Categories: MotoGP

Manajer Tim Pramac: Kami Punya Dua Pembalap Hebat

RiderTua.com – Gino Borsoi menjabat sebagai manajer tim Pramac Racing yang baru sejak musim 2023. Selain di MotoGP, dia juga hadir pada tes MotoE selama 3 hari di Jerez dalam kapasitas tersebut. Meskipun bos berusia 48 tahun itu terbilang baru di Pramac, dia telah terlibat dalam MotoE selama 4 tahun terakhir dengan Tim Aspar, di mana dia bekerja selama total 17 tahun.

“Ya, saya terlibat sejak tahun pertama MotoE. Tapi sekarang, ini adalah era baru. Tentu saja saya pindah dari Aspar ke Pramac, tetapi di atas segalanya itu adalah motor yang sama sekali berbeda. Ini seperti memulai dari awal lagi, kembali ke nol. Semua tim mempunyai sedikit pengalaman dengan motor elektrik, tapi itu konsep yang sama sekali berbeda,” kata Borsoi merujuk pada Ducati V21L.

Manajer Tim Pramac: Kami Punya Dua Pembalap Hebat

Gino Borsoi melanjutkan, “Saya harus mengatakan bahwa saya sangat menyukai motor ini. V21L dibuat dengan sangat baik, hampir lebih baik dari MotoGP. Ini adalah sebuah karya seni, indah, kompak, dipikirkan dengan baik hingga ke detail terkecil. Ini adalah motor balap sungguhan, dengan semua kemungkinan yang ditawarkan oleh motor balap. Menurut saya, era baru benar-benar telah dimulai.”

Jadi apakah ini masa depan? “Siapa yang tahu, sulit untuk mengatakannya. Tidak dalam jangka pendek, saya harus jujur. Masih sedikit lebih baik dari mesin pembakaran, itu bisa menjadi kelas yang lebih penting di samping MotoGP,” ungkap mantan pembalap 125cc itu sambil tersenyum.

Jorge Martin – Johann Zarco – Pramac Team 2023

Bagaimana pendapat Gino mengenai Ducati Desmosedici GP23 yang baru usai tes pramusim di Sepang? “Motornya baru, Ducati telah membuat pembaruan. Meskipun perbedaannya tidak terlalu besar dari motor tahun lalu, yang merupakan motor pemenang dengan Pecco tetapi juga dengan rider lain. Jelas bahwa tim dengan motor tahun lalu tidak unggul saat ini. Kami masih harus sedikit bekerja dengan material pabrikan Ducati,” ujar bos asal Italia itu.

Gino menambahkan, “Tapi pekerjaan yang kami lakukan di Sepang menarik. Kami melihat aspek yang menarik dibandingkan dengan motor tahun lalu. Ini akan memakan waktu cukup lama karena kami masih harus mengoordinasikan beberapa hal. Kami telah melihat apa yang masih hilang. Tes Portimao adalah waktu yang tepat untuk memahami arah. Saya yakin setelah tes selama 2 hari di Portimao, kami akan siap untuk balapan pertama.”

Tujuan apa yang tetapkan Gino untuk Portimao? “Tujuannya, tentu untuk mengawali musim dengan sebaik mungkin. Kami memiliki peluang besar dengan kedua pembalap, saya pikir kami memiliki dua pembalap hebat. Mereka telah menunjukkan diri mereka dalam performa yang sangat baik, membawa sikap positif dan kemauan yang besar untuk bekerja. Termasuk Zarco, yang sedikit kesulitan menjelang akhir tahun lalu.” jawab Gino.

“Saya pikir Zarco mengambil langkah. Dia banyak bekerja musim dingin ini, tidak hanya secara fisik, kami juga sering ngobrol. Saya mengerti beberapa hal tentang dia, saya harus mulai mengenal pembalap sedikit lebih baik. Sedikit lebih mudah dengan Martin, karena saya sudah mengenalnya saat masih di Moto3. Zarco adalah orang baru bagi saya, tetapi kami telah bekerja cukup banyak dan berbicara banyak di musim dingin ini. Dia membuat kesan yang baik, dia ingin bekerja.”

Lihat Juga:

Jadi setelah 10 detik, apakah kita masih akan melihat backflip dari Johann Zarco di kelas utama? Apakah Gino percaya dia akan meraih kemenangan MotoGP pertama yang telah lama ditunggu-tunggu?

Gino menjelaskan, “Saya pikir dia benar-benar memiliki keterampilan untuk memenangkan tidak hanya satu balapan tetapi beberapa balapan. Dia berbakat. Tahun lalu dia menunjukkan itu di awal musim. Kami harus memahami apa yang dia butuhkan agar dia selalu berada di level yang sama. Seperti yang saya katakan, kami sering membicarakannya selama musim dingin dan saya pikir kami mendapat ide yang cukup jelas.”

“Kami berusaha, tidak ada jaminan. Tetapi kita harus selalu positif dan menemukan cara untuk berkembang. Dia melakukannya, kami juga melakukannya. Skuad juga dibangun kembali untuk memberinya lebih banyak keberanian dan kepercayaan pada tim. Mungkin dia sedikit merindukannya tahun lalu, tapi saya tidak bisa mengatakan banyak tentang itu karena saya belum masuk tim.”

“Misalnya dia bertemu kembali dengan kepala kru Moto2-nya, Massimo Branchini.
Ini benar-benar musim baru, semua orang positif dan saya pikir lingkungan ini dapat membantunya untuk tampil lebih baik,” pungkas Gino Borsoi.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Wuling Dkk Tawarkan Diskon Untuk Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Wuling masih menjadi pemimpin penjualan mobil listrik di Indonesia pada Maret lalu. Binguo yang mampu menjadi model BEV…

18 April 2024

Hyundai, Kia, dan Toyota Hadirkan Diskon Untuk MPV Mewahnya

RiderTua.com - Hyundai tidak hanya menghadirkan low MPV Stargazer di Indonesia, tetapi juga MPV mewah Staria. Nyatanya model ini hadir…

18 April 2024

Marc Marquez Bahagia: Di Qatar Duel Melawan Martin, di Portimao Bertarung dengan Pecco!

RiderTua.com - Marc Marquez kehilangan peluang meraih kemenangan di GP Amerika karena masalah pengereman, sehingga rider Gresini Ducati itu gagal…

18 April 2024

Siap Dibawa Trabasan! Modifikasi Honda CB350 RS Jadi Motor Scrambler

RiderTua.com - Dirt Freak Jepang yang menyediakan banyak sparepart modifikasi, kini mereka mengenalkan Honda CB350 RS yang telah dimodifikasi menjadi…

18 April 2024

Toyota Alphard Masih Memiliki Banyak Pesanan di Indonesia

RiderTua.com - Toyota memang cukup sukses dalam menjual mobil di Indonesia, terbukti dengan angka penjualannya yang tinggi selama ini. Bahkan…

18 April 2024

Daihatsu Sigra yang Memimpin Penjualan Mobil LCGC Bulan Lalu

RiderTua.com - Tidak bisa dipungkiri kalau Daihatsu mampu menjadi salah satu merek mobil terlaris di Indonesia. Walau mereka lebih unggul…

18 April 2024