[Video] Sirkuit Mandalika Siap untuk MotoGP Indonesia 2021?

0
Sirkuit Mandalika Siap untuk MotoGP Indonesia 2021
Sirkuit Mandalika Siap untuk MotoGP Indonesia 2021

RiderTua.com – Apakah sirkuit Mandalika siap untuk MotoGP Indonesia 2021?.. Pekerjaan konstruksi di lintasan balap tidak permanen di Indonesia mengalami kemajuan yang luar biasa. CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menyinggungnya dalam sebuah wawancara dengan media Jerman. Pihak Sirkuit Jalan Internasional Mandalika yakin bisa menjadi tempat balapan pada September hingga November. “Siang dan malam pihak penyelenggara membangun, tidak hanya untuk mengejar jadwal.. Tetapi juga untuk menghasilkan salah satu sirkuit jalanan terindah di dunia yang memenuhi standar FIM,” bunyi pernyataan ITDC.

Sirkuit Mandalika Siap untuk MotoGP Indonesia 2021


Setelah Portimao digunakan sebagai sirkuit pengganti di musim MotoGP 2020. Tidak kurang dari tiga trek balap masuk dalam daftar sebagai lokasi alternatif untuk tahun 2021. Portimao (Portugal), Street Circuit / Sirkuit Jalan Internasional Mandalika (Indonesia) dan Sirkuit Igora Drive dekat St. Petersburg (Rusia) dapat digunakan jika event lain harus dibatalkan karena kondisi darurat kesehatan.

Developer Sirkuit Jalan Internasional Mandalika di pulau Lombok sudah mempresentasikan proyeknya di GP Qatar 2018. Indonesia sebenarnya harus kembali masuk kalender MotoGP paling cepat 2021 setelah pernah menggelar MotoGP di Sirkuit Sentul pada 1996 dan 1997. Namun rencana awal di Pelambang tidak terwujud sehingga membuat molor dalam perencanaan lokasi. Dan pekerjaan konstruksi juga tertunda di Lombok akibat krisis.

Sirkuit Mandalika Siap untuk MotoGP Indonesia 2021
Sirkuit Mandalika Siap untuk MotoGP Indonesia 2021

Pihak penyelenggara MotoGP Indonesia yakin bahwa mereka akan dapat menyelenggarakan Grand Prix pertama pada September hingga November 2021.. Jika salah satu balapan luar Eropa (Motegi, Buriram, Phillip Island, atau Sepang) dibatalkan.

Berikut Videonya:

source : ITDC

Pasalnya, saat ini Indonesia telah membuat kemajuan besar dengan pekerjaan konstruksi dengan trek balap non permanen (panjang 4,3 km, 14 tikungan). Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC), perusahaan pariwisata terbesar di Indonesia (milik negara).. Berencana menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Superbike pada tahun 2021. “Mereka yang bertanggung jawab di Lombok meminta kami untuk menominasikan lintasan balap baru sebagai tempat cadangan GP untuk 2021, ” kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dalam sebuah wawancara dengan media Jerman Speedweek.

Track Mandalika harus siap digunakan paling lambat akhir Juni 2021 agar bisa mendapatkan homologasi Grade A untuk Grand Prix 2021 tepat waktu (estimasi September – November)

Pihak panitia dalam pembangunan ini menamakan lintasan ini.. : Konstruksi Jalan Kawasan Khusus (JKK) yang dapat berfungsi sebagai jalanan, juga sebagai tempat penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2021. Dimana pembangunannya terus dikebut dan ditargetkan rampung pada Juni 2021 sesuai jadwal!

Leave a Reply