Categories: MotoGP

Apa yang Dipelajari Quartararo dari Lorenzo?

RiderTua.com – Apa yang dipelajari Quartararo dari Lorenzo?… Fabio Quartararo adalah pembalap Yamaha ketiga setelah Valentino Rossi (2004, 2005, 2008, 2009) dan Jorge Lorenzo (2010, 2012, 2015), yang meraih gelar juara dunia di Yamaha YZR M1 sejak awal era MotoGP 4-tak pada tahun 2002. Yamaha M1 kembali menang. Di musim rookie-nya, rider asal Prancis itu mencapai kesuksesan yang mengejutkan. Dia meraih 6 kali pole position, 5 kali finis ke-2 dan 2 kali finis ke-3. Pada tahun 2020, rider berusia 22 tahun itu merayakan 3 kemenangan di kelas utama dan menempati peringkat 8 klasemen secara keseluruhan. Pada tahun 2021, rider pabrikan Yamaha itu meraih 5 kemenangan dan sukses merengkuh gelar juara dunia. Usai balapan, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo langsung mengucapkan selamat kepada Quartararo.

Apa yang Dipelajari Quartararo dari Lorenzo?

Fabio Quartararo memulai musim MotoGP pertamanya pada 2019 sebagai pembalap underdog. Setelah 8 balapan, rider yang saat itu berusia 20 tahun itu (Petronas SRT) telah meraih 3 pole position dan membuat Rossi dan Maverick Vinales (pembalap pabrikan Yamaha saat itu) ketar-ketir.

Pada balapan MotoGP di Assen 2019, semua mata tertuju pada Fabio Quartararo. Rookie sensasional itu meraih 3 kali pole position dalam 8 balapan pertama sejak 2008 (Jorge Lorenzo). Saat itu Jorge berhasil melakukannya di tim pabrikan Yamaha pada 3 balapan pertama.

Namun, balapan pertama Fabio di kelas premier sempat gagal di awal setelah kesalahannya di pre-start saat tak sengaja mematikan mesin Yamaha M1 miliknya. Tapi setidaknya Quartararo mencatat waktu lap tercepat dalam perburuannya. Tapi di tempat ke-17 adalah akhir baris.

Quartararo merayakan satu-satunya kemenangan Moto2 di GP Barcelona pada 2018, tetap terkesan pada debut MotoGP-nya di Timur Tengah.

Pada 2019 dia mengatakan, “Sulit untuk dijelaskan, tetapi kita harus agresif dengan motor Yamaha MotoGP dan sekaligus tetap lembut. Semuanya cocok dengan gaya balap alami saya. Tapi ketika saya melakukan lap cepat, saya mungkin sedikit terlalu agresif dan tidak cukup mulus. Sulit untuk mengatakan apa yang masih hilang. Saya masih berkembang dengan setiap tugas.”

Dia menyadari hal yang penting.. “Pada tahun pertama, saya belajar bahwa dengan motor MotoGP kita harus memperhatikan ban belakang dan bagaimana menangani keausan. Itu sangat membantu saya.”

Fabio mengatakan, “Saya sering menonton Jorge Lorenzo, dia terlihat sangat lembut saat membalap. Saya juga berpikir itulah cara kita mengendarai Yamaha,” katanya.

Pada tahun 2020 El Diablo menang di dua balapan pertama di Jerez, tetapi kemudian Yamaha dilanda skandal dengan katup non-homolog, kecepatan untuk dua balapan di Spielberg berkurang. Fabio harus membayar upeti kepada tekanan, dia menunjukkan beberapa balapan yang buruk sehingga merosot ke posisi 8 dalam klasemen.

“Sekarang tekanannya hilang, meski saya tidak berharap bisa menjelaskan semuanya di Misano. Sekarang saya bisa mendekati 2 balapan terakhir dengan santai. Saya benar-benar menantikan 2 balapan terakhir tanpa tekanan,” imbuhnya.

Tapi masih banyak yang diperjuangkan oleh Yamaha, yakni memenangkan kejuaraan konstruktor dan kejuaraan tim.

Pada tahun 2020, Yamaha kehilangan kejuaraan dunia konstruktor meskipun meraih 8 kemenangan musim ini (Ducati hanya 2) karena mereka kehilangan 50 poin kejuaraan dunia karena skandal katup di kejuaraan ini.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Hasil Race MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera, Hasil Race MotoGP Spanyol 2024 — Rider Lenovo Team, Francesco Bagnaia, berhasil memenangkan balapan MotoGP…

28 April 2024

Hasil Race Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera, Hasil Race Moto2 Spanyol 2024 — Fermin Aldeguer akhirnya merebut kemenangannya di balapan Moto2 Spanyol…

28 April 2024

Franco Morbidelli : Kondisi Lintasannya Sangat Buruk

RiderTua.com - Akhir pekan yang cukup positif bagi Franco Morbidelli. Usai menjalani kualifikasi yang bagus di Jerez, rider Pramac Ducati itu…

28 April 2024

Marc Marquez : Seruduk Joan Mir? Itu Kesalahan Saya!

RiderTua.com - Kualifikasi MotoGP di Jerez seharusnya menjadi pertanda baik bagi Marc Marquez, dimana rider Gresini Ducati itu meraih pole position-nya…

28 April 2024

Hasil Race Moto3 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera, Hasil Race Moto3 Spanyol 2024 — Race Moto3 Spanyol berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu, 28…

28 April 2024

Pembaruan Motor Sport Suzuki GSX-R600 yang Dapat Baju Baru

RiderTua.com - Meski Suzuki telah menghentikan penjualan GSX-R600 di negara dengan aturan emisi yang cukup ketat, motor sport tersebut masih…

28 April 2024