Categories: MotoGP

Cal Crutchlow : Jika Marc Marquez di Ducati Balapan akan Membosankan

RiderTua.com – Untuk pertama kalinya sejak final musim tahun lalu di Valencia, Cal Crutchlow akan kembali ambil bagian dalam balapan di Motegi akhir pekan ini atau hampir 11 bulan kemudian. Meski demikian, tes rider Yamaha itu tidak khawatir akan bersaing melawan para pembalap muda di balapan nyata.

“Mereka seharusnya takut padaku. Karena terakhir kali aku berada di trek adalah pada bulan April dengan pembalap lain. Di Aragon dan di Motegi aku melakukan tes sendiri setelahnya. Jadi mereka harusnya khawatir, aku akan melewatkan titik pengereman di tikungan 1. Sekarang sepertinya ada penumpukan pembalap di tikungan 1 setelah start setiap minggunya. Jadi saya akan memulainya 5 detik lebih lambat, lalu mengambil 8 posisi di tikungan,” ujar Cal yang sudah menyiapkan strategi khusus untuk GP Jepang tapi dengan bercandyaaa.

Cal Crutchlow : Jika Marc Marquez di Ducati Balapan akan Membosankan

“Saya merasa baik-baik saja. Tentu saja, referensinya akan sedikit berbeda, tapi saya juga bukan pemula. Saya menantikan untuk melihat beberapa motor lain di trek, tidak hanya melihat seorang marshal yang duduk di tepi trek dan sibuk mengirim pesan kepada istrinya melalui smartphonenya,” imbuh Cal Crutchlow lagi-lagi dengan gaya banyolannya.

Menurut Yamaha, tujuan penggunaan wildcard Cal adalah untuk memajukan pengembangan. Namun tidak ada inovasi besar yang diharapkan pada M1 miliknya, selain tampilan spesial dari Yamalube RS4GP Racing Team. “Kami perlu memahami beberapa part dengan lebih baik. Ini bukan sesuatu yang belum kami uji, namun kami harus mulai memilah atau mempertahankan beberapa hal secara keseluruhan,” ujar rider berusia 37 tahun itu kali ini dengan nada serius.

Yang lebih menarik adalah pernyataan pembalap asal Inggris itu tentang masa depan mantan rekan semereknya di Honda, Marc Marquez. Juara dunia MotoGP 6 kali itu sendiri juga berhati-hati untuk tidak membuat komitmen yang jelas di Motegi, sehingga semua hanya bisa menebak-nebak.

Papa Willow itu mengungkapkan, “Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan jika saya menjadi Marc. Tetapi saya selalu mengatakan bahwa jika Marc pindah ke Ducati, semua orang tidak perlu bersaing lagi. Dan itulah alasannya, saya tidak ingin dia melakukan itu. Saya harap dia bisa membalikkan keadaan bersama Honda.”

“Saya tidak terlalu peduli, saya hanya ingin melihat balapan yang bagus di TV. Menurutku Marc tetaplah pembalap terbaik dan talenta terhebat yang pernah ada. Saya pernah mengendarai Honda yang sama dengannya. Saya tahu apa yang dia lakukan dan saya memahaminya. Tapi saya tidak bisa menerapkannya. Bakatnya luar biasa dan menurutku dia tidak kehilangan bakat itu.”

Marc Marquez – Alex Marquez – Gresini

“Saya hanya berpikir, motornya tidak mampu membuatnya bisa melakukan apa yang biasa dia lakukan. Jika motornya kompetitif, menurutku dia akan tetap berada di puncak kejuaraan. Jadi jika dia bergabung dengan Ducati, mungkin balapan akan sangat membosankan. Ceritanya lain jika dia kembali bersama Honda. Menurutku ini bisa menjadi cerita yang lebih baik untuk setiap orang.”

“Kami tahu Yamaha dan Honda bisa membangun motor terbaik di dunia karena mereka sudah melakukannya selama bertahun-tahun. Ducati sudah 15 tahun tidak menang, Aprilia belum menunjukkan konsistensinya, KTM baru saja mulai kuat. Itulah balapan.”

“Honda dan Yamaha adalah pabrikan yang kuat. Mereka tahu cara membuat motor, mereka punya insinyur yang bagus. Masalahnya adalah mereka harus mengubah cara mereka bekerja. Karena apa yang selalu mereka lakukan sekarang, gagal total. Aturan mainnya sudah berubah, itulah kenyataannya. Kami harus lebih terbuka, Yamaha tahu itu dan saya yakin Honda juga mengetahuinya. Jika mereka mulai bertindak lebih cepat, merespons dengan lebih baik, lebih tidak memihak dan mungkin tidak bermain terlalu aman, saya yakin mereka akan berhasil,” pungkas Cal Crutchlow.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Toprak Razgatlioglu : Tahun 2021 Saya Juara Dunia Tapi Tidak Secepat Sekarang

RiderTua.com - Pendatang baru BMW Toprak Razgatlioglu sukses 3 kali menang dan 6 kali naik podium dalam 9 balapan pertama…

3 Mei 2024

Ducati dan Tim Aruba akan Teken Perpanjangan Kontrak di Misano?

RiderTua.com - Kerjasama 10 tahun antara Ducati dan tim Aruba di Kejuaraan Dunia Superbike akan berakhir musim 2024. Pada April lalu,…

3 Mei 2024

Andrea Iannone : Jika Tidak Berada di Level Atas Saya akan Menyerahkan Motor ke Pembalap Muda

RiderTua.com - Setelah 4 tahun tidak membalap Andrea Iannone merasa terganggu dengan kenyataan bahwa rookie dari tim Go-Eleven itu tidak…

3 Mei 2024

MG Motor Kembali Tampilkan Maxus 9 Walau Belum Dijual

RiderTua.com - MG Motor telah menghadirkan tiga mobil ramah lingkungan di Indonesia, terdiri dari dua model BEV dan satu model…

3 Mei 2024

Wuling Cloud EV Jadi Lawan Baru Bagi BYD Dolphin

RiderTua.com - Wuling baru saja mengumumkan pemesanan Cloud EV, termasuk estimasi harga dan pengiriman unitnya ke konsumen. Mobil listrik ini…

3 Mei 2024

Seres E1 Masih Bisa Terjual Ratusan Unit Tiap Bulannya

RiderTua.com - Seres E1 baru dijual selama lebih dari setahun di Indonesia, dan menjadi mobil ramah lingkungan pertama dari DFSK.…

3 Mei 2024