Categories: MotoGP

Apakah Honda Memberi Takaaki Nakagami Kesempatan Ketujuh?

RiderTua.com – Setelah 5 tahun di MotoGP dengan hasil yang biasa-biasa saja, pada awal musim 2022 muncul spekulasi apakah Takaaki Nakagami harus mengosongkan tempatnya di tim LCR Honda?

Di sisi lain, sebagai runner-up Moto2 2022 Ai Ogura layak direkomendasikan untuk naik kelas. Tetapi pada saat yang sama, rider asal Jepang itu menyatakan bahwa dia tidak akan siap untuk terjun ke MotoGP pada 2023. Ogura memutuskan tetap berada di kelas menengah untuk tahun 2023 ini dan dianggap sebagai favorit gelar di musim ini.

Apakah Honda Memberi Takaaki Nakagami Kesempatan Ketujuh?

Namun Ogura mengalami crash di motorcross pada awal Maret lalu. Dia menderita dislokasi pergelangan tangan, tulang skafoidnya patah dan ligamennya juga mengalami kerusakan. Ogura langsung dioperasi di Barcelona. Dia absen pada dua tes pramusim dan balapan pembuka musim di Portimao pada akhir Maret lalu.

Pada seri kedua di Argentina, pembalap berusia 22 tahun itu kembali hadir namun tidak ikut balapan. Dia kembali balapan di Austin. Tetapi dalam 4 seri sejak saat itu, dia hanya mencetak 9 poin setelah finis di posisi ke-9 di Le Mans sebagai hasil terbaiknya. Untuk sementara waktu, rumor yang mengatakan jika Ogura kemungkinan besar akan menggantikan posisi Nakagami di Honda mereda.

Tahun lalum posisi Taka sudah berada di ‘tepi jurang’ dan Honda sedang mempertimbangkan untuk mentransfer Nakagami ke seri balap lain, misalnya Kejuaraan Dunia Superbike.

Seperti diketahui, Nakagami terjun di MotoGP sejak 2018 dan tidak pernah bisa memenuhi ekspektasi sepenuhnya. Tiga kali finis di posisi ke-4 yakni di Jerez 2020, Valencia 2020 dan Jerez 2021 adalah satu-satunya hasil terbaiknya. Selain itu dia juga berhasil meraih pole position pada tahun 2020 di Aragon, tetapi Nakagami crash hanya setelah melibas beberapa tikungan dalam balapan hari Minggu.

Sejauh ini peringkatnya di Kejuaraan Dunia adalah 20, 13, 10, 15 dan 18. Saat ini Taka berada di peringkat 16 di klasemen dengan 24 poin dari 12balapan. Nakagami yang notabene mengurus sendiri kontraknya, akan segera melakukan pembicaraan dengan manajer HRC Tetsuhiro Kuwata dalam waktu dekat.

Rider asal Chiba-Jepang itu menjelaskan, “Saya akan duduk bersamanya paling lambat di Sachsenring atau di Assen. Setelah Assen ada liburan musim panas yang panjang, aku terlebih dahulu harus tahu ke mana harus pergi. Saya ingin tahu pendapat mereka tentang masa depan saya. Prioritasku adalah bertahan di tim saya saat ini di Kejuaraan Dunia MotoGP. Aku belum punya paln B atau C.”

“Tidak diragukan lagi saya memiliki potensi untuk bertahan di paddock ini. Tapi saya tidak dalam situasi terbaik karena kami kesulitan dan mencari perbaikan pada motor. Saya tidak punya pilihan selain melakukan yang terbaik dan mencoba untuk menjadi kompetitif. Ini juga berarti saya bisa menikmati balapan,” imbuh pembalap LCR Honda itu.

Apakah saat ini HRC mengulur waktu karena ingin menunggu perkembangan Ogura, tapi berapa lama Nakagami bisa menunggu? “Saya harus mengetahui kejelasan kontrak selama liburan musim panas. Atau paling lambat awal September di Montmelo. Kita tahu tenggat waktuku sampai Montmelo. Sebelum kita melakukan pembicaraan terperinci, kita perlu mengambil langkah pertama ke arah itu,” jawab rekan setim Alex Rins itu.

Sebagai informasi, pada balapan bergengsi 8 jam di Suzuka pada awal Agustus, Nakagami akan absen karena berbenturan dengan jadwal MotoGP di Silverstone. Di ajang ini, Honda akan bersaing dengan dua pembalap Superbike Iker Lecuona dan Xavi Vierge serta Tetsuta Nagashima.

This post was last modified on 15 Juni 2023 07:48

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

BMW X2 Bakal Kembali Dijual di Indonesia?

RiderTua.com - BMW X-Series sudah menjadi salah satu jenis mobil yang menjadi andalannya selama ini. Beberapa model mampu mencatatkan hasil…

18 Mei 2024

BMW akan Luncurkan Mobil Baru di GIIAS 2024?

RiderTua.com - Sejauh ini BMW telah menghadirkan beberapa mobil baru di Indonesia, dengan model terbaru yaitu i5 yang dirilis bulan…

18 Mei 2024

Tesla Cybertruck Mulai Dijual di Indonesia?

RiderTua.com - Kehadiran Tesla Cybertruck sudah dinantikan oleh banyak orang di seluruh dunia. Bagaimana tidak, mobil pikap bergaya futuristik ini…

18 Mei 2024

Duel dengan Pecco : Marc Marquez Mendapatkan Kepercayaan Dirinya Kembali

RiderTua.com - Di lap terakhir GP Le Mans, Marc Marquez secara sensasional menyalip Pecco Bagnaia dan mengamankan podium ke-2. Namun…

18 Mei 2024

Motor Naked 125cc Harga Rp 54 jutaan, Honda Resmi Hadirkan CB125R

RiderTua.com - Honda Jepang baru saja merilis sebuah motor naked sangarnya yakni CB125R dengan mesin praktis. Motor yang juga hadir…

18 Mei 2024

BMW i-Series Mulai Banyak Terjual di Indonesia

RiderTua.com - BMW memang cukup sukses dalam menjual beberapa model seperti line-up SUV X-Series yang menjadi andalannya di Indonesia. Walau…

18 Mei 2024