Categories: MotoGP

Akankah The Bend Motorsport Park-Australia Menggelar Balap MotoGP?

RiderTua.com – Akankah The Bend Motorsport Park-Australia menggelar balap MotoGP?… Penyelenggara ‘The Bend Motorsport Park’ (sebuah sirkuit dekat kota Adelaide Australia), ingin menjadi venue acara dengan standar dan kaliber tertinggi. Itulah sebabnya, pada 2021 ajang Asia Talent Cup tidak akan digelar lagi disana. Dengan panjang lintasan yang mencapai 7,77 km, menjadikannya sebagai trek terpanjang kedua di dunia, setelah Nurburgring-Nordschleife.. Asian Talent Cup di trek Australia ini tidak akan digelar pada tahun 2021. Karena event ini berlangsung bersamaan dengan Superbike World Championship di Mandalika Street Circuit yang baru di Indonesia

Akankah The Bend Motorsport Park-Australia Menggelar Balap MotoGP?

Sekitar 100 km dari kota Adelaide-Australia, dibangun sebuah arena balap balap baru yang menakjubkan. Sirkuit baru ini menawarkan 8 konfigurasi trek, lintasan yang terpanjang mencapai 7,77 km. Hal ini menjadikannya sebagai trek terpanjang kedua di dunia, setelah Nurburgring-Nordschleife.

Sirkuit Internasional ini dapat digunakan untuk ajang balap bergengsi seperti MotoGP, Kejuaraan Dunia Superbike, dan Formula 1. Sirkuit ini memiliki panjang lebih dari 4,95 km dan mempunyai 18 tikungan.

Sam Shahin selaku Managing Director ‘The Bend Motorsport Park‘ ingin mewujudkan impiannya. Dia ingin menjadi tuan rumah seri balap motorsport paling bergengsi, di sirkuit canggih baru di Talem Bend dekat Adelaide.

“The Bend harus menjadi lokasi balap kelas dunia, kami ingin menyelenggarakan acara motorsport dengan standar dan kaliber tertinggi,” ujarnya.

Akankah The Bend Motorsport Park-Australia Menggelar Balap MotoGP?

Balap otomotif Asian Le Mans Series telah digelar di Talem Bend, pada 10-12 Januari 2020 lalu. Sebenarnya, Dorna ingin menggelar balap motor internasional ‘Idemitsu Asia Talent Cup’ untuk pertama kalinya di sirkuit ‘The Bend’ pada 9 dan 10 Mei lalu. Tetapi karena wabah, rencana tersebut gagal digelar.

Sementara itu, ajang Asian Talent Cup di Australia tidak akan digelar pada tahun 2021. Karena event ini berlangsung bersamaan dengan Superbike World Championship di Mandalika Street Circuit yang baru di Indonesia.

Nunggu Homologasi Grade A FIM

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta pernah mengunjungi trek balap baru ‘The Bend’ bersama putranya Carlos, pada Oktober 2019 sebelum GP Phillip Island. Dia sangat terkesan dengan tata letak lintasan dan infrastruktur.

“Asia Talent Cup adalah salah satu proyek terpenting dalam program ‘Road to MotoGP’ kami. Trek baru selalu diterima untuk kejuaraan ini. Australia adalah negara penting untuk balap motor GP. Kejuaraan Dunia MotoGP sudah ada sejak tahun 1989, dan Australia telah melahirkan juara dunia seperti Gardner, Doohan dan Stoner.”

Selain itu, ‘The Bend’ juga menawarkan trek karting dan a stadium circuit, 4WD Adventure Park khusus untuk penggemar off-road, fasilitas reli dan off-road, dragway, vila di tepi trek, serta a business park.

Pada November 2019, ‘The Bend’ berhasil memenangkan penghargaan bergengsi ‘Motorsport Facility of the Year Award’. Ini adalah bagian dari “Professional Motorsport World (PMW)”. Dan penghargaan ini diserahkan pada acara gala dinner ‘PMW Expo Awards Ceremony’ di Cologne fair.

Sulit untuk mengatakan, apakah di masa mendatang ‘The Bend’ akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Formula 1 dan MotoGP? Atau setidaknya Kejuaraan Dunia Superbike.

Sejauh ini, Liberty Media memiliki kontrak dengan promotor F1 dari GP Albert Park di Melbourne hingga 2025. Sementara MotoGP terikat dengan Phillip Island hingga 2026. Tetapi kontrak jangka panjang adalah satu hal yang penting dan homologasi Grade A FIM adalah hal lain. Sejak GP Silverstone ditiadakan pada 2018, itu hanya dikeluarkan untuk musim yang akan datang.

Jadwal Asian Talent Cup 2021

26-28 Maret: Losail
20-22 Agustus: Sepang
01-03 Oktober: Motegi
08-10 Oktober: Buriram
29-31 Oktober: Sepang
12-14 November: Mandalika

This post was last modified on 6 Januari 2021 06:28

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Kawasaki Membawa Bimota ke Superbike: New Bimota by Kawasaki Racing Team WSBK

RiderTua.com - Kawasaki membawa Bimota kembali ke Kejuaraan Dunia Superbike.. Bimota adalah produsen sepeda motor custom dan produksi asal Italia…

27 April 2024

Marc Marquez Kembali ke Honda?

RiderTua.com - Sejak pindah ke Ducati, Marc Marquez memang sejak awal sudah menunjukkan kecepatan dibarisan depan, namun hal seperti ini membuat…

27 April 2024

Dani Pedrosa : Saya Terkejut dengan Performa Acosta dan Masalah yang Dihadapi Miller dan Binder

RiderTua.com - Dani Pedrosa akan tampil di GP Jerez sebagai entry wildcard dan akan menunggangi KTM RC 16 pabrikan ketiga akhir…

27 April 2024

Luca Marini Berharap Mendapatkan Efek Positif dari Tes Jerez

RiderTua.com - Setelah menjadi pembalap pabrikan Honda, pamor Luca Marini semakin memudar. Dia mengharapkan pembalikan tren yang sangat dibutuhkan pada…

27 April 2024

Maverick Vinales : Mungkin Massimo Rivola Ingin Saya Segera Menandatangani Perpanjangan Kontrak

RiderTua.com - Maverick Vinales tampil luar biasa di COTA Austin. Dengan kemenangannya di balapan utama, kini dia berhasil mencetak rekor sebagai…

27 April 2024

Hasil Latihan MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - 10 pembalap yang lolos ke Q2.. Latihan MotoGP di Sirkuit Jerez berlangsung hari ini,…

26 April 2024