Categories: MotoGP

Stefan Bradl : Akan Ada Beberapa Kelonggaran Bagi Yamaha dan Honda

RiderTua.com – Tim penguji MotoGP dari Ducati, Honda dan Aprilia melakukan tes selama 2 hari (Selasa dan Rabu) di Jerez. Test rider HRC Stefan Bradl mengungkapkan, “Tahun ini kami bekerja untuk tahun depan. Tidak ada hal besar yang akan terjadi saat ini, kecuali ada hal lain yang dapat kita temukan dengan cepat dan dikatakan, ‘Tidak masalah, kami dapat langsung menerapkannya’.”

“Perbedaan antara spesifikasi yang saya miliki di pit dan apa yang para pembalap kendarai sekarang di tim balap, akan menjadi lebih besar di akhir tahun karena kami mencoba hal yang berbeda. Kami sudah mencoba konfigurasi mesin baru yang tidak bisa digunakan pada musim 2023. Bagi kami, sekarang fokusnya pada 2024,” imbuh rider asal Jerman itu.

Stefan Bradl : Akan Ada Beberapa Kelonggaran Bagi Pabrikan yang Tertinggal

Mengingat situasi Honda saat ini, dimana Marc Marquez berada di peringkat 14 di Kejuaraan Dunia sebagai pembalap RC213V dengan posisi terbaik di klasemen MotoGP meskipun mengalami banyak cedera, sekali lagi Bradl menekankan, “Apa yang kami lakukan di sini akan membutuhkan lebih banyak waktu. Saya tidak bisa membayangkan Honda bersaing memperebutkan gelar juara dunia tahun depan jika kita melihatnya secara realistis.”

Stefan Bradl

Namun masih ada secercah harapan bagi para penggemar Honda. “Hal itu selalu terjadi karena olahraga ini bergerak sangat cepat meskipun sekarang tampaknya kesuksesan beruntun Ducati tidak akan berakhir begitu cepat. Tetapi juga akan ada perubahan peraturan yang diberlakukan pada tahun depan, dan produsen yang kurang beruntung akan mendapatkan beberapa kelonggaran,” kata pembalap berusia 33 tahun itu.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta sendiri mengemukakan gagasan untuk membantu produsen yang kesulitan dengan memberikan konsesi. Pembicaraan tidak resmi pertama terjadi di Assen pada akhir Juni antara Dorna dan mereka yang bertanggung jawab atas 5 pabrikan motor yang diwakili di MotoGP.

Bradl menambahkan, “Akan ada beberapa kelonggaran bagi pabrikan yang sedikit tertinggal dan itu terutama akan mempengaruhi program pengujian. Saya tidak tahu persis seperti apa bentuknya nanti. Yang saya tahu adalah bahwa ini sedang diperkenalkan dan telah disetujui oleh asosiasi produsen MSMA. Mungkin kami akan mendapatkan lebih banyak alokasi ban, karena kuota kami sebagai tim penguji saat ini cukup terbatas. Saat ini kami hanya memiliki dua trek uji di Eropa, yakni Jerez dan Misano, tidak ada lagi yang diperbolehkan. Tapi kami akan memposisikan diri kami secara berbeda tahun depan.”

Saat ini, sebuah pabrikan hanya menerima 200 ban per tahun untuk tim penguji MotoGP (tidak termasuk kuota untuk entri wildcard dan tes resmi untuk pembalap reguler). Pada musim 2022 dan tahun-tahun sebelumnya, sebanyak 240 ban dikirimkan ke tim penguji.

Untuk trek uji, pabrikan harus memilih 3 lintasan untuk setiap musim. Pada tahun 2023, Honda memilih Jerez, Misano dan trek kandangnya di Mobility Resort Motegi.

“Program tes saya tentu tidak akan berkurang tahun depan, malah semakin intensif,” kata Bradl, yang akan memasuki musim ke-7 sebagai tes rider dan pembalap cadangan Honda pada tahun 2024.

Masih banyak yang direncanakan tahun ini. “Kami akan mengadakan tes lagi di Jerez hanya dalam waktu kurang dari 3 pekan yakni pada tanggal 20 dan 21 November. Kami akan berada di sini lagi pada bulan Desember pada tanggal 19 dan 20. Saya juga akan berada di sana pada tes Valencia setelah akhir musim. Tapi menurutku tidak demikian sebagai pembalap,” pungkas Stefan Bradl.

This post was last modified on 6 November 2023 15:10

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Menguji Rem Jempol untuk Pertama Kalinya

RiderTua.com - Marc Marquez mencoba rem jempol di stang kiri Ducati GP23 pada tes hari Senin di Jerez. Rider Gresini…

2 Mei 2024

Fabio Di Giannantonio : Teknologi di MotoGP Saat Ini Luar Biasa, Saya Menyukainya

RiderTua.com - Semakin dekat pengumuman mengenai peraturan baru MotoGP, semakin terbuka perdebatan tentang teknologi di masa depan. Fabio Di Giannantonio dengan…

2 Mei 2024

Johann Zarco : Bukan Drama, RC213V yang Baru Tidak Ada Kemajuan

RiderTua.com - Pada tes MotoGP hari Senin di Jerez, 4 pembalap Honda Joan Mir, Luca Marini, Takaaki Nakagami, dan Johann…

2 Mei 2024

Tesla Cybertruck akan Dikirim ke Indonesia Mulai Tahun Depan

RiderTua.com - Tesla telah memulai pengiriman Cybertruck di Amerika Serikat tahun lalu, meski untuk pasar global juga tengah dilakukan. Namun…

2 Mei 2024

Sergio Garcia : Saya Belum Masuk Radar Mana Pun!

RiderTua.com - Tak ada yang menyangka, pendatang baru tim MT Helmets - MSI,  Sergio Garcia (Boscoscuro) berhasil memimpin klasemen Kejuaraan…

2 Mei 2024

Wuling Hanya Sediakan Satu Varian Untuk Cloud EV

RiderTua.com - Wuling Cloud EV kini sudah bisa dipesan oleh konsumen Indonesia beberapa bulan setelah modelnya diperkenalkan ke publik. Mobil…

2 Mei 2024