Takaaki Nakagami: RC213V dengan Sasis Lama Lebih Baik

0

RiderTua.com – Takaaki Nakagami: RC213V dengan sasis lama lebih baik… Takaaki Nakagami memanfaatkan latihan bebas hari Jumat di Jerez untuk membandingkan sasis 2020 dengan sasis varian baru 2021. Berada di tempat ke-6 di FP2 GP Spanyol membuat pembalap asal Jepang bisa tersenyum lega. Setelah mengalami cedera di tulang selangka dan bahu, rider berusia 29 tahun itu kini merasa lebih baik di putaran ke-4 MotoGP musim 2021 di Jerez. Dia berkata, “Kondisi fisik saya bagus. Jerez sangat menuntut fisik. Tentu saja kami belum bisa melakukan simulasi balapan, tapi saya merasa baik. Kekuatan saya sedikit berkurang (setelah cedera), tapi sejauh ini saya tidak punya masalah dengan gerakan dan stabilitas.”

Takaaki Nakagami: RC213V dengan Sasis Lama Lebih Baik

Pembalap LCR Honda itu berkonsentrasi pada pekerjaannya. Karena ada satu RC213V dengan sasis lama (2020) dan satu dengan sasis baru (2021) di dalam garasinya yang harus di uji. “Hari ini kami sangat sibuk, karena kami menjajal dua sasis. Saya lebih cocok dengan sasis lama, sepertinya lebih punya potensi. Tapi kita juga tidak boleh melupakan sasis 2021. Kami belum memutuskan mana yang akan kami gunakan akhir pekan ini. Kami akan melakukannya malam ini dengan tim dan HRC,” ungkap Takaaki Nakagami.

Dia pun menceraitakan tentang detailnya, “Sasis baru memiliki potensi di beberapa area, terutama dalam hal handling dan saat memasuki tikungan. Tapi kami kekurangan grip dan stabilitas di roda belakang. Kami terus mencoba saat di Qatar untuk meningkatkannya, tetapi tidak dapat menemukan solusi. Jadi sekarang kami menguji sasis lama lagi. Sasis lama memberi kami lebih banyak cengkeraman ketimbang yang baru, yang positif. Karena itulah yang kami lewatkan musim ini.”

“Saya harus melihat lebih dekat pada datanya. Tetapi kesan pertama dari perbandingannya adalah, saya dapat mengatur catatan waktu yang cukup konsisten dengan sasis lama, sasis tahun 2020. Kami berhasil di 1:37 menit dengan ban bekas. Kelihatannya bagus dan saya bisa merasa nyaman dengan motor. Jerez adalah salah satu trek favorit saya,” tambah rider asal Jepang itu.

“Secara keseluruhan, hari ini adalah hari yang sangat positif bagi kami. P6 dari timesheet gabungan, kami sudah lama tidak melihatnya. Kami berhasil masuk 10 besar. Tentu kami masih harus mengambil beberapa langkah lagi di FP3 besok, kami masih punya ruang untuk bermanuver. Saya belum memacu motor secara maksimal, tetapi catatan waktu konsisten dan nyaman dengan motor. Kami berada di jalur yang benar,” kata Taka yakin.

Tapi Taka tidak bisa atau tidak mau menjawab, saat ditanya sasis mana yang akhirnya dia pakai?

Terakhir, Nakagami berkata tentang wildcard rider Stefan Bradl. “Sebagai tes rider, dia selalu menggunakan suku cadang baru dan dia juga membuat kesan yang sangat kompetitif. Itu pertanda baik bagi kami,” pungkas pembalap rekan setim Alex Marquez itu.

Leave a Reply