Categories: MotoGP

Skor Pembalap MotoGP di COTA: Marquez 5, Acosta 10

RiderTua.com – Penampilan memukau rookie Pedro Acosta di GP Amerika sungguh mengesankan. Bagaimana tidak, rider GasGas Tech3 itu dengan gagah berani duel melawan sederet rider top sehingga bisa meraih podium keduanya pada debutnya di MotoGP. Selain itu, comeback kuat Maverick Vinales (Aprilia) untuk merayakan kemenangan juga sungguh luar biasa. Balapan di COTA musim 2024 ini juga diwarnai banyaknya rider yang crash.

Dan inilah skor dari masing-masing rider MotoGP dalam penampilannya di COTA 2024:

  • Maverick Vinales – 10
    Sebelumnya Vinales menganggap kemenangannya di sprint Portimao adalah penampilan terbaiknya sejak bergabung dengan Aprilia. Tapi performa pembalap berusia 28 tahun itu dalam sprint di COTA jauh lebih mengesankan. Rider Spanyol itu mendominasi setiap lap setelah memecahkan rekor lap dengan catatan waktu 2 menit 01 detik untuk pertama kalinya di Q2. Di balapan utama hari Minggu, Vinales dipaksa bekerja keras saat dia terdorong keluar jalur dan merosot ke posisi 11 di tikungan pertama, namun dia menampilkan balapan terbaik dalam karirnya untuk kembali ke lintasan. Vinales memastikan kemenangan balapan setelah menyalip Acosta di lap ke-13.
Marc Marquez – Pedro Acosta

