN JARAK KOSONG MOBIL KE SEKITARNYA?

    KALAU MOTOR PALING JUGA 30 CM SAAT RAPAT, MOBIL?

    SEKARANG LIAT AJA DI FOTO YG DIPASANG. BANYAKAN MOBIL ATAU MOTOR YG MAKAN TEMPAT?

  7. jangan dihitung perbandingan luasnya saja, kemampuan manuver motor lebih fleksible. Coba saja lihat miklolet yang berhenti posisi nanggung biar nggak disalip mobil lain dipastikan mobil dibelakangnya MACET. Lain halnya motor walaupun ada 1 motor yg posisi berhentinya nanggung motor dibelakangnya biasanya masih bisa nyelip. Lain cerita kalau pas hujan deres banyak motor berhenti kolong jembatang makan badan jalan itu baru bikin macet. 😀

    Kalau pernyataan motor menambah kemacetan saya setuju, karena motornya nggak bisa lewat karena didepannya ada mobil macet. 🙂 Tapi biang kemacetan tetep mobil. mobil mogok jalan macet. Motor mogok dorooooong……… 🙁 Mobil ringsek butuh waktu 2-3jam buat mindahin. Motor ringsek angkat ramerame….

  8. Paling nganyelke nek ono mobil neng ngarep,wis dalane cilik mlakune koyo keong,padahan ngarepe raono opo2.Koyo dalane mbah’e wae….

  9. Mungkin lebih mantap kalo dilihat populasi penyebarannya saja…
    Misalnya daerah yang sering macet kan kota-kota besar sedangkan di desa-desa relatif tidak pernah macet.
    Umpamanya di Jakarta, berapa populasi motor aktif dan berapa mobil aktif..(atau dilihat dari yang terjual juga gak pa pa deh)..nah baru dikalkulasi dengan dimensinya.

  10. yg bikin macet tuh dua”nya…katana indonesia nih msh negara berkembg…liat smua orang punya kendaraan…trus pajaknya dikorupsi lg?jalan rusak dibiarin bukan salah pemerintah…slah warga yg beli banyak kendaraan…jd di batasi cc nya sj…kl motor di batasi cc dan jenis….non matic pake injection..min 150cc…euro3…
    matic min spek pcx 125 euro 3

    • angkot ilangin..macam mane orang indonesia msh mo gaya dgn kendaraan baru?aya tambah macet lah?kl mau pemerintah memberikan speda gratis,pembenahan infrastruktur jalanan…tata kota di benahi….nah kl gtu kota nya aman dan bersih…makin betah tinggal di indonesia..bikin peraturan seketat singapura….pasti sby di puja deh?hehe….dr pd korupsi mulu?

  11. ngebandingin motor vs mobil, ga akan ada ujungnya. masing2 punya kelebihan.
    Yg bikin macet bukan kendaraan ato lingkungannya.
    tp lebih kepada perilaku pemakai jalan, dan manajemen angkutan massal yg ga manusiawi. Sy sndiri jg jd pemotor lebih krn angkutan umum ga mndukung u/ aktifitas harian.

  12. Yang Jelas FAKTANYA (bukan mengandai – ngandai) … contohnya nih yah : Jika ada Car Free Day ( alias hari tanpa Mobil) di jamin 100% lenggang tidak macet walaupun semua yang punya motor bawa tuh motor …tetap aja lenggang ……. apalagi truck juga di larang masuk dalam kota di jamin tambah lowong.

    • ada yang berani taruhan mana yang lebih lenggang alias tidak macet ….bikin kontes aja car free day vs motorcycle free day .. wani piro ? 😀

  13. yg bikin macet tuh pasar tumpah, angkot umum ngetem, kadang2 angkot umum dah nyalip dari kanan tau2 maen potong k kiri buat nurunin/naekin penumpang, apalagi yg balapan angkot rebutan penumpang, guila bgt dah..

  14. katakan untuk yg naik mobil:
    you are not stuck in traffic, but you are traffic!

    yg paling keren emang bus… 1 bus bisa ngangkut puluhan orang wkwkwk

1 Trackback / Pingback

  1. Penjualan Motor vs Mobil [AISI September] | mansarpost

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*