Categories: MotoGPSuperbike

Kronologi Lepasnya Toprak Razgatlioglu dari Yamaha ke BMW

RiderTua.com – Dunia balap khususnya WSBK dibuat terkejut dengan hengkangnya Toprak dari Yamaha. Seakan tidak bisa dipercaya, pembalap yang membawa gelar untuk pabrikan Jepang itu lepas begitu saja. Namun banyak spekulasi sebagai pemicunya, selain performa motor Yamaha yang tidak ada peningkatan, hingga masalah tes MotoGP. Bagaimana kronologi lepasnya ‘berlian’ Yamaha itu ke BMW?.. Sabtu pagi di Barcelona, Andrea Dosoli mengatakan bahwa dia sangat yakin kerjasama dengan Toprak Razgatlioglu akan berlanjut setelah 2023. Yamaha telah meneken kontrak dengan rider asal Turki itu sejak 2020, dan mereka merayakan gelar dunia pada 2021. Toprak berhasil membukukan 31 kemenangan untuk pabrikan asal Iwata-Jepang itu.

Yamaha telah menawarkan kontrak yang menguntungkan kepada pembalap berusia 26 tahun itu, “Dia akan mendapatkan gaji lebih dari kebanyakan pembalap Superbike. Saya tidak bisa membayangkan pabrikan lain menawarkan sesuatu yang sebanding,” tegas Manajer Yamaha Europe Road Racing itu.

Masa Depan Toprak Razgatlioglu, Manajernya Bermain Api

Tetapi manajer Toprak, Kenan Sofuoglu mengatakan hal yang berbeda. Dia mengungkapkan bahwa mereka mendapat tawaran dari BMW dan juga sedang dalam pembicaraan dengan Kawasaki dan pabrikan di MotoGP. Pernyataan Kenan ini bikin para pengamat mengangkat alis dan menjadi buah bibir di paddock di Circuit de Barcelona-Catalunya akhir pekan lalu.

Tentu saja semua manajer pembalap top berbicara dengan berbagai pabrikan, karena itu memang pekerjaan mereka. Tapi itu hanya sebuah percakapan informal bukan tawaran konkret.

Sofuoglu mengatakan, dia tidak melakukan pembicaraan dengan Honda. Dan Ducati tidak lagi tertarik dengan Toprak setelah perpanjangan kontrak dengan Alvaro Bautista pada Kamis lalu (4/5/23).

Dengan Jonathan Rea, Kawasaki memiliki pembalap top bergaji tinggi yang terikat kontrak hingga akhir 2024. Sulit membayangkan Kawasaki mampu membeli dua pembalap yang mematok ‘harga’ tertinggi. Selain itu, tempat Rea di Kawasaki tidak akan tergoyahkan. Sejak kepergian Tom Sykes setelah musim 2018, Kawasaki telah memberinya ‘pembantu tetap’ Leon Haslam dan Alex Lowes.

Saat ini BMW memiliki 4 pembalap di bawah kontrak. Tetapi untuk Toprak Razgatlioglu, hanya tempat Shaun Muir di tim BMW Motorrad Motorsport yang memungkinkan. Musim ini, Scott Redding dan Michael van der Mark membalap di tim ini. Redding memiliki opsi untuk 2024 dan 2025. Jika dia menarik opsi ini, maka slot tim BMW sudah terisi. Karena van der Mark diunggulkan dan tidak bisa dideportasi ke tim Bonovo.

Selain itu, gaji Razgatlioglu sendiri akan menelan anggaran sebanyak gabungan gaji van der Mark dan Redding. Dan sponsor pribadi Toprak Red Bull, tidak cocok dengan sponsor utama BMW ROKiT. Itu sebabnya van der Mark dan Redding berhenti mempromosikan Monster tahun ini dan BMW harus membayar kompensasi untuk ini.

Ketika Sofuoglu mengatakan dia berbicara dengan pabrikan lain di Kejuaraan Dunia MotoGP, pernyataan itu agaknya sedikit ‘halu’. Karena di KTM, GASGAS, Aprilia dan Ducati kemungkinan tidak ada tempat untuk Toprak Razgatlioglu. Sementara di Honda hampir tidak memungkinkan.

Di sisi lain, peluang tempat di Yamaha MotoGP juga belum bisa dipastikan. “Karena kita hanya punya dua tempat, itu sulit,” aku Dosoli.

Selain itu, Toprak tentunya mendapatkan lebih banyak uang di Superbike. Di sana dia memiliki gaji yang jauh lebih tinggi dari Yamaha ketimbang saat dia menjadi salah satu dari sekian banyak pembalap MotoGP. Karena, bahkan juara dunia Fabio Quartararo mengalami kesulitan dengan M1 dan setelah 4 seri dan 8 balapan hanya berada di peringkat 11 di kejuaraan dunia.

Kenan Sofuoglu sedang bermain api. Fakta bahwa dia gambling dan tidak segera menerima tawaran pertama Yamaha adalah bagian dari trik kesepakatan. Tapi faktanya, Toprak Razgatlioglu tidak punya alternatif selain Yamaha. Hanya di Yamaha dia mendapatkan gaji tertinggi plus motor unggulan.

Toprak Razgatlioglu Dapat Pinangan dari Yamaha, Honda dan BMW

Tidak ada pembalap lain yang menerima tawaran sebanyak Toprak Razgatlioglu untuk 2024. Kabarnya, rider asal Turki itu telah menerima pinangan dari Yamaha, Honda dan BMW di atas meja. Mengingat, Jonathan Rea memiliki kontrak dengan Kawasaki hingga akhir musim 2024, sementara pada Kamis lalu Alvaro Bautista baru saja memperpanjang kontraknya dengan Ducati untuk tahun depan. Secara otomatis, banyak pabrikan yang berminat pada Toprak yang kontraknya dengan Yamaha habis akhir musim ini.

