Categories: MotoGP

Andrea Dovizioso: Akhir Pekan yang Luar Biasa!

RiderTua.com – Dan diapun pergi juga akhirnya.. Setelah melakoni total 346 balap motor, Andrea Dovizioso menjalani balapan terakhirnya di GP San Marino. Pembalap pabrikan Yamaha dari tim WithU-RNF milik Razlan Razali itu membuat keputusan untuk pensiun setelah balapan kandang di Misano pada akhir musim panas lalu. Tes rider Yamaha Cal Crutchlow akan menggantikannya untuk menyelesaikan balapan tersisa. Dovi mengikuti balapan MotoGP pertamanya pada 2008 di Doha-Qatar dengan Scot-Honda RC212V 800cc. Dia memenangkan 15 seri kelas utama, yang pertama dengan Repsol-Honda dalam wet-race di Silverstone pada tahun 2009. Saat bersama Ducati, Dovi menjadi pesaing terberat Marc Marquez, dan menyelesaikan musim 2017-2019 sebagai runner-up sebanyak tiga kali.

Andrea Dovizioso: Akhir Pekan yang Luar Biasa

BTW, Dovizioso melakukan debutnya di kejuaraan dunia 125cc di GP Mugello pada 2001. Dan pada 2004 dia memenangkan gelar dunia dengan mengendarai Honda. Tahun inilah yang kemudian dia gunakan sebagai nomor start 04 hingga saat ini. Dovi memenangkan lima balapan di kejuaraan dunia 125cc dan empat kali di kelas 250cc.

Pada musim 2020, Andrea Dovizioso dan Ducati Corse terpisah. Itulah sebabnya pembalap asal Italia itu mengumumkan pengunduran dirinya dari tim pabrikan pada akhir musim di GP Spielberg. Pemenang MotoGP 15 kali itu sempat menganggur untuk tahun 2021, tetapi kemudian dipekerjakan oleh bos balap Aprilia sebagai tes rider. Pada bulan September dia bergabung dengan Petronas-Yamaha untuk menggantikan Franco Morbidelli yang dipromosikan naik ke tim pabrikan Yamaha setelah Maverick Vinales dipecat. Pada saat yang sama, Vinales menggantikan pembalap pabrikan Aprilia Lorenzo Savadori mulai GP Aragon di Aprilia Racing dengan RS-GP21.

Andrea Dovizioso menyelesaikan GP San Marino di Misano di posisi ke-14 dan mencetak 2 poin. Ini merupakan hasil terbaik keduanya di musim ini setelah finis ke-11 di Portimao . Dovizioso adalah talenta luar biasa berikutnya yang memutuskan untuk pensiun setelah Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Saat Andrea turun dari motor usai balapan, sebagian besar fotografer tidak bisa memotretnya karena semua marshal berlari dan menngerumuninya.

“Orang selalu berharap, hari ini tidak pernah datang.. Selesai sudah. Kemarin saya sudah mengatakan bahwa akhir pekan ini luar biasa. Para penggemar telah mendukung saya dengan cara yang indah,” ujar Dovi bahagia.

Pada hari Sabtu, diadakan sebuah perayaan kecil di WithU Hospitality, sebuah video diperlihatkan di mana banyak mantan rivalnya membuat pernyataan singkat untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Dovi. Salah satunya tentu saja rival kuatnya, Marc Marquez yang berkata, “Kamu b4jingan di trek. Tapi aku belajar banyak darimu.”

“Sayangnya, saya menangis beberapa kali selama film ini diputar,” kata Dovi yang bertemu dengan mantan pemenang Tour de France Jan Ullrich di kantornya setelah sesi pemanasan dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada atlet bersepeda itu.

“Saya benar-benar bahagia sekarang. Saya tidak bisa membayangkan cara yang lebih baik untuk mengakhiri karir saya. Saya berhenti di waktu yang tepat. Saya ingin berterima kasih kepada Yamaha, para sponsor dan tim karena telah mempercayai saya lagi setahun yang lalu.”

Apa yang dikatakan Dovi tentang balapan? “Itu sama seperti biasanya. Saya tidak bisa membalap dengan konsisten mulai dari A sampai Z. Saya sering mengalami masalah saat mengerem motor. Jadi saya tidak bisa mengikuti kelompok di depan saya. Tapi dari pertengahan balapan sampai akhir, saya membalap lebih cepat dari yang diperkirakan. Jadi saya bisa menjaga lawan di belakang saya tetap terkendali dan mempertahankan posisi saya dengan baik. Tentu saja, juga karena banyak pembalap crash. Tapi posisi ke-12 masih merupakan posisi yang bagus untuk saya,” jawab rider berusia 36 tahun itu.

Setelah balapan, keriuhan terjadi di garasi WithU Yamaha. Tim merayakan dengan Dovi, teman-teman dari tim sebelumnya terus berdatangan untuk mendoakan Andrea untuk yang terbaik. Marc Marquez juga terlihat ada di sebelah Dovi sebelum race dan memeluk mantan rival beratnya itu dengan cukup hangat.

Mimi Carrasco

Leave a Comment

Recent Posts

Jika Jack Miller Didepak KTM Karena Pedro Acosta, Kemana Dia akan Pergi?

RiderTua.com - Tempat Jack Miller di tim Red Bull KTM sedang berada di ujung tanduk. Karena, rookie sensasional Pedro Acosta…

4 Mei 2024

Marc Marquez : Saya Cukup Pintar Menyerah pada Waktu yang Tepat Saat Duel Melawan Pecco di Jerez

RiderTua.com - Marc Marquez meraih podium perdana (finis ke-2) di balapan utama untuk Ducati di GP Jerez. Sebenarnya kemenangan ada dalam…

4 Mei 2024

Dua Mobil Wuling Pimpin Penjualan Mobil Listrik di Q1 2024

RiderTua.com - Wuling sudah tidak bisa diragukan lagi jika berbicara soal penjualan mobil listriknya. Sebab dalam beberapa bulan terakhir, mereka…

4 Mei 2024

Tesla Dipastikan Takkan Terganggu Oleh Kehadiran BYD di Indonesia

RiderTua.com - Tesla mampu menjadi merek mobil listrik terlaris di dunia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Walau mereka hadir di…

4 Mei 2024

Toyota: Mobil Hybrid Masih Unggul Dari Mobil Listrik di Indonesia

RiderTua.com - Toyota masih memiliki sedikit model BEV yang dijual di Indonesia, dengan bZ4X sebagai model yang dijualnya sejauh ini.…

4 Mei 2024

Aleix Espargaro akan Ambil Keputusan Mengenai Masa Depannya di Mugello?

RiderTua.com - Aleix Espargaro saat ini menjalani musim ke-20 di kejuaraan dunia balap motor. Di dua kelas kecil yang masing-masing…

4 Mei 2024