Ban Belakang Michelin Menguntungkan Yamaha dan Suzuki!

Yamaha mendominasi di Jerez, Suzuki sepertinya juga sangat kuat di Austria.. Fakta bahwa ban belakang Michelin menguntungkan Yamaha dan Suzuki

Ban Belakang Michelin Menguntungkan Yamaha dan Suzuki

RiderTua.com – Ban belakang Michelin menguntungkan Yamaha dan Suzuki. Karet bundar buatan pabrikan Perancis itu sudah sedikit mengubah peta persaingan di MotoGP 2020. Motor dengan kecepatan menikung (cornering speed) yang lebih baik seperti Yamaha dan Suzuki mendapat keuntungan darinya. Sementara Honda dan Ducati mendapat keuntungan yang jauh lebih sedikit. Namun tetap saja ini akan menjadikan kesetaraan, dimana faktanya jarak antar pembalap sangat dekat dan balapan semakin seru. Bukti lain bahwa ban memberi keuntungan Y dan S adalah di MotoGP Austria..

Ban Belakang Michelin Menguntungkan Yamaha dan Suzuki

Duel Mesin Kembar Yamaha Valentino Rossi dan Suzuki Alex Rins Siapa Terkuat  ? - ridertua.com

Dua balapan terakhir di MotoGP Austria ditandai dengan red flag (bendera merah). Insiden pertama karena kecelakaan antara Johann Zarco dan Franco Morbidelli. Kasus crash tunggal yaitu melompatnya Vinales dari motornya karena remnya meletus. Sebelum keduanya terjadi tampaknya seri Austrria memiliki pemenang yang jelas: Joan Mir yang pertama, Pol Espargaro yang kedua. Namun saat jeda, banyak yang mengganti ban: sementara pembalap Suzuki tetap menggunakan ban yang sudah dipakai, pembalap KTM memilih ban soft baru bukan medium.. Jadi jelas sebenarnya, setelah Yamaha mendominasi di Jerez, Suzuki sepertinya juga sangat kuat di Austria.. Fakta bahwa ban belakang Michelin menguntungkan Yamaha dan Suzuki…

Sepang Tes: Yamaha-Suzuki Unggul di Catatan Waktu Lap, Honda Jago Top Speed  - ridertua.com

Hasilnya? apakah dipengaruhi dengan aturan tentang ‘restart’ ? .. Dimana kedua orang tadi ( Mir dan Pol) masing-masing kehilangan peluang untuk menang. Apakah kesalahan strategi tim?.. Menurut KTM, ada hipotesis lain untuk aturan larangan ‘menyentuh’ motor dalam keadaan seperti itu, baik itu ganti ban atau menambah bensin. Sebuah ide yang patut untuk dipertimbangkan, mengingat fakta-fakta inilah yang memengaruhi hasil di dua balapan MotoGP Austria..

Satu hal lagi red flag mencerminkan ketidak adilannya ketika pembalap menang jauh dengan jarak yang sangat lebar.. Namun saat memulai lagi di grid jarak itu akan menutup kembali. Hingga 15 tahun yang lalu, ketika hal ini terjadi (balapan start diulang) saat start kedua, tidak mempertimbangkan perbedaan yang terlihat pada balapan yang pertama (sebelumnya).

Namun yang jelas ‘peluang‘ ban belakang Michelin saat ini menguntungkan Yamaha dan Suzuki.. Jika pemenang bukan salah satu dari mereka pasti ada kesalahan contohnya Yamaha pada mesin, rem dan kopling, dan mungkin salah pilih tipe ban..

Be the first to comment

Leave a Reply