General Motors-Honda Mulai Kembangkan Mobil EV Otonom

0
(MotorTrend)

RiderTua.com – Setelah sempat melalui perundingan yang begitu rumit, akhirnya Honda dan General Motors (GM) memulai kerja samanya. Kedua produsen ini bakal melahirkan produk ramah lingkungan berupa mobil listrik. Honda dan GM juga akan mengetes teknologi mobil otonom dalam waktu dekat. Lewat divisi khusus teknologi otonom Cruise, Mereka dapat membuat model EV yang menyaingi produknya Tesla.

Baca juga: Honda e Sudah Didaftarkan di Indonesia?

Honda dan GM Mengetes Mobil EV dan Teknologi Otonom

Cruise menjadi divisi khusus yang mengembangkan teknologi otonom untuk Honda dan General Motors. Memang mereka belum siap untuk mengenalkannya ke publik karena masih dalam tahap pengembangan. Namun kini sudah memasuki tahap pengujian, yang artinya mereka akan segera mengenalkan teknologi tersebut kepada publik.

Rencananya Honda yang akan mengetes teknologi tersebut di Jepang. Tentu pengembangannya cukup rumit, karena pada tahap awalnya mereka harus melakukan pemetaan bagi teknologi tersebut. Setelah semuanya beres, maka Honda baru menguji teknologi tersebut sesuai dengan keadaan jalan disana.

(Chevrolet Europe Media)

Saingi Tesla?

Memang Honda bekerja sama dengan GM dan divisinya, Cruise, untuk mengembangkan teknologi otonom tersebut. Tapi ke depannya Honda ingin bisa membuatnya sendiri, walau untuk model mobilnya sendiri masih menggandeng kedua produsen tersebut. Atau dalam kata lain, bisa jadi Honda dan GM bakal saling berbagi platform.

Honda ingin sesegera mungkin untuk mengenalkan mobil otonomnya di Jepang, tentunya agar tak tertinggal dari kompetitor lainnya. Walau ada kemungkinan lain jika merek otomotif tersebut tak mau kalah dengan produknya Tesla. Mengingat hampir semua mobil Tesla sudah dilengkapi dengan teknologi otonom.

Model yang akan dikenal sebagai Cruise EV tersebut bakal menjadi basis dari produk terbaru Honda, dan kemungkinan GM akan menyusul. Tentu saja model ini memakai tenaga listrik murni agar lebih ramah lingkungan. Dengan perpaduan tersebut, nantinya akan menghasilkan produk dari dari Honda-GM untuk menyaingi Tesla di pasar global.

Leave a Reply