Categories: MotoGP

KTM SKY VR46: KTM Siap Tampung Tim Valentino Rossi!

RiderTua.com – Tim KTM SKY VR46? Pintu KTM selalu terbuka untuk Rossi… Pit Beirer bos KTM siap tampung tim Valentino Rossi.. Petinggi KTM itu berujar.. “Kami senang jika Valentino Rossi menelepon kami”.. Bukan kerjasama baru karena tim Moto3 Sky VR46 juga memakai mesin KTM di MotoGP selama 6 tahun.. Setidaknya ada 3 tim satelit MotoGP masih mencari motor untuk tahun 2022. Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer sedang mempertimbangkan adanya tim MotoGP ketiga. Dan tim Sky VR46 milik Rossi bisa jadi kandidat sebagai tim satelit kedua KTM setelah Tech3.

KTM SKY VR46: KTM Siap Tampung Tim Valentino Rossi

SKY VR46 KTM

5 dari 6 tim satelit MotoGP telah memperpanjang kontrak baru mereka dengan Dorna selama 5 tahun, dari 2022 hingga 2026. Dua tempat di tim Esponsorama-Ducati (tim asal Spanyol) telah ditempati oleh Enea Bastianini dan Luca Marini. Dimana tim ini kemungkinan besar akan menjadi milik Valentino Rossi yakni Tim Sky VR46 pada tahun 2022.

3 tim satelit telah memiliki kontrak dengan pabrikan. Pramac-Ducati akan melanjutkan kerjasama dengan Ducati, dan Tech3 akan menandatangani kontrak baru selama 5 tahun dengan KTM (2022 hingga 2026). Dan pemilik tim LCR Lucio Cecchinello bertekad untuk melanjutkan dengan Honda.

Artinya, Rossi membutuhkan pabrikan sebagai partner untuk 2022 dan tahun-tahun berikutnya. Hal ini terjadi karena kontrak Ducati akan habis pada akhir 2021. Sejauh ini orang bisa berasumsi, bahwa juara dunia 9 kali itu akan memilih Yamaha, Ducati atau Suzuki. .

Bisa jadi Rossi akan bergabung dengan Suzuki, karena manajer tim Davide Brivio pernah menjadi manajer pribadi Rossi dan memiliki hubungan persahabatan dengan sang superstar. Tetapi pemilik tim Fausto Gresini juga memiliki harapan besar untuk menjalin kesepakatan dengan Suzuki. Karena dia akan kehilangan kesepakatan dengan Aprilia Racing pada akhir 2021. Aprilia akan memiliki dua tempat sendiri.

Gresini bisa bersama Suzuki, Ducati, atau Aprilia (sebagai tim satelit), karena Honda ingin membatasi diri hanya dua tim (Repsol dan LCR) di masa depan.

Di Petronas-SRT, kontrak dengan Yamaha akan habis setelah 2021. Bos tim Razlan Razali setidaknya ingin bernegosiasi dengan Suzuki, karena ada kemungkinan Rossi akan menggandengkan tim Sky VR46 MotoGP dengan Yamaha setelah 2021.

KTM SKY VR46: KTM Siap Tampung Tim Valentino Rossi

Mempertimbangkan Tim Ketiga

Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer menanggapi masalah ini dalam sebuah wawancara. Dia berkata, “Setelah kesepakatan tim pabrikan KTM dan tim satelit Tech3 di MotoGP terbentuk, kami akan membahas apakah kami dapat melengkapi tim satelit MotoGP kedua.”

“Jika kami tertarik, tentunya kami akan menawarkan motor kami. Tapi ini bukan waktunya membahas hal seperti ini. Kami mengambil langkah besar lainnya di MotoGP pada tahun 2020, karena kami memenangkan 3 balapan. Kita harus memastikan kesuksesan ini tahun depan.”

“Kami sekarang telah mencapai kesuksesan yang sangat menyenangkan. Karena sekarang kami akhirnya mulai mengulang, juga terkait dukungan tim satelit kedua. Setelah 2 tahun, staf yang mengelola departemen ini menjadi stabil.”

“Bahannya ada, dan pemasok terbiasa dengan jumlah pengiriman. Jika sekarang saya harus menjelaskan kepada semua orang yang terlibat, bahwa kami akan membutuhkan materi MotoGP ketiga lagi di masa depan, maka semua kru akan kembali sibuk luar biasa. Kami ingin menikmati situasi sejenak dan melangkah maju dengan kekuatan sebesar ini.”

Apakah itu artinya KTM dapat melengkapi tim ketiga paling cepat tahun 2022? “Ini mungkin tidak akan berhasil lebih cepat,” jawab direktur balap KTM Pit Beirer sambil tersenyum.

Namun pada prinsipnya dia tidak mengesampingkan tim ketiga untuk tahun 2022. “Namun saat ini belum bisa dibicarakan. Juga tidak ada pembahasan tentang itu,” imbuhnya.

“Jelas dari pihak kami akan melanjutkan dengan tim satelit No. 1 kami, Tech3”, tegas Pit Beirer. “Tapi pada titik tertentu kami akan memikirkan, apakah kami bisa menangani tim ketiga jika ada pertanyaan lebih lanjut. Selama tidak ada permintaan, ini masih menjadi spekulasi. Dorna ingin 6 pabrikan melengkapi tim satelit masing-masing satu. Sehingga akan menjadi kontraproduktif jika 1 pabrikan punya 3 tim.”

Pit Beirer – KTM SKY VR46: KTM Siap Tampung Tim Valentino Rossi

Pintu Selalu Terbuka untuk Rossi

Namun secara teoritis, selain Sky VR46-Rossi, Gresini dan Petronas bisa ‘mengetuk’ KTM untuk tahun 2022.

Pada 2015 ada inkonsistensi antara Gresini dan KTM, karena pabrikan Italia itu beralih ke Honda meski kontrak Moto3 baru ditandatangani dengan KTM.

Tapi Pit Beirer tidak marah dengan hal itu. “Jika kami tidak berbisnis dengan siapa pun di paddock ini yang telah melanggar janjinya sebelumnya. Saya akan mengetahui bahwa Anda akan sendirian. Kami akan mengadakan pembicaraan dengan semua pihak berkepentingan yang serius.”

“Kami akan dengan senang hati menerima telepon dari Valentino kapan saja,” aku Beirer. Bagaimanapun, pemenang GP 115 kali itu telah melengkapi tim balap Moto3-nya dengan motor KTM selama 6 tahun.

“Tapi sebaiknya tidak sebelum 2022 atau 2023,” sambung Pit Beirer yang mantan pembalap runner-up motorcross 250 cc itu.

This post was last modified on 19 Desember 2020 08:47

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Replika Yamaha YZF-R1 Jonathan Rea Dijual Sangat Terbatas!

RiderTua.com - Replika motor balap Jonathan Rea Replica YZF-R1 di WSBK yang mengambil basis dari model standarnya, terinspirasi dari tim…

20 April 2024

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024