Skor Pembalap MotoGP di COTA: Marquez 5, Acosta 10

  • Pedro Acosta – 10
    Setelah menempati barisan depan pertamanya di kualifikasi, Acosta kembali tampil impresif sehingga mampu finis di posisi ke-4 dalam sprint. Usai tampil kuat di kualifikasi dan sprint, rider asal Murcia Spanyol itu kembali tampil sensasional di balapan utama. Dia finis ke-2 dan menjadi penantang paling konsisten untuk memenangkan balapan.
  • Enea Bastianini – 8.5
    Seperti rekan setimnya Pecco Bagnaia, Enea Bastianini mulai mundur sebelum bergerak maju dalam sprint karena masalah ban belakang membuatnya kehilangan posisi 5 besar. Hanya Vinales yang memiliki kecepatan balapan akhir yang lebih baik dari anak asuh manajer top Carlo Pernat itu saat dia meraih podium grand prix kedua berturut-turut.
  • Jorge Martin – 8.5
    Martin mengalami dua kali crash pada fast lap pembukaannya di kualifikasi, namun penampilannya di sprint kurang lebih sama seperti di Qatar dan Portimao ketika dia mempertahankan rekor podium 100% pada 2024 sehingga berhasil finis di posisi ke-3. Podium ada di depan mata Martin, hilang ketika dia melakukan kesalahan pada dua lap menjelang balapan berakhir sehingga memungkinkan Bastianini yang memiliki kecepatan lebih, untuk lolos.
  • Pecco Bagnaia – 7
    Start dari posisi ke-4, Francesco Bagnaia memposisikan dirinya dengan baik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dalam sprint. Tetapi start yang buruk hanyalah awal yang sulit bagi sang juara bertahan itu dalam balapan 10 lap tersebut. Masalah cengkeraman belakang membuat Pecco tidak bisa mencapai kecepatan yang biasanya saat dia hanya finis ke-8. Cepat di awal balapan 20 lap, rider pabrikan Ducati itu menunjukkan potensi podium sebelum akhirnya finis ke-5. Bukan akhir pekan yang dia inginkan karena Martin, Vinales, Acosta dan Bastianini semuanya mendapatkan poin darinya.
  • Fabio Di Giannantonio – 7
    Setelah menyerah pada lap pertama dalam sprint race karena masalah teknis, Diggia mampu menebusnya dengan mengamankan P6 yang sangat solid pada balapan hari Minggu.
  • Aleix Espargaro – 7
    Seperti yang terjadi pada sprint pembuka tahun ini di Qatar, Aleix Espargaro menunjukkan kecepatan yang mengesankan saat balapan berlangsung, dengan menempati posisi ke-5. Di balapan 20 lap, rider berusia 34 tahun itu kembali dikalahkan oleh Vinales saat hanya finis di posisi ke-7.
  • Marco Bezzecchi – 6.5
    Akhir pekan terkuat Marco Bezzecchi di musim 2024. Rider VR46 itu tampil kuat sebagai pembalap yang kerap bertarung di lini depan pada 2023. Namun Bez hanya berhasil menempati posisi ke-8 di balapan utama.
  • Brad Binder – 6
    Dibayangi lagi oleh Pedro Acosta, Brad Binder mengalami mimpi buruk di COTA dibandingkan dengan rival perebutan gelarnya. rider Red Bull KTM itu hany finis di posisi ke-9 di grand prix dan ke-12 di sprint.
  • Raul Fernandez – 7
    Untuk kedua kalinya dalam beberapa balapan, rider Trackhouse Aprilia itu berhasil finis di 10 besar musim ini.
  • Miguel Oliveira – 6
    Finis di posisi ke-11 dalam kedua balapan, Oliveira berharap bisa lebih baik lagi di balapan kandang tim. Rider asal Portugal itu juga menjadi yang terakhir dari 4 Aprilia di kedua balapan di COTA.
  • Jack Miller – 6
    Pada awalnya, Miller menjadi pesaing podium, namun rider KTM itu mengalami penurunan ban terbesar saat dia mengalami kerusakan parah.
  • Fabio Quartararo – 6
    Pembalap teratas dengan motor Jepang, Quartararo menunjukkan kecepatan yang konsisten tetapi itu tidak cukup untuk mendekati 10 besar.
  • Franco Morbidelli – 6
    Setelah sprint yang kuat, Morbidelli tampak siap untuk mendapatkan hasil yang kuat lainnya. Namun rider Pramac itu tersingkir lebih awal sehingga menambah perolehan poin.
  • Marc Marquez – 5
    Marquez kembali naik podium dalam sprint. Meskipun performanya sangat kuat dalam sprint, rider Gresini itu tidak memiliki kecepatan yang setara dengan Vinales yang mematahkan perlawanannya pada lap ketiga. Ingin mengejar posisi ke-2 dalam sprint, Marquez tampaknya akan menantang kemenangan sebelum tersingkir saat memimpin di tikungan 11.
  • Augusto Fernandez – 4
    Pada hari di mana rekan setimnya Acosta kembali menampilkan performa luar biasa, Fernandez kesulitan untuk memberikan kesan yang sama. Hal yang sama terjadi setelah tersingkir dari sprint.
  • Alex Marquez – 4
    Akhir pekan yang tak terlupakan bagi adik Marc Marquez, Alex menyelesaikan sprint di posisi ke-14 sebelum crash di balapan utama. Pembalap Gresini itu melakukan remount untuk mengklaim P15.
  • Luca Marini – 4
    Pembalap yang finis di posisi paling belakang, Marini tertinggal 33 detik dari pemenang dan menjadi satu-satunya pembalap Honda yang finis di kedua balapan berturut-turut.
  • Alex Rins – 3
    Sama seperti Marc Marquez yang gagal finis, sebagai pemenang COTA musim lalu Rins mengalami akhir pekan yang sangat sulit di atas Yamaha M1.
  • Johann Zarco – 3
    Akhir pekan terburuk bagi Honda. Zarco pun gagal finis usai mundur dari balapan karena masalah teknis. Dalam sprint, pembalap LCR itu juga crash.
  • Joan Mir – 2.5
    Mir juga gagal menyelesaikan kedua balapan di Texas.
  • Takaaki Nakagami – 2.5
    Seperti Mir, Nakagami ingin segera melupakan COTA karena dia juga tersingkir di kedua balapan.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Chery Omoda 7 Punya Potensi Untuk Dijual di Indonesia

RiderTua.com - Chery akhirnya memperlihatkan Omoda 7 kepada publik beberapa hari lalu. Mobil SUV ini menjadi model terbaru dari line-up…

30 April 2024

Marc Marquez, Joget dan Panjat Pagar : Sekarang Saya Mengenal Motor Ducati Lebih Baik

RiderTua.com - Marc Marquez menjalani tes hari Senin di Jerez selama 8 jam. Bagi pendatang baru tim Gresini Ducati itu,…

30 April 2024

Mazda akan Merilis CX-90 di Indonesia?

RiderTua.com - Mazda kini memiliki line-up mobil SUV yang cukup lengkap di Indonesia, baik model entry level maupun premium. Salah…

30 April 2024

Chery Dkk Sudah Siap Menjual Mobil Hybrid di Indonesia

RiderTua.com - Chery memang telah sukses dalam menjual mobil listriknya di Indonesia, yaitu Omoda E5. Dengan 3 ribu unit yang…

30 April 2024

Suzuki Siap Menjual Mobil Listrik Pertamanya Tahun Depan

RiderTua.com - Suzuki telah menghadirkan sejumlah mobil ramah lingkungan di pasar global. Hanya saja belum ada satupun yang merupakan mobil…

30 April 2024

Enea Bastianini : Serangan di Lap Terakhir Berhasil

RiderTua.com - Usai crash saat sprint pada hari Sabtu, awalnya Enea Bastianini menjalani balapan utama dengan relatif hati-hati sebelum menyalip…

30 April 2024