Alasan KTM Gunakan Motor Honda dan Yamaha di Tes Portimao

Alasan KTM Gunakan Motor Honda dan Yamaha di Tes Portimao
Alasan KTM Gunakan Motor Honda dan Yamaha di Tes Portimao

RiderTua.com – Alasan KTM gunakan motor Honda dan Yamaha di tes Portimao… MotoGP akan menggelar serangkaian tes yang digelar di sirkuit Portimao, Portugal. Tes ini dihelat pada 7-8 Oktober 2020 sebelum MotoGP Prancis 2020 di sirkuit LeMans. Khusus untuk KTM mereka tidak akan menggunakan motor bikinan sendiri, namun mereka akan memakai motor dari pabrikan lain.

Alasan KTM Gunakan Motor Honda dan Yamaha di Tes Portimao

Tes MotoGP ini bertujuan untuk mencari informasi bagi pada supplier penting yang memasok segala kebutuhan balap. Data yang didapat dari tes ini akan sangat penting bagi para mitra pemasok, yang nantinya harus dipersiapkan saat balapan digelar 20-22 November 2020 di sirkuit itu.

Para tes rider dari tiap pabrikan akan memakai motor prototipe MotoGP. Sedangkan beberapa pembalap reguler, juga akan ikut pada hari pertama tes sebelum terbang ke Prancis untuk balapan di Le Mans akhir pekan ini.

Brad Binder Si Rusa Kutub KTM

Berbeda dengan tim pabrikan, para pembalap reguler tak bisa memakai motor MotoGP. Itulah kenapa mereka memakai motor lain, dalam hal ini motor Superbike dari masing-masing pabrikan.

Misalkan saja Valentino Rossi yang akan memakai Yamaha YZF-R1, dan Takaaki Nakagami memakai Honda CBR1000RR-R. Begitu pula pembalap dari tim pabrikan lainnya. Seperti Aprilia dengan RSV4 RR, Ducati dengan Panigale V4R, Suzuki GSXR1000.

Terkecuali 3 pembalap reguler KTM yang tampil pada tes, yakni Pol Espargaro, Brad Binder, dan Miguel Oliveira. Mereka akan memakai motor milik pabrikan lain. Pol Espargaro akan menggunakan Honda CBR1000RR-R, sementara Miguel Oliveira akan memakai Yamaha YZF-R1 namun tetap dengan livery KTM.

KTM memang tidak mempunyai produk motor yang spesifikasinya mirip dengan Superbike yang dimiliki pabrikan lain.

KTM punya motor full fairing RC 390 tapi hanya bertenaga 43 dk saja. Kemudian ada 1290 Super Duke R yang punya power hampir 180 dk, tapi bukan motor sport full fairing. Jadi tidak cocok dengan trek aspal balap Grand Prix.

1 Comment

Leave a Reply