Categories: MotoGP

Johann Zarco Dipertahankan Pramac Ducati Pada 2024?

RiderTua.com – 3 tahun lalu Ducati melakukan ‘peremajaan’ untuk pembalap MotoGP dan hasilnya terbukti sangat bagus. Hanya Johann Zarco pembalap senior diantara 8 rider pabrikan asal Borgo Paneigale itu di kelas utama. Zarco yang akan berusia 33 tahun pada 16 Juli, membukukan 17 podium MotoGP tetapi sejauh ini belum pernah menang.

Pebalap Pramac-Ducati itu beberapa kali mengawali musim dengan baik, tetapi kemudian mengalami kemunduran dan tidak mampu melawan pembalap muda seperti Jorge Martin, Enea Bastianini atau Marco Bezzecchi dalam beberapa tahun terakhir.

Johann Zarco Dipertahankan Pramac Ducati Pada 2024?

Zarco selalu dan terus mendapat dukungan dari Pramac dan Ducati. Meski pabrikan asal Italia itu justru melakukan ‘makeover’ drastis pada pasangan pembalap di 2020, dengan melepas Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

Bahkan sekarang, talenta muda ingin masuk ke tim Pramac. Misalnya Marco Bezzecchi (dua kemenangan) atau Luca Marini layak direkomendasikan. Rumornya, pemimpin klasemen Moto2 Tony Arbolino dapat menggantikan Fabio Di Giannantonio di Gresini Racing pada 2024.

Direktur Olahraga Ducati Paolo Ciabatti menjelaskan, “Ya, sekarang Johann Zarco adalah laki-laki dewasa, bukan lagi anak muda. Tapi saya harus mengatakan, kami senang dengan penampilannya. Dia pria yang luar biasa, kita lihat di Le Mans betapa populernya dia di dunia balap motor. Johann adalah ambassador untuk olahraga ini.”

“Dan jauh dari trek balap, dia adalah salah satu dari sedikit pembalap MotoGP yang memiliki hasrat untuk berkendara motor. Dia juga melakukan banyak aktivitas dengan cabang Ducati kami di Prancis, bahkan dengan e-bikes kami. Johann adalah duta besar yang sangat baik untuk merek kami. Selain itu, dia cepat, meskipun terkadang kalah 1 atau 0,1 detik. Dia tahu itu.”

Di tahun 2022 lalu, pembalap asal Prancis itu beberapa kali menyadari bahwa dia tidak dapat menangani motor MotoGP seoptimal beberapa rekannya yang masih muda, itulah sebabnya dia tidak pernah benar-benar terlibat dalam perebutan gelar. Dan penantang gelar musim ini, Marco Bezzecchi berhasil memenangkan dua balapan MotoGP di musim keduanya.

“Johann hanya memiliki kontrak 1 tahun, tapi kami ingin tetap bersamanya. Pramac juga sangat tertarik dengan pasar Prancis. Semuanya bekerja dengan baik saat ini. Tapi kami ingin menunggu dan melihat, bagaimana situasi berkembang. Jika kami melihat risiko kemungkinan kehilangan pembalap ke Yamaha, kami bisa mengambil tindakan pencegahan,” lanjut Ciabatti, yang di satu sisi ingin melihat ada pembalap di luar Italia dan Spanyol yang menunggangi Desmosedici.

Lalu, apakah Bezzecchi bisa dipromosikan ke tim Pramac ketimbang Jorge Martin? “Ya, pada prinsipnya dia adalah salah satu pembalap yang sedang naik daun. Ini baru di awal musim MotoGP keduanya. Meski demikian, dia secara teratur terlibat pertarungan di barisan depan,” tegas Ciabatti.

Ducati memberikan kontrak pabrikan kepada pembalap dari tim Lenovo dan Pramac serta membekali mereka dengan motor GP23 terbaru. Sementara tim Mooney VR46 dan Gresini Racing, timlah yang memutuskan susunan pembalap. “Tapi mereka tetap berdiskusi dengan kami. Dukungan teknis untuk tim satelit ini dijamin. Dukungan tambahan tergantung pada pilihan pembalap dan performa pembalap,” pungkas Ciabatti.

This post was last modified on 19 Mei 2023 19:29

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024