Categories: MotoGP

MotoGP Sekarang Resmi Menjadi Milik Liberty Media

RiderTua.com – MotoGP sudah resmi menjadi milik Liberty Media, bebrapa hari yang lalu mereka meresmikan akuisisi Dorna dalam operasi senilai sekitar 4,2 miliar euro (71,8 triliyun).

Dengan selisih waktu kurang dari lima menit dari rumor di beberap media, Liberty Media dan Dorna Sports mengumumkan kesepakatan yang kemungkinan besar akan mengubah, sekali lagi, dinamika balap motor. Meskipun tanggal 1 April adalah ‘April Fool’s Day’ atau hari lelucon di sebagian besar negara Eropa, namun operasi ini sangat serius.

MotoGP Sekarang Resmi Menjadi Milik Liberty Media

Perusahaan Amerika, yang sudah menjadi pemilik hak Formula 1, akan mengeluarkan sekitar 4,2 miliar euro untuk mengakuisisi Dorna, pemilik Kejuaraan Dunia MotoGP sejak 1992, dan yang juga akan mengendalikan Kejuaraan Dunia Superbike dan MotoE. Dengan manuver ini, Liberty mengakuisisi 100% saham perusahaan Spanyol, 40% Bridgepoint, dana Kanada yang mengakuisisi saham tersebut pada tahun 2006 – membelinya dari CVC Capital Partners – dan 38% dana pensiun Kanada (CPPIB). 22% sisanya dibagi ke berbagai eksekutif Dorna, dengan Carmelo Ezpeleta (10%), CEO, sebagai figur utama.

Formalisasi ini memakan waktu lebih lama dari perkiraan kedua belah pihak, mengingat syarat-syarat tersebut telah disepakati cukup lama.
Sebenarnya, ide awalnya adalah mengkomunikasikan operasi ini sebelum balapan pertama MotoGP pada awal Maret.

Namun perusahaan-perusahaan Amerika mengambil “rem tangan” karena otoritas antimonopoli Komisi Eropa mungkin akan melakukan intervensi.
Terlepas dari itu, ketika menganalisis insiden ini, kita perlu menunggu dan melihat bagaimana reaksi Brussel dalam waktu dekat.

Menyoroti bahwa CVC mengendalikan kedua kejuaraan (F1 dan MotoGP) hingga undang-undang antimonopoli Eropa memaksa dana Luksemburg untuk meninggalkan salah satu dari dua kejuaraan (MotoGP) Penting untuk dilakukan.

Pada tahun 2022, tahun keuangan terakhir yang tercatat dalam daftar komersial, Dorna Sport mencapai omset sebesar 474,8 juta euro, meningkat 33% dibandingkan tahun sebelumnya (2021), yang diikuti dengan dampak kerugian sebesar 7,8 juta euro.

Juga pada tahun 2022, perusahaan Madrid membiayai kembali utangnya sebesar 975 juta euro, meningkatkan likuiditasnya dan memungkinkannya mendistribusikan dividen sebesar 390 juta euro kepada pemegang saham.

Kebebasan selalu menjadi jalan pilihan, namun kebebasan bukanlah satu-satunya jalan. Perusahaan ini juga mencakup Qatar Sports Investments, dana kekayaan negara Qatar, dan TKO, grup media dan hiburan yang memiliki hak atas kejuaraan olahraga tarung UFC, dan masih banyak lagi.

Pecco Bagnaia

Alternatif yang ditawarkan oleh Liberty memberikan kepastian lebih untuk memastikan transisi seorganik mungkin. Tidak mengherankan jika posisi kunci di Kejuaraan Dunia MotoGP tetap berada di tangan Ezpeleta dan putranya Carlos (direktur olahraga), mungkin untuk jangka waktu yang ditentukan dalam kontrak.
Bagaimanapun, karyawan Liberty diperkirakan segera tiba di paddock MotoGP, apalagi balapan berikutnya akan digelar di Amerika Serikat dan dijadwalkan berlangsung di sirkuit Austin pada 14 April.

Dengan hadirnya Liberty, jelas raksasa hiburan tersebut ingin mengulangi, dengan sedikit nuansa, kesuksesan yang diraihnya setelah mengambil alih F1 pada tahun 2016.

Serangkaian perubahan di semua tingkatan dan paparan suatu sektor melalui platform massal seperti Netflix telah mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan serial dokumenter Drive to Survive, yang bertepatan dengan krisis ini, namun momentumnya melambat.

Pada saat yang sama, kalender semakin berkembang dan semakin banyak jejaknya ditemukan di Amerika Serikat, wilayah yang telah lama dicari oleh Dorna.

This post was last modified on 2 April 2024 19:19

Tags: motogp
ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Motor MotoGP Sekarang Semakin Berat

RiderTua.com - Aleix Espargaro telah menyatakan keprihatinannya atas tenaga ekstra yang diperlukan untuk mengendarai motor MotoGP dalam jarak balapan karena…

18 June 2024

Honda Spacy Makin Modern dengan Teknologi Baru, Mesin Mirip BeAT

RiderTua.com - Honda Spacy ternyata masih dijual di pasar China, baru saja mendapat pembaruan di model 2024 dengan mendapat teknologi…

18 June 2024

Honda dan Mitsubishi Bakal Mendirikan Perusahaan Baterai EV?

RiderTua.com - Baik Honda maupun Mitsubishi sama-sama memiliki mobil listrik unggulannya sendiri. Mereka dapat mengembangkan mobil ramah lingkungan dengan kualitas…

18 June 2024

Wuling Siap Luncurkan Mobil Terbarunya Bulan Ini?

RiderTua.com - Line-up Wuling di pasar global cukup bervariasi, dari mobil MPV, sedan, SUV, sampai hatchback dan city car. Mereka…

18 June 2024

Daihatsu Sigra yang Masih Kuasai Segmennya Bulan Lalu

RiderTua.com - Meski Daihatsu tidak mencatatkan hasil penjualan sebanyak Toyota, mereka masih memimpin penjualan di sejumlah segmen. Seperti di segmen…

18 June 2024

Pembaruan di Sektor Mesin Untuk Motor Sport Honda CBR250RR

RiderTua.com - Distributor dan produsen motor Honda di Malaysia, Boon Siew Honda baru saja merilis motor sport CBR250RR model 2024-2025,…

18 June 2024