Categories: MotoGPSuperbike

Toprak ke BMW Bentrok Sponsor Red Bull dan ROKiT?

RiderTua.com – 22 Mei pukul 11 ​​pagi (waktu setempat), manajer Kenan Sofuoglu mengumumkan kepergian Toprak Razgatlioglu dari Yamaha pada akhir musim 2023. 4 jam kemudian BMW mengumumkan penandatanganan kontrak juara dunia 2021 asal Turki itu. Tidak diungkapkan berapa lama kontrak tersebut akan berlangsung, tetapi kita dapat mengasumsikan setidaknya 2 tahun.

“Toprak sedang mencari tantangan baru. Setelah tes MotoGP dan semua cerita di sekitarnya, Toprak menginginkan sesuatu yang menarik. BMW memberinya banyak alasan untuk ini. Kawasaki juga tertarik dengan Toprak. Tetapi ketika saya berbicara dengannya tentang hal itu, saya langsung menyadari bahwa dia lebih suka menunjukkan potensinya di BMW,” tegas Kenan.

Kenan Sofuoglu : Toprak ke BMW Tapi Tetap Berusaha tetap punya sponsor Red Bull

BTW, karena terikat kontrak Yamaha, Toprak Razgatlioglu tidak diperbolehkan mengatakan apapun mengenai kesepakatannya dengan BMW yang akan dimulai pada 2024.

Sebelumnya, rider berusia 26 tahun itu menguji motor MotoGP Yamaha selama 2 hari di Jerez pada bulan April lalu dan menemukan bahwa motor seperti ini tidak memberinya kesenangan yang sama seperti superbike.

Kemudian pada awal Mei, Yamaha menawarinya kontrak (menurut orang dalam) adalah kontrak tertinggi yang pernah dibuat pabrikan asal Iwata Jepang itu untuk pembalap Superbike. Tapi manajernya Kenan Sofuoglu menolak.

“Saya tahu bahwa banyak orang memiliki pandangan yang berbeda tentang situasi ini ketimbang kami, tetapi kami siap untuk mengejutkan siapa pun. Kami percaya pada proyek ini dan saya sepenuhnya mendukung kepindahan Toprak ke BMW kami akan menjadi juara dunia lagi,” tegas manajer asal Turki itu.

Wajar jika ada keraguan tentang BMW. Sebagai informasi, sejak pabrikan asal Jerman itu comeback pada 2019, mereka hanya memenangkan satu balapan yakni balapan Superpole di Portimao pada 2021 oleh Michael van der Mark. BMW telah berkompetisi di Kejuaraan Dunia Superbike selama 15 tahun dan hanya sekali pembalapnya berhasil masuk 3 besar klasemen keseluruhan (Marco Melandri peringkat 3 pada tahun 2012).

Kekuatan terbesar Razgatlioglu adalah manuver pengeremannya yang brutal. M1000RR tidak dikatakan memiliki perilaku terbaik dalam hal ini dan pembalap BMW saat ini sering mengeluhkan kelemahan ini.

Sofuoglu menjelaskan, “Ketika kami bergabung ke Yamaha pada tahun 2020, banyak orang menasihati saya untuk tidak melakukannya dan mengatakan itu akan menghancurkan karier Toprak. Toprak sangat menginginkan BMW.”

Lalu apakah sponsor Red Bull aman? Simak videonya…

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Replika Yamaha YZF-R1 Jonathan Rea Dijual Sangat Terbatas!

RiderTua.com - Replika motor balap Jonathan Rea Replica YZF-R1 di WSBK yang mengambil basis dari model standarnya, terinspirasi dari tim…

20 April 2024

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024