Categories: MotoGP

Jonas Folger: Tak Memaksa, Masih Proses Pembelajaran

RiderTua.com – Setelah Jonas Folger hanya melahap 6 lap pada hari pertama tes shakedown MotoGP di Sirkuit Sepang-Malaysia, secara resmi dia mencatatkan 23 lap pada Bike 2 dan 2 lap pada Bike 1 pada hari Senin (hari kedua tes). Selain itu, pembalap berusia 29 tahun itu juga menyelesaikan 6 lap dengan motor serba hitam, dibimbing oleh kepala kru Paul Trevathan, saat dia juga mempersiapkan motor GASGAS yang akan ditunggangi Pol Espargaro dengan memeriksa fungsinya.

GASGAS RC16 masih ditutupi dengan sangat hati-hati dalam ‘selimut’ warna hitam, karena Jonas Folger secara resmi terikat kontrak sebagai test rider KTM Red Bull dan tidak boleh mempromosikan GASGAS untuk alasan pemasaran. Terutama karena tim Tech3 milik Herve Poncharal mempunyai sponsor bahan bakar yang berbeda dari KTM..

Jonas Folger: Masih Proses Pembelajaran

Seperti apa program tes yang dijalani Jonas hari ini? Dan apakah dia dapat menyelesaikan semua pekerjaan meskipun hujan? “Ya, saya juga melakukan tes fungsional dengan motor Pol Espargaro hari ini. Kemarin, saya tidak banyak membalap karena ‘tes fungsional’ untuk Brad dan Jack. Kemarin saya menjajal semua motor dan memeriksa apakah semuanya berfungsi. Kemudian hari itu sudah berakhir. Sayangnya, hari ini hujan turun hampir sepanjang hari. Tapi pada akhirnya saya bisa melakukan 4 atau 5 lap lagi dengan ban slick,” jawab Jonas.

Jonas Folger – Shakedown Sepang

“Kami hanya mengelola 5 dari 15 hal yang ada di daftar hari ini. Pada akhirnya, untuk menyesuaikan posisi duduk dengan lebih baik dan menyesuaikan seluruh ergonomi dengan lebih baik untuk saya. Kemudian semua detail diperiksa di balik layar, elektronik dan sebagainya.”

Apakah Jonas tidak lagi mengikuti tes IRTA dengan pembalap reguler mulai hari Jumat hingga Minggu? “Tidak, saya akan tetap berada di pit pada hari Jumat. Tapi hanya untuk mendengarkan komentar pembalap reguler. Saya juga akan menonton di luar trek sehingga saya juga bisa merasakan motor di sana. Tapi saya akan pulang pada Jumat malam,” ujar Jonas.

Saat Jonas menjadi test rider MotoGP di Yamaha pada 2019, dia selalu menggunakan ban soft baru untuk menguji kecepatannya. Apakah KTM masih memungkinkan dia untuk mengejar waktu seperti ini besok (hari terakhir tes shakedown di Sepang)?

Jonas menjawab, “Bukan itu prioritasnya. Yang lebih penting lagi, semua yang ada di rencana akan dicoba. Ini bukan tentang kinerja saya dan lebih banyak tentang memilah suku cadang baru atau mengonfirmasi komponen baru. Mungkin saya akan beruntung dan mendapatkan satu set ban baru pada waktu yang tepat ketika semuanya baik-baik saja.”

Dani Pedrosa – Sepang

“Tapi sejujurnya, saya masih butuh waktu sebelum saya benar-benar bisa memaksakan diri hingga limitnya. Saya menemukan sesuatu yang baru di motor setiap kali melaju, meskipun saya mengendarai KTM beberapa kali tahun lalu. Proses pembelajaran saya belum selesai.”

Kemarin Jonas mengatakan bahwa pembalap selalu sepakat ketika dia mengevaluasi komponen baru motor.. “Dani Pedrosa dan saya sering sependapat dengan komponen baru yang kami uji, meskipun kami memiliki gaya balap yang sama sekali berbeda dan saya lebih berat sekitar 17 kg darinya. Karena berat badan saya 73 kg,” lanjutnya.

Dani Pedrosa berhasil memenangkan tiga balapan MotoGP di Sepang. Apakah dalam tes dia bisa minta bantuan towing dari Dani? Sambil tertawa Jonas menjawab, “Ya, jika ada waktu saya akan bertanya padanya. Namun sejauh ini, Dani dan saya sangat sibuk dengan pekerjaan lain. Kami juga belum pernah bertemu di trek. Sejauh ini setiap orang fokus membalap untuk diri sendiri. Tapi jika itu terjadi… Tapi saat pengujian, hal lain lebih utama.”

“Malam ini masih ada technical meeting. Tapi sampai besok mungkin saya tidak akan tahu apa yang masih perlu dilakukan. Sekarang kami harus memikirkan apa yang paling penting besok, karena kami hanya punya 1 hari tersisa,” pungkas Jonas Folger.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024