KTM Tunggu ‘Bantuan Sayap’ dari RedBull Formula 1

RiderTua.com – Persaingan adu cepat kuda besi prototipe MotoGP mencapai level yang tidak terbayangkan sebelumnya, bahkan mendatangkan dukungan part dari disiplin balap lain yakni F1. Dengan semakin tinggi teknologi yang diterapkan dikhawatirkan biaya untuk riset semakin tak terjangkau bagi tim ‘mending-mending’.. Sebelum teknologi tinggi dilarang, yang bisa dilakukan tim lawan adalah mengikuti arus persaingan. Dan aerodinamika menjadi salah satu part wajib saat ini dan masa mendatang. Seperti kita ketahui Ducati adalah pencetus sayap modern dan rumit di MotoGP. Aprilia mengikuti langkah ini dan mengerahkan pengalamannya di F1, terakhir KTM juga sedang serius dengan mendatangkan bala bantuan dari divisi balap mobil Formula 1: Red Bull Advanced Technologies..

Kabar pergerakan KTM ini diketahui melalui manajer tim resmi MotoGP yang bermarkas di Mattighofen, Francesco Guidotti. Tekonologi maju akan disematkan dari F1 melalui: Red Bull Advanced Technologies yang akan membantu pabrikan ‘peserta’ MotoGP asal Austria tersebut dalam pengembangan motor KTM RC16, dan khususnya dalam hal penelitian aerodinamika. Kesepakatan dimungkinkan setelah sanksi yang dikenakan pada Max Verstappen (melampaui pagu anggaran peraturan di paddock). Sehingga waktu dan tenaga Red Bull bisa diperbantukan untuk MotoGP KTM..

Keuntungan bagi KTM,”Ini adalah kemitraan bisnis dan kami mungkin berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Kami harus sedikit meningkatkan sisi aerodinamis motor, itu adalah salah satu aspek sepeda motor tidak jelajahi (KTM) sampai beberapa tahun yang lalu,” kata Francesco Guidotti, yang selama di Ducati jelas paham betapa pentingnya bagian aerodinamika..

Francesco Guidotti - KTM
Francesco Guidotti – KTM

Sayap Datang Sebelum Sepang

KTM berharap Red Bull akan mengirimkan sayap sedini mungkin sebelum tes Sepang.. Guidotti menambahkan, “Oleh karena itu kami pasti memiliki ruang untuk berkembang di bidang ini dan perjanjian baru dengan Red Bull Technologies dapat membantu kami.. Kami berharap untuk tes Sepang, kami akan memiliki sesuatu untuk diuji,” katanya..

Memang dengan bantuan aero ini akan terlihat lebih percaya diri, namun F1 tidak sama persis dengan MotoGP… Mengandalkan ilmu F1 juga tetap berisiko, karena regulasi yang ketat di area ini di MotoGP. Dan Francesco Guidotti juga menyadari hal ini dengan mangatakan, “Bukan hanya roda belakang, aerodinamika berpengaruh di mana-mana sekarang. Apalagi dengan perangkat pengatur ketinggian yang mempengaruhi efisiensi aerodinamis saat ketinggian motor berubah,” tambahnya..

Fairing baru harus dihomologasi pada awal musim sekali, dan dengan satu kali pembaruan selama musim berjalan. Sepang Shakedown dan tes resmi akan digelar Februari mendatang. Waktu yang cukup singkat untuk meriset sayap motor MotoGP untuk KTM, meskipun para insinyur di Red Bull Advanced Technologies adalah terdiri dari orang-orang yang ahli di bidang per’sayap’an..

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives

%d bloggers like this: