Dikritik karena 8 rider Kebanyakan, Ducati Bilang Begini, Lawan Kicep!

RiderTua.com – Grid start MotoGP tahun 2023 menyusut menjadi 22 pembalap. Ducati melengkapi 8 di antaranya. Beberapa rival menganggap ini persaingan yang tidak adil, perlahan muncul kritikan karena Ducati akan melengkapi lebih dari sepertiga dari 22 pembalap dengan 8 pembalap pada 2023. Sementara Yamaha hanya memiliki 2 motor di starting grid, ditambah Honda, Pierer Group dengan KTM & GASGAS dan Aprilia masing-masing 4 motor. Paolo Ciabatti pun menjawab isu ini dengan lugas dan lawanpun kicep, tak mampu berkata-kata lagi, karena Gresini justru ‘betah’ dan akan memperpanjang kontraknya di Ducati.. Intinya kenapa tim satelit berebut motor Desmosedici? karena motor Ducati sudah ‘diajari sopan santun’ sehingga ramah pembalap.. 😁

Tim Satelit Bebas Memilih Pabrikan

Stefan Pierer telah menyatakan ketidakpuasannya dengan keunggulan jumlah pembalap Ducati di asosiasi pabrikan MSMA. Tapi Ducati berhasil meyakinkan tim satelit dalam ‘pasar bebas’ dengan konsep mereka. Oleh karena itu, Gresini Racing diperkirakan akan segera memperpanjang kontrak 2 tahunnya hingga akhir 2024.

Gigi Dall'Igna - Paolo Ciabatti - Ducati
Gigi Dall’Igna – Paolo Ciabatti – Ducati

Honda malah sebaliknya, kehilangan sejumlah tim satelit karena berbagai alasan. Pertama Aspar Martinez, lalu Gresini, AB Motorsport dan juga Marc VDS setelah 2018.

Ciabatti mengakui, “Saya mengerti bahwa berkompetisi dengan 4 tim (8 pembalap) bukanlah situasi yang ideal dalam jangka menengah hingga panjang. Di sisi lain, Suzuki tidak merencanakan tim satelit saat kami membuat kesepakatan dengan Rossi dan Gresini (menambah tim satelit lagi).”

“Parahnya, mereka mundur sebagai tim pabrikan. Dan 1 tahun lalu Aprilia mungkin tidak semenarik saat ini, ketika kami ‘merangkul’ Gresini Racing. Jadi kami membuat perjanjian selama 2 tahun. Saya tidak bisa mengatakan apa-apa tentang Yamaha. Hanya, mereka punya tim satelit tapi kehilangannya,” pungkas bos asal Italia itu.

Jadi tidak bisa disalahkan kenapa Ducati dilirik oleh banyak tim satelit karena motornya memang yang terbaik saat ini, sementara pabrikan lain gak bisa protes melihat kekuatan Ducati sekarang.. Mau ngomong apapun, mau protes apapun kalau mereka tidak bisa menampung (mengakomodasi) tim satelit, tetap itu salah mereka sendiri.. singkat kata lawan ‘kicep’ alias diem dengan fakta yang diungkap Paolo Ciabatti di atas bukan?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Archives