MotoGP

Pecco Bagnaia: GP23 Lebih Baik dalam Beberapa Aspek

×

Pecco Bagnaia: GP23 Lebih Baik dalam Beberapa Aspek

Share this article
Pecco Bagnaia - Ducati
Pecco Bagnaia - Ducati

RiderTua.com – Dengan Pecco Bagnaia dan Enea Bastianini, tim pabrikan Ducati memiliki juara dunia dan peringkat 3 di Kejuaraan Dunia MotoGP 2022 di bawah kontrak. Tak heran jika mereka difavoritkan untuk meraih gelar dunia 2023, yang dimulai akhir pekan ini di Portimao (24-26 Maret).

Pecco Bagnaia merayakan gelar dunia tahun lalu, unggul 17 poin dari pembalap Yamaha Fabio Quartararo yang pada akhirnya menempati runner-up. Dalam 20 balapan, pembalap murid VR46 Academy itu berhasil 10 kali naik podium dan 7 kali menang balapan. Tapi di seperempat musim, dia pulang dengan tangan kosong alias tanpa poin yang sangat mengecewakan.

Pecco Bagnaia: GP23 Lebih Baik dalam Beberapa Aspek

Penampilan pertama tahun 2023 berlangsung pada pertengahan Februari untuk melakoni tes pramusim selama 3 hari di Sepang-Malaysia. Luca Marini (Mooney VR46) menetapkan waktu terbaik dengan Ducati GP22 tahun lalu, sementara Bagnaia tertinggal 0,080 detik dengan motor GP23 baru di posisi ke-2.

Pecco Bagnaia
Pecco Bagnaia

Dan pada tes pramusim terakhir selama 2 hari di Portimao pada 11-12 Maret, Bagnaia menjadi pembalap tercepat dengan catatan waktu 1:37,968 yang luar biasa. Terpaut 0,757 detik dari rekor lintasan yang ditorehkannya sendiri yaitu 1:38,725 menit yang dibuat pada tahun 2021. Hebatnya 7 pembalap Ducati masuk 8 besar, hanya Quartararo yang berada di posisi ke-3 yang nyempil di antara pasukan The Reds.

Dengan hasil seperti itu, pabrikan asal Borgo Panigale tentu saja difavoritkan untuk Kejuaraan Dunia 2023, yang dimulai akhir pekan ini di Autodromo Internacional do Algarve, terutama rider dengan nomor start 1 itu. Untuk pertama kalinya, kalender dengan 21 Grand Prix plus tambahan sprint pada Sabtu sore.

Pecco Bagnaia mengatakan, “Akhirnya musim dimulai lagi, saya sangat bersemangat. Tes pramusim berjalan dengan baik dan dalam beberapa aspek saya menyukai Desmosedici GP23 bahkan lebih baik ketimbang motor tahun lalu. Semua prasyarat tersedia untuk awal yang baik di musim baru.”

“Portimao adalah trek yang saya sukai dan saya biasanya cepat dalam hal itu. Bagaimanapun, kami harus tetap fokus karena persaingan pasti akan sangat kuat. Ini akan menjadi balapan pertama di mana kami melakoni sprint race, jadi kami harus membiasakan mendekati akhir pekan secara berbeda,” imbuh rider asal Turin Italia itu.

Menyusul kepindahan Jack Miller ke KTM Red Bull, Bagnaia kini bekerja sama dengan rekan sesama Italia Enea Bastianini.

“Ini akan menjadi balapan pertama saya sebagai pembalap pabrikan, oleh karenanya lebih menarik. Tes terakhir di Portimao berjalan dengan baik, saya memiliki dasar yang baik untuk mulai bekerja di akhir pekan. Banyak pembalap telah menunjukkan bahwa mereka kompetitif. Tapi saya yakin bahwa kami memiliki semua sarana untuk berada di antara pembalap terdepan,” pungkas Enea Bastianini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page