Categories: MotoGP

Habis Petronas Hengkang ke Suzuki, Terbitlah Tim Satelit Sky VR|46 Yamaha!

RiderTua.com – Jika Petronas hengkang ke Suzuki, jadilah tim satelit Sky VR|46 Yamaha. Banyak pembicaraan tentang tim satelit Suzuki 2022 dengan Sky VR46 dan juga Petronas terkait dengan ini. Jika Petronas terus maju dan mendobrak kita bisa melihat livery Sky VR46 nempel di Yamaha M1.. Mengenai hal ini Suzuki akan memutuskan pada awal 2021… Davide Brivio sudah lama menginginkan tim satelit Suzuki di Kejuaraan Dunia MotoGP. Setelah Joan Mir memenangkan gelar, dia kemudian bercanda, “Mungkin satu tim sudah cukup.” Dan bagaimana pendapat manajer proyek Shinichi Sahara mengenai hal ini?

Jika Petronas Hengkang ke Suzuki, Jadilah Tim Satelit Sky VR|46 Yamaha

Dari 6 pabrikan di kelas premier kejuaraan dunia balap motor MotoGP, hanya Suzuki dan Aprilia yang tidak punya tim satelit. “Topik ini muncul setiap tahun,” kata Davide Brivio, yang berulang kali menekankan bahwa dua GSX-RR tambahan akan membantu di lintasan.

Topik ini sangat menarik dibicarakan hingga tahun 2022. Mengapa? Karena setelah musim 2021, kontrak 5 tahun antara perusahaan pemasaran Dorna, produsen, dan tim satelit akan habis.

Jika Petronas Hengkang ke Suzuki, Jadilah Tim Satelit Sky VR|46 Yamaha

Apakah manajer tim Suzuki Davide Brivio percaya, bahwa setelah musim 2020 yang sangat sukses, akan lebih mudah untuk meyakinkan para petinggi di Jepang untuk menambah tim kedua di masa depan?

“Saya tidak tahu, kami harus membicarakannya di Jepang. Dan memutuskan dalam beberapa bulan ke depan, apakah kami akan melakukan sesuatu untuk tahun 2022. Mungkin mereka sekarang merasa cukup hanya memiliki dua pembalap yang cemerlang, karena itu adalah musim yang bagus. Mungkin satu tim sudah cukup,” kata Brivio sambil tertawa, melihat Juara Dunia MotoGP Joan Mir, gelar tim untuk Suzuki Ecstar dan peringkat ketiga untuk Alex Rins.

“Selain hanya bercanda, kami masih melakukan diskusi serius dengan manajemen tertinggi kami. Tentu saja kami telah menyebutkannya. Tetapi waktunya akan tiba pada bulan Februari atau Maret, ketika keputusan harus dibuat. Kalau tidak, akan terlambat untuk mengatur suku cadang dan segalanya untuk 2022,” kata pria Italia itu.

Tim Satelit akan Berguna Untuk Suzuki

Bagaimana pendapat manajer proyek Suzuki, Shinichi Sahara tentang tim satelit? “Sulit untuk mengatakannya, karena saya hanya pernah bekerja dengan dua motor di lintasan. Ini tentu saja, adalah sesuatu yang kami pertimbangkan untuk masa depan. Tetapi ada banyak langkah berbeda yang harus diambil untuk mencapainya. Pabrikan lain (kecuali Aprilia) memiliki tim satelit di paddock. Saya pikir waktu kita akan tiba,” ujar pria asal Jepang tersebut.

“Sejujurnya, kami mendapatkan banyak umpan balik yang bermanfaat dari tim penguji kami yang berpengalaman. Kontribusi dari test rider kami, Sylvain Guintoli, Takuya Tsuda dan Naomichi Uramoto, sangat baik dan penting. Tetapi informasi tambahan dari tim satelit akan menjadi lebih penting bagi kami, untuk menjaga atau meningkatkan daya saing kami di masa mendatang.”

Jika Petronas Hengkang ke Suzuki, Jadilah Tim Satelit Sky VR|46 Yamaha

Namun, tim satelit mana yang bisa menjadi mitra Suzuki? Karena Tech3-KTM, Pramac-Ducati dan LCR-Honda ingin bekerja sama dengan pabrikan masing-masing dalam jangka panjang.

Ketika ditanya tentang opsi gandeng dengan Suzuki, manajer tim Petronas Yamaha Wilco Zeelenberg berkata, “Kami telah memenangkan 6 balapan MotoGP tahun ini. Dan saya tidak berpikir kami akan segera bersekutu dengan pabrikan lain.”

Tak ketinggalan setelah adanya kesepakatan antara Suzuki dan Monster Energy, VR46 semakin disebut-sebut sebagai kandidat, terutama di Italia. Pada tahun 2021, Rossi bersama Luca Marini akan tampil di kelas MotoGP untuk pertama kalinya, namun tidak dengan strukturnya sendiri untuk saat ini.

This post was last modified on 13 Desember 2020 10:22

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Antrian Pesanan Toyota Vellfire Kini Mencapai Enam Bulan!

RiderTua.com - Toyota Alphard dan Vellfire di Indonesia kini mendapatkan model generasi terbarunya setelah sekian lama. Kedua mobil MPV mewah…

5 Mei 2024

Status Quo Kontrak Pembalap MotoGP : Ducati Panas..!

RiderTua.com - Sudah ada beberapa perubahan di bursa transfer fase awal MotoGP musim 2024. Saat ini 16 dari 22 pembalap…

5 Mei 2024

Skutik Italia yang Klasik, Lambretta Resmi Rilis G350 Series II

RiderTua.com - Lambretta, merupakan pabrikan motor asal Italia yang punya desain skutik klasik legendaris. Baru-baru ini mereka telah meluncurkan skutik…

5 Mei 2024

Davide Brivio Ingin Membawa Trackhouse Aprilia Seperti Suzuki

RiderTua.com - Davide Brivio, Manajer tim Trackhouse itu bertujuan untuk mempertemukan mantan pembalap Suzuki Joan Mir dan Alex Rins dalam…

5 Mei 2024

Gresini Mengalami Momen Emas Sejak Marquez Tiba

RiderTua.com - Carlo Merlini, manajer tim Gresini, antusias usai podium diraih Marc Marquez di Jerez. Kemenangan keenam tim satelit di…

5 Mei 2024

KTM Menemukan Sesuatu yang Menarik di Tes Jerez

RiderTua.com - Francesco Guidotti, manajer tim KTM, menyampaikan pendapatnaya setelah tes terakhir, apakah kita akan melihat motor KTM RC16 yang…

5 Mei 2024