Categories: MotoGP

MotoGP Sekarang Resmi Menjadi Milik Liberty Media

RiderTua.com – MotoGP sudah resmi menjadi milik Liberty Media, bebrapa hari yang lalu mereka meresmikan akuisisi Dorna dalam operasi senilai sekitar 4,2 miliar euro (71,8 triliyun).

Dengan selisih waktu kurang dari lima menit dari rumor di beberap media, Liberty Media dan Dorna Sports mengumumkan kesepakatan yang kemungkinan besar akan mengubah, sekali lagi, dinamika balap motor. Meskipun tanggal 1 April adalah ‘April Fool’s Day’ atau hari lelucon di sebagian besar negara Eropa, namun operasi ini sangat serius.

MotoGP Sekarang Resmi Menjadi Milik Liberty Media

Perusahaan Amerika, yang sudah menjadi pemilik hak Formula 1, akan mengeluarkan sekitar 4,2 miliar euro untuk mengakuisisi Dorna, pemilik Kejuaraan Dunia MotoGP sejak 1992, dan yang juga akan mengendalikan Kejuaraan Dunia Superbike dan MotoE. Dengan manuver ini, Liberty mengakuisisi 100% saham perusahaan Spanyol, 40% Bridgepoint, dana Kanada yang mengakuisisi saham tersebut pada tahun 2006 – membelinya dari CVC Capital Partners – dan 38% dana pensiun Kanada (CPPIB). 22% sisanya dibagi ke berbagai eksekutif Dorna, dengan Carmelo Ezpeleta (10%), CEO, sebagai figur utama.

Formalisasi ini memakan waktu lebih lama dari perkiraan kedua belah pihak, mengingat syarat-syarat tersebut telah disepakati cukup lama.
Sebenarnya, ide awalnya adalah mengkomunikasikan operasi ini sebelum balapan pertama MotoGP pada awal Maret.

Namun perusahaan-perusahaan Amerika mengambil “rem tangan” karena otoritas antimonopoli Komisi Eropa mungkin akan melakukan intervensi.
Terlepas dari itu, ketika menganalisis insiden ini, kita perlu menunggu dan melihat bagaimana reaksi Brussel dalam waktu dekat.

Menyoroti bahwa CVC mengendalikan kedua kejuaraan (F1 dan MotoGP) hingga undang-undang antimonopoli Eropa memaksa dana Luksemburg untuk meninggalkan salah satu dari dua kejuaraan (MotoGP) Penting untuk dilakukan.

Pada tahun 2022, tahun keuangan terakhir yang tercatat dalam daftar komersial, Dorna Sport mencapai omset sebesar 474,8 juta euro, meningkat 33% dibandingkan tahun sebelumnya (2021), yang diikuti dengan dampak kerugian sebesar 7,8 juta euro.

Juga pada tahun 2022, perusahaan Madrid membiayai kembali utangnya sebesar 975 juta euro, meningkatkan likuiditasnya dan memungkinkannya mendistribusikan dividen sebesar 390 juta euro kepada pemegang saham.

Kebebasan selalu menjadi jalan pilihan, namun kebebasan bukanlah satu-satunya jalan. Perusahaan ini juga mencakup Qatar Sports Investments, dana kekayaan negara Qatar, dan TKO, grup media dan hiburan yang memiliki hak atas kejuaraan olahraga tarung UFC, dan masih banyak lagi.

Pecco Bagnaia

Alternatif yang ditawarkan oleh Liberty memberikan kepastian lebih untuk memastikan transisi seorganik mungkin. Tidak mengherankan jika posisi kunci di Kejuaraan Dunia MotoGP tetap berada di tangan Ezpeleta dan putranya Carlos (direktur olahraga), mungkin untuk jangka waktu yang ditentukan dalam kontrak.
Bagaimanapun, karyawan Liberty diperkirakan segera tiba di paddock MotoGP, apalagi balapan berikutnya akan digelar di Amerika Serikat dan dijadwalkan berlangsung di sirkuit Austin pada 14 April.

Dengan hadirnya Liberty, jelas raksasa hiburan tersebut ingin mengulangi, dengan sedikit nuansa, kesuksesan yang diraihnya setelah mengambil alih F1 pada tahun 2016.

Serangkaian perubahan di semua tingkatan dan paparan suatu sektor melalui platform massal seperti Netflix telah mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan serial dokumenter Drive to Survive, yang bertepatan dengan krisis ini, namun momentumnya melambat.

Pada saat yang sama, kalender semakin berkembang dan semakin banyak jejaknya ditemukan di Amerika Serikat, wilayah yang telah lama dicari oleh Dorna.

This post was last modified on 2 April 2024 19:19

Tags: motogp
ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Pedro Acosta : Tak Ada Pembalap KTM yang Berani Mengeluhkan Getaran Pada Motor?

RiderTua.com - Seperti pada seri sebelumnya, penampilan Pedro Acosta di Le Mans juga membuat kagum. Rookie tim GASGAS Tech3 itu…

17 Mei 2024

Subaru Catat Kenaikan Penjualan Mobilnya di Q1 2024

RiderTua.com - Meskipun Subaru kembali hadir di Indonesia, mereka telah menghadirkan sejumlah mobil disini. Dari SUV sampai mobil sport, semuanya…

17 Mei 2024

Mobil LCGC Daihatsu Tetap Memimpin Penjualan Bulan Lalu

RiderTua.com - Daihatsu dan beberapa merek mobil lainnya di Indonesia mengalami penurunan penjualan yang cukup signifikan pada April lalu. Beberapa…

17 Mei 2024

Mitsubishi Yakin Target Penjualan Mobil Tahun Ini Bisa Tercapai

RiderTua.com - Mitsubishi mengalami penurunan penjualan mobil yang cukup drastis di Indonesia pada bulan lalu. Tidak hanya mereka saja, banyak…

17 Mei 2024

Kawasaki Meguro K3 : Model Klasiknya Masih Dipertahankan, Harga Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Sejak tahun 1960-an, Kawasaki dan Meguro sudah lama menjalin kerja sama yang sampai sekarang pun juga masih merilis…

17 Mei 2024

Honda, Yamaha dan Aprilia Melakoni Tes di Mugello

RiderTua.com - Sesuai aturan konsesi yang baru, sebagai pabrikan yang menempati peringkat D Honda dan Yamaha memiliki kebebasan untuk melakukan…

17 Mei 2024