Manajernya Kenan Sofuoglu selalu bersikeras bahwa, dia terlebih dahulu akan membahas perpanjangan kontrak dengan Yamaha. Karena dengan pabrikan asal Jepang itu, Toprak sukses mengklaim 31 dari 33 kemenangannya dan memenangkan Kejuaraan Dunia Superbike 2021.

Yamaha melaporkan bahwa Toprak Razgatlioglu akan menerima tawaran kontrak terbaik dari pebrikan berlogo tiga garpu tala itu, yang pernah dibuat untuk pembalap Superbike. Jika pembalap berusia 26 tahun itu menerimanya, itu mungkin akan membuatnya menjadi pencari nafkah terbaik di paddock SBK. “Dia akan mendapatkan lebih dari kebanyakan pembalap MotoGP,” kata orang dalam Yamaha.

Seperti diketahui, manajer balap Yamaha Andrea Dosoli akan mengadakan pertemuan empat mata di Circuit de Barcelona-Catalunya dengan pihak Toprak. “Sekarang kami memasuki tahun ke-4 dan itu adalah perjalanan yang sangat sukses. Kami semua senang dan puas dengan kemitraan kami, ada niat dari kedua belah pihak untuk terus bersama,” ujar Dosoli.

Bos asal Italia itu menambahkan, “Kami mengetahui manfaat kerjasama kami dan menyepakati harapan dan tujuan yang ingin dicapai. Jadi saya yakin bahwa paket motor kompetitif kami, dukungan untuk tim, lingkungan baik di dalam maupun di luar pekerjaan, dan penawaran kontrak kami sangat kuat. Saya optimis kita akan terus bersama, sekarang hanya akan membahas detailnya. Tujuannya adalah untuk mengikat kontrak pada akhir bulan.”

Berapa banyak uang yang Yamaha tawarkan kepada Toprak? “Dia mendapat tawaran yang sesuai dengan nilainya sebagai pembalap baik di dalam maupun di luar lintasan. Toprak sangat populer kemanapun dia pergi. Karenanya, dia adalah aset penting bagi Yamaha. Dan menurut saya akan sulit baginya untuk menemukan paket seperti yang saya jelaskan kepadanya di tempat lain. Dengan tawaran kami, kami menunjukkan kepadanya betapa kami menghargainya,” jawab Dosoli sambil tersenyum.

Dosoli melanjutkan, “Bahkan jika pabrikan lain akan menawarkan uang lebih banyak kepada Razgatlioglu, kemudian kita berbicara tentang gaji pokok lebih dari 1 juta euro (Rp 16,5 miliar), tapi tidak ada jaminan kesuksesan di sana. Dan dengan kesuksesan datanglah bonus yang selalu disukai manajer Toprak.”

“Saat saya memenangkan balapan Supersport, saya mendapat lebih dari Johnny Rea. Jika saya yang kedua, saya tidak mendapat apa-apa,” kata Sofuoglu.

Di Yamaha, Razgatlioglu memiliki kemungkinan yang realistis untuk meningkatkan gaji pokoknya secara signifikan dengan bonus performa, jauh lebih sulit jika bergabung di Kawasaki atau BMW.

“Untuk para pembalap ini bukan hanya masalah uang. Kita juga harus tahu apa yang memotivasi mereka. Toprak adalah pemenang. Itu sebabnya saya yakin dia akan memilih paket yang memberinya kesempatan untuk sukses. Jika kita seorang pemenang, maka kita harus menjadi yang terdepan. Pembalap seperti ini mendapatkan motivasinya dari perebutan podium, target hidup mereka adalah menjadi yang terbaik,” pungkas Andrea Dosoli.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Ducati Melepas VR46 Racing Karena Alasan Uang?

RiderTua.com - Hingga saat ini belum ada titik temu untuk kesepakatan baru antara Ducati dan VR46 Racing. Kontrak tim milik…

19 Maret 2024

Daihatsu Sigra Memimpin Penjualan Mobil Bulan Februari 2024

RiderTua.com - Daihatsu sudah tidak bisa diremehkan lagi soal penjualan mobilnya di Indonesia. Apalagi untuk mobil murahnya, Sigra, yang mampu…

19 Maret 2024

MG Motor Siap Rilis Mobil Baru di Indonesia

RiderTua.com - MG Motor telah sukses dalam meluncurkan dua mobil listriknya di Indonesia pada bulan lalu. Namun itu saja belum…

19 Maret 2024

Manajer Tim GASGAS Tech3 : Penasaran Melihat Aksi Acosta di Portimao, Siapa yang Dia Asapi?

RiderTua.com - Debut Pedro Acosta di MotoGP sungguh menarik. Rookie dari tim GasGas Tech3 itu langsung melaju ke Q2 dengan…

19 Maret 2024

Daihatsu Tak Mau Buru-buru Hadirkan Mobil Niaga Listrik

RiderTua.com - Daihatsu masih memimpin penjualan mobil niaga ringan di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Sementara itu, segmennya kini diisi…

19 Maret 2024

Penjualan Wuling Binguo Menurun Drastis Bulan Lalu?

RiderTua.com - Wuling kini memiliki tiga mobil listrik yang dijual di Indonesia, terdiri dari Air EV, Binguo, dan Cloud EV.…

19 Maret 2024